Tempat Wisata di Jabodetabek Bernuansa Alami

Tempat Wisata di Jabodetabek Bernuansa Alami

 

Sudah siap dengan aktivitas di masa kenormalan baru? Meski di beberapa wilayah masih menerapkan sistem PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) masa transisi ini bisa jadi angin segar untuk kita yang sudah mulai jenuh hampir tiga bulan ini full di rumah saja.

Emak juga sudah ingin piknik…

Emak butuh piknik. Belum bisa mendaki gunung beneran, camp nya di tanah lapang desa dulu saja 😁

Berhubung masih masa transisi, dan kita wajib melakukan protokoler kesehatan sesuai anjuran pemerintah, jadi pikniknya jangan dulu jauh-jauh. Setuju?

Mengunjungi tempat wisata di Jabodetabek terutama yang bernuansa alami merupakan kegiatan menyenangkan. Apalagi bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta atau siapa saja yang sedang berlibur di ibukota. Selain suasananya sejuk dan menyegarkan mata, pikiran jadi tenang bahkan resiko stres akan berkurang.

Sebelum mendaki gunung yang hampir setengah tahun ini vakum karena adanya corona, wisata alam berikut ini tidak kalah asyik dan menariknya, lho.

1. Kebun Raya Bogor

Tidak hanya terkenal, Kebun Raya Bogor juga tercatat sebagai salah satu kebun botani terbesar di kawasan Asean. Setiap wisatawan yang berlibur ke tempat ini pasti akan betah karena dapat melepaskan diri dari kepenatan. Terlebih lagi koleksi tanamannya sangat banyak hingga ribuan jenis.

 

2. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas merupakan obyek wisata alternatif selain Kebun Raya Bogor. Keistimewaannya, taman yang memiliki ukuran sangat luas ini berada di lereng Gunung Gede. Sehingga pemandangan alamnya terlihat makin indah dan dijamin bisa membuat kita semakin terpesona. Pada musim tertentu, kita bisa menyaksikan bunga sakura bermekaran, lho.

Main ke Kebun Raya Cibodas. Foto diambil sebelum pandemi covid-19

Yang perlu saya informasikan, sebenarnya Kebun Raya Cibodas ini masuk ke wilayah Kabupaten Cianjur. Jadi bukan wilayah Bogor lagi ya…

3. Taman Wiladatika

Lanjut ke Depok, ada sebuah taman besar yaitu Taman Wiladatika dengan koleksi utama berupa tanaman bunga. Selain itu juga terdapat berbagai jenis pohon besar berdaun lebat dan rindang, membuat suasana terasa makin sejuk dan indah. Menariknya lagi, obyek wisata ini dilengkapi dengan aneka wahana permainan seperti flying fox, kereta mini dan sebagainya.

4. Rumah Pohon Bekasi

Meski lebih dikenal sebagai kota Industri, ternyata Bekasi memiliki destinasi bernuansa alami dan sangat menarik dikunjungi yaitu Rumah Pohon. Kawasan wisata alam ini dipenuhi aneka pohon besar. Beberapa di antaranya dipakai untuk membuat rumah pada bagian atasnya, sehingga mampu menghadirkan kesan unik bagi pengunjung.

www.palapanews.com

5. Danau Quarry

Selanjutnya apabila kamu senang bermain air, langsung saja berkunjung ke Danau Quarry yang terletak di Kabupaten Bogor. Air danaunya terlihat sangat jernih dan bening berwarna kebiruan. Di tempat ini kamu dapat memuaskan diri sambil naik perahu dan menikmati keindahan tebing yang ada di sekeliling danau.

6. Air Terjun Leuwi Hejo

Air Terjun Leuwi Hejo yang terletak di Sentul, Kabupaten Bogor memang tidak memiliki debit air yang deras seperti air terjun lainnya. Meski demikian obyek wisata alam ini tetap menarik kamu datangi karena menghadirkan pemandangan yang begitu indah. Selain itu airnya tidak hanya jernih, namun terasa segar dan sejuk untuk bermain.

View this post on Instagram

Emak Setrong! Naik ke bukit demi bisa melihat seutuhnya penampakan kekinian Curug Citambur yang eksotik. Curug Citambur terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur. Bisa ditempuh melalui kota Cianjur, atau melalui Ciwidey, Rancabali Kab. Bandung. Dulu curug ini tidak terawat. Setelah diambil alih oleh Perum Perhutani maka curug ini semakin ditata dan menjadi wana wisata unggulan di Cianjur. Beberapa brand terkait kekuatan dan petualangan, menggunakan curug ini sebagai latar lokasi syutingnya, lho! Meski berada di "ujung dunia" eh maksudnya berada di perbatasan antara Kab. Cianjur dan Kab. Bandung, namun waktu tempuh yang berjam-jam itu terbayar dengan keindahan serta sejuknya hawa di sekitar curug. Hayu ameng ka Cianjur… nanti saya bawa ke Curug Citambur ๐Ÿ™‚ Berhubung jarak tempuh cukup jauh, maka disarankan menginap di tempat aman. Jadi jika selama ini ada istilah SEMALAM DI CIANJUR itu tidak akan cukup dan istilah itu harus dirubah menjadi SEMINGGU DI CIANJUR. Karena mengunjungi istana ini saja tidak cukup waktu sehari! #bloggercianjur #dutawisatacianjur #visitcianjur #cianjurjago #pesonajawabaratku #WonderfulIndonesia #HACI #HayuAmengkaCianjur #curug #curugcitambur #momblogger @gempita.cianjur @pesonajawabaratku

A post shared by Okti Li ้˜ฟๅงจ (@tehokti) on

 

7. Curug Bidadari

Jika tetap ingin mencari air terjun dengan debit yang lebih deras, kamu bisa berkunjung ke Curug Bidadari dan letaknya masih berada di kawasan Sentul, Bogor. Ketinggian air terjunnya mencapai sekitar 50 meter dengan latar belakang pemandangan Gunung Salak. Meski airnya deras, tempat ini tetap aman untuk bermain karena dasar kolamnya tidak terlalu dalam.

Kalau mainnya mau agak jauh bisa langsung ke Curug Ngebul atau Curug Citambur di Pagelaran Cianjur bagian Selatan.

8. Pulau Tidung

Selanjutnya bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam secara lebih lengkap, pilihan terbaiknya adalah Pulau Tidung. Kawasan wisata terkenal di wilayah DKI ini ada di kepulauan Seribu dengan panorama alam yang sangat eksotis.

Setelah sampai di pulau kecil ini, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti main cano, jetski, banana boat dan masih banyak lagi.

Semoga beberapa ulasan di atas bisa kamu jadikan rekomendasi ketika ingin mengadakan acara liburan bersama keluarga dan teman terdekat di masa transisi ini. Agar bisa tercipta suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan, gunakan jasa rental mobil paling terpercaya yaitu TRACK.

Keamanan dan kebersihan armadanya selalu menjadi perhatian utama saat memberikan layanan bagi semua penumpang yang ingin mengunjungi tempat wisata di Jabodetabek dan sekitarnya.

Bukan itu saja, setiap sopir yang akan menemani kita berwisata harus menjalani cek kesehatan untuk menghindari resiko penularan penyakit terutama yang diakibatkan virus Corona yang saat ini sedang melanda. Jadi kita dalam menjalani aktivitas kenormalan baru ini bisa lebih merasa aman ya…

Sampai jumpa di lokasi wisata. Jangan lupa tetap pakai masker dan rajin cuci tangan ya!

Comments

  1. Trac ini bisa minta supirnya antarkan kita ke mana aja, Teh? Ke Jawa Tengah gitu, bisa?

    • tetehokti says

      Bisa dengan tarif dan jadwal berbeda. Bisa cek langsung syarat dan ketentuan di website track.astra.co.id

  2. Bikin mupeng nih Teh, udah seribu tiga ratus tahun nggak jalan-jalan hahahaha.
    Btw rental mobil trac itu terkenal banget, kalau saya pernah naik busnya sih, puas banget ama pelayanannya ๐Ÿ™‚
    Udah terkenal banget sih sejak dulu

    • tetehokti says

      1300 tahun?
      Saya usia berapa ya? Wkwkwkwkkk…

      • hahahahaha saking bosannya ngendon di rumah Teh, kapan dong saya bisa jalan-jalan kayak gini, piknik di lapangan juga asyik tuh, tapi parno aja bawaannya hahahaha.

        Bahkan keluar pagar aja liat banyak orang olahraga, langsung parno ๐Ÿ˜€

  3. Wisata udh mulai bergeliat lagi ya mbak? Kangen jalan-jalan euy, hihi. Aku udh lama banget enggak ke Pulau Tidung. Terakhir ke sana belum ramai, belum banyak spot wisata juga kayak sekarang.

  4. Teh .. enak banget ya ke kebun raya Cibodas. Bisa liat sakura bermekaran tanpa harus ke Jepang atau Korea..
    Biasanya tiap bulan berapa itu ya teh?

    • tetehokti says

      Biasanya sakura di Cibodas mekar pada awal tahun dan tengah tahun Mbak. Sekitar Februari atau Juni. Tapi tergantung musim juga. Maklum di kita hujan dan panas kadang tidak bisa diprediksi, gak kaya negara empat musim yg udah pasti

  5. Seneng bangett! Sebelumnya pasti bingung kalo ke area Jabodetabek itu mau kemana, karena aku dari Jogja, pengennya yang wisata alam gitu kan Kakk. Tapi pasti mikir kalo Jabodetabek itu udah kota bangettt jadi susah nyari objek wisata selain di kota :’) Akhirnya ada tambahan referensi soal wisata alam di Jabodetabek, penasaran banget sama Curugnya. Thanks for sharing Kakkk!

  6. Nurhilmiyah says

    Seneng ya udah bisa piknik lg meski dg mengindahkan protokol kesehatan ya Teh. Itu lg camping ya, berkesan pisan tuh bs menikmati alam sepuasnya ya

  7. Wah, penget bgt ksana, terutama ke curug2 tadi. Saya suka ke air terjun

  8. Wah jadu pengen ngajak anak-anak liburan ke wisata alama gini deh. Selain murah meriah anak-anak pasti happy juga di ajak ke alam bebas. Beberapa pernah do kunjungi yang di bogor. Tapi banyak juga yang belum.

  9. Dari semua list destinasi di atas, aku baru ke Kebun Raya Bogor dan Curug Bidadari. Dan pengen banget ke Pulau Tidung, udah dari lama sebenarnya tapi belum ada kesempatan kesana

  10. Teteeeh … Kangen banget bisa jalan-jalan kesana kemari. Wisata di alam begini pun aku rinduuu … Tapi ya Teh, aku memilih jalan-jalan yang dekat dulu aja. Rasanya kurang nyaman gitu pergi agak jauh dari rumah kalau situasinya masih begini. Gimana menikmati udara segar kalau pakai masker? Terus kalau duduk di mana gitu, rerumputan atau apa, khawatir juga ada bekas-bekas apa gitu. Mungkin terkesan paranoid, ya. Tapi sementara waktu, yang di sekitar rumah dulu aja deh, hahaha …

  11. Yang baru kesampaian hanya ke Pulau Tidung aja kalau saya. Kebun Raya Bogor sama curug atau air terjunnya pengen juga saya kunjungin

  12. Wah seru aku jadi kangen jalan jalan ke wisata alam, semoga corona segera berlalu ya

  13. Aih lihat foto-foto ini jadi kangen pengen jalan-jalan..apalagi liat air terjun..Masya Allaoh kebayang seger main di sana..hehe… Sekarang mah kita diajarin untuk selalu bersabar dulu ya…hihi

  14. Masya Allah indah banget pemandangannya semoga segera selesai pandemic ini bisa jalan-jalan lagi apalagi air terjunnya seger banget

  15. masyaa Allah ternyata ada tempat secantik ini kayak nemu surga haha
    jadi kangen jalan-jalan nih kapan corona berakhir

  16. Btw, kebun raya Bogor ini wishlist banget sejak dulu, sampai pandemi pun nggak sempat terdatangi hahaha.
    Semoga bisa segera ke sana, setidaknya setelah pandemi.
    Kangen jalan-jalan euyy ๐Ÿ˜€

  17. Dari 8 tempat wisata yg ada saya cuma tahu 3, Kebun raya bogor, cibodas, dan Pulau tidung. Hehe. Lumayan nambah wawasan setelah baca tulisan Mba okti

  18. Aku penasaran sama Danau Quarry, padahal sering ke Bogor, tapi adik iparku belum pernah ngajak kesana.
    Pesan TRAC ini lebih nyaman ya kalo perginya sekeluarga atau bareng teman gitu

  19. wah makasi kak udah dirangkum tempat wisata yang bernuansa alami di area Jabodetabek.. ini beneran ngebantu banget ketika masa pandemi ini usai (AAMIIN) cusss datenging satu-satu

  20. Kayaknya tahun depan aja mulai piknik lagi. Belum berani meski yg dekat. Paling muter2 aja tapi nggak berhenti. Thanks buat rekomendasinya, sebagian besar belum pernah kesana. Tahun baru 2020 udah mau ke Tidung tapi hujan deras banget.

  21. Jangan lupa bawa tiker sama ransum. Kita ngegelar di sana enak banget sambil ngobrol ngawur ngidur. Apalagi tiketnya tidak mahal untuk berwisata alam

  22. Aku belum pernah ke cibodas, sepertinya asik juga ya. Semoga corona segera berlalu agar bisa segera liburan kembali ya

  23. Banyak juga wisata alam di Jabodetabek ya. Saya langsung terpana. Wow banget menurut saya.
    Di antara semua, Istana Bogor yang paling saya pengin, banget. Syukur alhamdulillah jika bisa semua destinasi wisata di atas.

  24. Aku kangeeen jalan dan main ke semua kebun raya itu mba. Memang piknik tuh pentiing yaaah

  25. List destinasi di atas banyak yang belum aku datangi mba, kalau sudah benar-benar aman aku pun langsung meluncur ke kebun raya Bogor

  26. Yang seru main ke curug.
    Perjuangannya sampai ke sana dan pemandangan yang ditawarkan setelahnya.

  27. Yang seru main ke curug.
    Perjuangannya sampai ke sana dan pemandangan yang ditawarkan setelahnya.
    Terus gak perlu repot cari kendaraan yaa…bisa sewa di Trac.

  28. 10 tahun tinggal di Jakarta aku baru tahu dan oernah si Taman Raya Bogor aja. Wakkaak.

    Taman wiladatika pernah denger tapi belum pernah kesana. Deuh kapan ya bisa balik Jakarta lagi

  29. Wah rekomendasi tempatnya lumayan banyak ya teh. Rasanya ingin kesana saja tapi jauh banget. Mungkin jika sedang berlibur dan saat di Jabodetabek rasanya ingin mengunjungi salah satu tempat ini. Lumayan juga biar fresh perasaan dan pikiran hehehe

  30. Nomor 4-8 saya belum pernah ke sana. Baru 1-3 aja haha. Memang wisata alam itu nggak ada matinya. Saya kalo suruh milih ke gunung atau pantai, jelas pilih gunung atau hamparan hijau-hijau di ketinggian. Bukan pemandangan air haha *yang penyuka lautan, maap*

  31. Baiklah…. Setelah pandemi ini berakhir.. destinasi wisata ini musti di jabanin wkwkwkwk. Emang kita tuh harua butuh piknik ya mba. Biar tetep waras

    • Visya Al Biruni says

      Sebagian besar Aku tahubgapi danau Quarry baru denger teh hehe. Paling berkesan Curug Bidadari soalnya jalurnya lumayan panjang hehe sempet nyadar juga

  32. Lina W. Sasmita says

    Kalau curug-curug yang ada di Sentul, saya belum pernah sama sekali ke sana Teh. Baru sebatas Bogor Bandung, Garut doang. Kayaknya seru juga ya kemping di dekat curug di sana.

  33. Paling pingin aku ke Pulau Tidung mba. Sedari dulu udah pengin aja ke Kep. Seribu, tapi belum juga kesampaian. Semoga aja lah ya pandemi ini segera berakhir jadi bisa atur jadwal untuk menikmati berbagai tempat wisata yang memiliki pemandangan cantik-cantik gini.

  34. Menjelang new normal ini, mungkin tempat wisata juga duah siap-siap ya. Solusinya memang harus benar-benar hati-hati menjaga kebersihan. Bagus sih kalaua da rental mobil yang supirnya udah dibekali soal pencegahan ini

  35. Dari list tempat wisata itu, kapan ya bisa segera mengunjungi salah satu tempatnya.

    Semoga pandrmi segera berakhir jadi bisa langsung cuss buat jalan-jalan ke berbagai tempat itu

  36. Aku penasaran sama rumah pohon bekasi, daerah mana ya mba? Ku coba googling deh

  37. wuih ternyata banyak juga ya…dan baru beberapa aja yang sudah dikunjungi ,yang jadi list wisata ke air terjun leuwi hejo

  38. Aku cuma tau kebun raya Bogor dong. Btw, itu air terjunnya seger banget mbak, pasti sejuk banget disitu + pemandangannya bagus. Duh, jadi kangen main-main nih. Kangen lihat pemandangan hijau.

  39. Kalo ke tempat2 terbuka gini mah aman kali ya, Teh… udaranya segar dan relatif bebas polusi.
    Aku juga kangen pengeen pikniiikk, pengen kempiing….pengen berenaaangg hehehe

  40. Seumur-umur tinggal di jakarta, malah belum pernah ke no 4,5,6,8 wkwkw. Kacau banget ya. Btw buat yang udah mau jalan-jalan dengan supir ternyata ada protokol kesehatannya juga ya.

  41. dari sekian banyak destinasi wisata di sini aku kaget dengan adanya Rumah Pohon Bekasi. padahal selama ini kita tahu banyak polusi dari pabrik2 di sana. dan kota yang panas dan gersang. jadi kepo nih sama rumah pohon ini.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: