Paket Komplit Liburan di Ciwidig Camping Ground dari segi Fasilitas dan Pemandangan

Ciwidig Camping Ground

 

Ada apa di Ciwidig Camping Ground?

Selain tempat ngecam, karena lokasinya strategis, berada di dekat jalan utama lintas pantai selatan, jalan raya Ciwidig Cidaun Kabupaten Cianjur Jawa Barat –dekat pertemuan Pantai Laut Selatan dan dan Sungai Ciwidig– maka ada banyak pilihan aktivitas yang bisa kita ambil ketika berlibur kemari.

Mau eksplorasi lokasi pantai bisa, Pantai Ciwidig ada sekitar 200 meter dari lokasi camping. Pantainya masih bersih dan alami. Karena dekat, saat kemping di Ciwidig ke pantai bisa jalan kaki sekaligus bisa dijadikan olahraga ringan untuk menyambut matahari terbit atau menyaksikan keindahan saat matahari terbenam.

 

Ciwidig Camping Ground Cianjur

Senja di Ciwidig Camping Ground

 

Mau ambil lokasi treking ke bukit juga ada. Di belakang lokasi camping ground ada jalan setapak yang jika kita telusuri menuju kebun milik perhutani yang dikelola masyarakat.

Jika ingin cepat sampai kita bisa menggunakan kendaraan bermotor karena jalan setapak cukup lebar. Bahkan jalan setapak itu yang digunakan untuk mengangkut hasil kebun menggunakan kendaraan bermotor yang didesain khusus.

Bukit di belakang lokasi kemping itu masih milik Perum Perhutani. Lahannya yang sangat luas ditanami palawija oleh masyarakat yang mengelola sesuai dengan musim. Saat kami datang di akhir bulan Januari 2022 penduduk sedang memanen jagung dan kacang tanah.

Mau menelusuri sungai Ciwidig dengan perahu atau ban juga bisa banget. Bahkan jika sudah mahir mau berenang pun tidak mengapa. Tapi harus extra hati-hati karena kedalamannya lebih dari tiga meter. Belum lagi semakin dekat ke muara, arus air semakin deras dan kuat.

 

Sungai Ciwidig Cidaun Cianjur

 

Percis depan lokasi tempat mendirikan tenda, kita bisa melihat kegiatan masyarakat sebagai bentuk kearifan lokal yang masih dipertahankan yaitu nelayan setempat yang sedang menjaring ikan menggunakan alat khusus yang masih tradisional. Anco namanya.

 

Anco alat menangkap ikan tradisional di Ciwidig Camping Ground

Rumah Anco tempat nelayan menunggu saat menangkap ikan di Ciwidig Camping Ground

 

Banyaknya berbagai jenis ikan di perairan Ciwidig ini mengundang masyarakat yang hobi mencari ikan datang untuk mencoba keberuntungan. Ada banyak masyarakat yang menjelang malam menaruh umpan untuk mencari kepiting dan atau ikan khas dari muara di Cidaun menggunakan jaring milik pribadi. Cukup dengan menaruhnya ke dalam aliran sungai dan tidak lupa talinya yang panjang diikatkan dengan kencang supaya jaring tidak hanyut dan memudahkan untuk mengambilnya kembali.

 

Kavling tenda VIP di Ciwidig Camping Ground

Melihat anco yang masih tradisional di Ciwidig Camping Ground

 

Mau wisata kuliner di Ciwidig Camping Ground juga bisa. Kuliner khas dari Cidaun ada ikan muara terdiri dari udang kecil atau ikan kecil disebut berenyit. Jika diolah dengan ahlinya rasanya sangat gurih dan enak dijadikan lauk teman makan nasi. Mau jajan juga bebas soalnya namanya pinggir jalan raya, banyak warung dan orang jualan.

 

Berenyit khas Ciwidig Cidaun Cianjur

 

Mau mengendarai ATV, di sini disediakan juga. Bahkan yang mau naik kuda pun sudah tersedia. Pasti berkesan menyusuri pantai sambil mengendarai kuda. Foto-foto hasilnya pasti keren, ya.

ATV Ciwidig Camping Ground

 

Meski Ciwidig Camping Ground baru diperkenalkan namun fasilitas umum sudah tersedia. Listrik, toilet, dan musholla ada meski masih sederhana.

Kami sendiri memilih wudhu di sungai dan solat di depan tenda, selain malas ke toilet dan musholla juga biar terasa hidup di alamnya. Jarang-jarang kan hal seperti itu kami lakukan, berharap anak bisa mendapatkan pengalaman baru. Secara hampir setiap saat di rumah dia menghabiskan magrib sampai isya di pengajian bersama teman-teman santri lainnya.

Tidak usah repot berat dan ribet bawa perlengkapan camping kalau ingin praktis karena di Ciwidig ada tempat sewa perlengkapannya seperti tenda dan lainnya.

Tidak harus susah-susah membawa jaket atau selimut karena cuaca di Ciwidig tidak sedingin di daerah pegunungan. Tapi bukan berarti cuacanya panas, karena malam jelang subuh, suhu justru bisa drastis turun. Saat saya semalam tidur di tenda tanpa selimut, eh tahu-tahu di sepertiga malam terakhir terbangun karena badan menggigil kedinginan. Dekat pantai meski dilindungi banyak bangunan dan pepohonan anginnya tetap terasa kencang.

Menghangatkan diri dengan segelas kopi panas depan tenda bisa jadi salah satu solusi menghilangkan dingin. Atau biar praktis tinggal pesan minuman panas sekaligus camilannya ke kedai di area camping saja.

Camping Mengangkat Kebiasaan Masyarakat Jadi Lebih Baik

Bisa ikut camping di Ciwidig ini berkat ajakan Kang Arocki, pemilik dari arocki.com Sebagai putra daerah asli Cidaun ia merasa memiliki tanggung jawab untuk memajukan daerah dan potensi pariwisatanya. Tidak heran kalau Ciwidig Camping Ground yang sebenarnya belum diresmikan ini sudah terlihat memiliki potensi yang tinggi.

 

Perintis Ciwidig Camping Ground di Cianjur
Kang Arocki berkaos putih

Tangan dinginnya memang tidak bisa dianggap enteng. Sudah jadi rahasia umum banyak lokasi wisata di Cianjur yang berhasil buming berkat rintisan,  promosi dan kepiawaiannya. Sebut saja Pokland di Kecamatan Haurwangi di perbatasan Cianjur dan Kabupaten Bandung Barat, atau beberapa lahan hutan pinus yang ikut disulapnya jadi tempat bermain kekinian seperti Patrol Valley di Kecamatan Cibinong dan atau The Reungit Forest di Sukanagara.

Hatinya sangat tersentuh ketika melihat potensi di tempat kelahirannya banyak disalahgunakan untuk kesenangan semu. Akhirnya setelah bisa merangkul karang taruna desa setempat dan beberapa pihak yang dilibatkan seperti Komunitas Explore Cianjur Selatan, Ciwidig yang asalnya tidak terawat kini mulai bersinar.

Tidak hanya sebagai lokasi camping, tapi bisa dijadikan tempat untuk gathering, pesta ulang tahun, dan acara lainnya.

Pemuda desa setempat pun sekarang memiliki kesibukan dan terus berlatih menjadi event organizer yang baik. Penampilan musik akustik yang dibawakan mereka pun tidak kalah bagus dibanding group band yang sudah wara-wiri di televisi.

 

Musik Akustik Ciwidig Camping Ground

 

Beruntung banget saya dan keluarga bisa ikut meramaikan acara Kemah Babarengan yang diselenggarakan 29-30 Januari 2022 kemarin.

Selain nambah pertemanan dan nambah wawasan juga mempererat tali silaturahmi karena tidak terduga di Ciwidig Camping Ground kami bisa jumpa dengan tetangga dan murid suami yang sama-sama suka akan petualangan di alam. Padahal sebelumnya satu sama lain kami sama sekali tidak janjian, lho.

 

Suasana malam di Ciwidig Camping Ground

 

20 thoughts on “Paket Komplit Liburan di Ciwidig Camping Ground dari segi Fasilitas dan Pemandangan”

  1. Beneran lengkap ya, Teh, fasilitasnya. Camping jadi lebih seru rasanya kalau bisa sekalian wisata kuliner dan melakukan aktivitas seru. Semoga kapan-kapan ada rezeki buat ngerasain camping di Ciwidig camping ground.

    Reply
  2. Waah menyenangkan sekali, seruuu, jadi inget setahun lalu cobain sewa compervan plus camping di pinggir pantai.

    Keren banget meski malam hujan deress tp syahdu dengerin ombak yang berasa dekat sama kita.

    So apapun pilihannya yang penting manfaatnya syukur2 bisa menghasilkan

    Reply
  3. Wah bisa jadi tujuan nge-camp ini Ciwidig Camping Ground . Pemandangannyaa itu, Teh, asyik banget ini. Beneran paket komplit nih dari fasilitasnya juga. Kemah barengan bisa nih sama keluarga dan teman-teman. Senangnya kalau ada lokasi bisa dikembangkan jadi objek wisata begini, semoga ke depan makin bersinar

    Reply
  4. tempatnya bagus deh fasilitasnya juga manteb banget. bisa nih dimasukin list buat liburan nanti. selain untuk melepas penat dari segala macam aktivitas dan pekerjaan yang padat juga bisa untuk mempertebal keimanan kita lewat tadabbur alam.

    Reply
  5. Masya Allah ini keren, sih.. dari pemandangan jalan raya, trus ke pantai, ke sungai, ke pertanian, hingga lihat peralatan tradisional penduduk setempat (salah satunya Anco), wuihhh.. fasilitasnya juga sudah terbilang komplit.
    Idenya kang Arocki keren banget yaa.. semoga Ciwidig Camping Ground ini semakin maju dan banyak peminatnya, ya 🙂

    Reply
  6. Beneran beruntung Teh, aku aja mupeng banget cuma bisa lihat fotonya dan baca ceritanya. Indah banget suasananya, dan itu makanannya menggoda banget. Jadi pengen banget sama keluarga ke sana

    Reply
  7. Seru ya pastinya mbak acara kemah bareng ini. Temanku kemarin juga ada yang ikutan acara kemah bareng di salah satu tempat wisata di Banjarbaru. Jadi pengen juga nyobain kemping bersama keluarga nantinya

    Reply
  8. Wah, semoga ketika sudah diresmikan nanti, pengunjungnya semakin ramai ya, Mak.. Salut banget dengan niat mulia Kang Arocki. Insya Allah, niat baik akan dimudahkan jalannya.

    Saya seneng kalau anak-anak muda punya kesibukan dan kegiatan positif, karena bakatnya bisa tersalurkan. Sukses selalu untuk camping groundnya… Kalau deket, pasti saya udah ke sana deh sama suami dan anak-anak, karena kami memang suka dengan wisata alam seperti ini.

    Reply
  9. Seru banget teh pengalaman camping di Ciwidig Camping Ground ini
    Pemandangan cakep ya,
    Kulinernya juga menggoda
    Seafood emang nggak pernah salah ya teh

    Reply
  10. Galfok banget sama foto-foto teh Okti.
    Jernih-jernih pissaan teh.. Jadi tertarik pengen ikutan ke Ciwidig Camping Ground. Asiknya makan menu khas Sunda dan dimakan bareng-bareng.
    Berasa guyub.

    Reply
  11. Naksir banget aku Teh sama foto yang di depan tendanya. Cakeeep. Acara Kemah Babarengannya juga bikin suasana camping jadi makin akrab, ya. Seneng deh lihatnya 🙂
    Alhamdulillah ada putra daerah seperti Kang Arocki yang semangatnya positif banget untuk memajukan pariwisata di daerahnya.

    Reply

Leave a Comment

%d bloggers like this: