Tentang Bola Mini Berprotein Lengkap: Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan

Tentang Bola Mini Berprotein Lengkap: Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan

Yang tidak suka atau tidak makan daging-dagingan, bola mini berprotein lengkap ini bisa jadi penggantinya. Saya tahu ini dari bos saya yang orang Taiwan, dan dia tidak makan selain olahan makanan dari tumbuhan alias vegetarian.

Ya di Taiwan banyak yang menganggap kalau bola mini berprotein lengkap alias kedelai ini sebagai pengganti daging bagi mereka yang memilih menjadi vegetarian. Karena ahli gizi sudah menyatakan kalau kedelai adalah gudang nutrisi yang bisa diolah menjadi berbagai produk makanan berbahan dasar kedelai seperti tahu, tempe, susu, saus kacang, dan banyak lagi.

Kedelai yang oleh Fahmi putra saya disebut bola alit alias bola mini (dasar anak kecil, yang bentuknya bulat atau agak bulat dibilangnya selalu saja bola) dianggap lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Tidak heran kalau di luar negeri khususnya seperti Taiwan, China dan Jepang, masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit mematikan seperti jantung, kanker payudara dan atau kelenjar prostat karena masyarakatnya banyak membesarkan mengkonsumsi olahan berbahan dasar dari kedelai ini.

Di sekolah Fahmi ada penjual gorengan rumahan. Salah satu gorengan yang suka saya beli adalah goreng tempe. Dimakan saat masih panas kriuk-kriuk berteman cabe rawit yang pedasnya bikin lidah terbakar. Wah mantap pokoknya apalagi kalau sedang hujan.

“Mama Fahmi mah favoritnya goreng tempe melulu ya, setiap jajan selalu saja goreng tempe yang dicarinya.” Kata salah seorang ibu temannya Fahmi di sekolah kalau kebetulan kami jajan bersama.

Padahal saya sih gorengan apa saja suka. Hehehe… Pastinya dalam batasan ya karena saya sebenarnya juga sedang mengurangi makanan berminyak. Cuma karena kalau di sekolah Fahmi, tidak enak saja saat para orang tua jajan ramai-ramai, masa saya diam saja. Saya juga tidak mau dianggap sok sehat, atau terlalu idealis, menggurui mereka dan sebagainya. Jadi biar cari aman saat jajan makan gorengan bareng-bareng saya memilih yang sekiranya memiliki kandungan baik buat pencernaan dan tubuh. Bola mini berprotein lengkap ini eh, tempe gitu maksudnya, yang terbuat dari kedelai ini salah satunya.

Mungkin para ibu yang mengantarkan anak mereka sekolah itu tidak banyak yang tahu bahwa manfaat dari kedelai bahan pembuat tempe itu banyak sekali.

Saya sendiri di rumah selalu menjelaskan secara ringkas kepada Fahmi, kalau kedelai itu banyak manfaat bagi kesehatan supaya ia tahu dan setelah tahu manfaatnya, diharap anak bisa lebih menyukai makanan yang terbuat dari olahan kedelai.

Dengan bahasa sederhana tidak bosan saya juga diam-diam sampaikan kepada para mama saat ngobrol disela antar anak sekolah kalau kandungan nutrisi kedelai memiliki banyak keunggulan. Seperti :

1. Kedelai anti oksidan.

Makan tempe dan tahu baik karena kedelai bahan pembuat tahu dan tempe mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Zat yang memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, dan atau sinar matahari. Zat ini juga sebagai anti kanker.

2. Konsumsi kedelai mengurangi resiko penyakit jantung.

Protein dan isoflavon yang dikandung oleh kedelai membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Membalikkan efek endometriosis.

Maksudnya kandungan nutrisi yang dimiliki kedelai bisa menunda aksi estrogen alami tubuh. Gunanya untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) pada wanita. Kandungan isoflavon nya bantu mengatur estrogen. Ini dapat mengurangi rasa panas pada badan (hot fluses) saat wanita mengalami menopause.

4. Mencegah osteoporosis.

Karena protein yang dimiliki kedelai membantu penyerapan kalsium dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada gilirannya mencegah osteoporosis.

5. Masih banyak lagi kebaikan yang dimiliki kedelai seperti mencegah diabetes dan sakit ginjal.

_____

Karena banyaknya manfaat kandungan kedelai bagi kesehatan tidak heran kalau banyak vegetarian di luar negeri menjadikan kedelai sebagai bahan pokok untuk diolah kembali menjadi bahan makanan yang menarik dan enak.

Di daerah kita sendiri tentu saja kedelai ini sangat banyak pula manfaatnya. Conyohnya Salwa, temannya Fahmi sekaligus tetangga di rumah. Sejak kecil ia mengalami alergi susu sapi. Alternatifnya ia diberi minum susu kedelai. Alhamdulillah ia bisa tumbuh sehat dan cerdas layaknya anak yang mengonsumsi susu sapi pada umumnya.

Masih ada yang beranggapan tahu tempe itu makanan kelas bawah, itu salah besar. Yang benar, yang mengonsumsi tahu tempe atau makanan berbahan kedelai lainnya itu adalah orang pintar. Orang yang ingin sehat jiwa raga, selain sehat di kantong pastinya.

 

#SGMEksplor #GenerasiMaju #MombassadorSGMEksplor

Comments

  1. Daku suka juga konsumsi kedelai, lewat susu kedelai yang masih hangat, karena memang manfaatnya santai baik untuk kesehatan. Maka dari itu anak-anak pun bagus untuk mengonsumsinya

  2. Aaah Teteeh..
    Ako suka olahan kedelai, tempe , tahu bahkan susu kedelainya. Tapi kalo kacangnya ga koat, giginya ga bersahabat..
    Di kulkas tiap hari mesti ada tahu tempe, kalo ga nyetok aku merasa kehilangan makanan yg kaya protein nih.

  3. Ibuku kalau dari pasar selalu membawa susu kedelai, Mbak. Aku yang paling hobi minum, Anakku ya suka, apalagi kalau diminum pas dalam keadaan dingin. Bisa habis sebungkus dia. Terus soal tempe goreng, hoooo, apalagi tempenya yang dibungkus daun pisang, mantul lah. Hangat-hangat, dimakan sama nasi hangat ya sudah pasti ngabisin nasi itu.

  4. Jadi ingat hamil aku . Awal minum susu kaleng trus iseng aja pergi kerja bawa susu kedelai. Nah akhirnya sampai sekarng suka susu kedelai dan nggak beli lagi susu kalebg hahaha

  5. Banyak sekali ya mbak manfaatnya kedelai ini. Gak salah deh saya suka makan tempe, tahu dan minum susu kedelai. Saya pribadi malah lebih doyan makan tempe, dibanding daging-dagingan gitu. Tempe dicocolin sambel, wuih nikmatttt

  6. Wah aku sih suka bgt susu kedelai. Selalu stok di kulkas yg instan itu hihi. Apalagi selama hamil aku seneng bgt minum susu.

  7. Wah baru tau kalau mencegah osteoporosis..jd semangat mengosumsi segala sesuatu dr kedelai nih hehe..

  8. olahan kedele itu menurut saya selain kaya protein ya enakkk… uenyakkk.. dan praktis bisa dibikin apa aja ya…

  9. Bahan dasar kedelai ini jika dikreasikan bisa menjadi makanan sehat lainnya lho, ngga hanya tempe goreng dan susu saja.. tapi bisa buat steak tempe, burger tempe yang bisa menambah nafsu makan hehe.. itusih buat saya yang hobby makan.

  10. Banyak banget ya manfaat kedelai, kalau saya sama anak-_anak suka minum susu kedelai, tapi yang buatan sendiri gitu, tapi jarang yang jual dan rasanya enak,

  11. Kedelai memang bermanfaat.. berbahagialah kita orang Indonesia yang punya makanan bernama TEMPE!

  12. Anak2ku juga suka makan tempe dan susu kedelai tentu aja. Tiada hari tanpa tempe goreng kalau di rumah.
    Bagus memang buat kedelai utk kesehatan tubuh. Asalkan diolah dengan baik dan benar, tentu aja.

  13. Tahu bulkat di goreng masih panas juga msuk kategori kan ya… Aku suka banget sama olahan kedelai kak, enak sih termasuk susu kedelai juga sedep banget. Aku suka semua

  14. Saya penggemar tempe juga nih Teh Okti, hampir tiap hari klo makan harus ada tempe goreng, menu wajib hehehe

    Ternyata manfaat kedelai banyak juga ya Teh, jadi makin senang makan makanan atau minuman olahan dari kedelai jadinya 🙂

  15. Awalnya aku bingung loh dengan istilah bola mini berprotein lengkap. Oh ternyata kedelai. Kedelai ini banyak penggemarnya krn lengkap proteinnya dan baik utk tubuh.

  16. Widiwwww, SGM sekarang makin kaya rasa saja ya. Ini memang sehat banget. bagi mereka yang tidak cocok dengan protein susu hewan bisa mencoba produk SGM ini. Aku saja suka kalau minum susu kedelai 😀

  17. Saya setuju sih mba, memang kedelai tuh punya banyak manfaat. Utk olahan susunya bahkan sangat dianjurkan bagi ibu hamil ( ini yg pernah saya baca )

  18. Ternyata banyak yah manfaat kedelei. Dulu waktu masih di kampung banyak warga yng bikin sendiri susu kedelei klo abis panen kedelei. Sekarang sdh gk ada lagi yg tanam kedelei

  19. saya suka susu kedelai. enak soalnya.
    eh saya suka semua susu ding. hehe
    tempe juga, apalagi pake sambel. ughhhh masih anget, cocok sambel.
    dan ternyata banyak ya manfaat dari kedelai ini ya. jadi makin suka!

  20. karena sekarang saya lagi diet, saya juga lagi banyak konsumsi protein nabati macam tempe dan tahu..hampir tiap hari konsumsi

  21. Aku suka sekali berbagai olahan kedelai, Alhamdulillah jika sekarang banyak sekali manfaatnya..

  22. Tempe ini menu yang hampir setiap hari selalu ada dirumah Teh, salah satu makanan favorit saya juga. Apalagi kalau diluar negeri harga tempe malah lumayan mahal ya Teh, jadi bersyukur dech di Indonesia harganya terjangkau banged jadi buat menu setiap hari nggak masalah.

  23. Setuju nih dengan ulasan di atas. Dibalik kandungan kacang kedelai yang ada pada tempe ternyata menyimpan protein lengkap untuk kesehatan tubuh. Untung aku juga suka makan tempe*

  24. It is my belief that mesothelioma is definitely the most deadly cancer. It has unusual qualities. The more I look at it the greater I am assured it does not react like a real solid tissue cancer. If perhaps mesothelioma is often a rogue viral infection, hence there is the potential for developing a vaccine plus offering vaccination to asbestos uncovered people who are vulnerable to high risk regarding developing future asbestos connected malignancies. Thanks for revealing your ideas about this important health issue.

Speak Your Mind

*