Wisata Kekinian bagi Penyuka Ketinggian di Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Wisata Kekinian bagi Penyuka Ketinggian di Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Sudah pernah traveling ke negeri di atas awan? Emang ada negeri di atas awan? Ada dong! Di Indonesia ini, apa sih yang tidak ada?

Salah satu destinasi wisata favorit bagi penyuka awan ketinggian di Indonesia, Dataran Tinggi Dieng, di Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah ini salah satunya.

Dataran Tinggi Dieng adalah destinasi liburan andalan untuk melihat kecantikan sunrise. Selain ada Festival Cukur Rambut Gimbal yang digelar setahun sekali dan jadi moment festival besar-besaran, di sini juga terdapat banyak lokasi wisata yang menawarkan berbagai keindahan alam.

Jangankan melihat keelokan matahari terbit dan atau terbenam, pemandangan desa dari atas ketinggian pun bisa kita nikmati sepuasnya. Sungguh berasa berada di atas awan saja!

Ada beberapa lokasi wisata ketinggian yang berada di Dataran Tinggi Dieng. Penasaran dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan berikut ini. Atau jika ingin lebih banyak informasi yang didapat bisa lihat langsung di qupas.id ya

Lokasi untuk melihat “Negeri di atas Awan”:

1. Bukit Sikunir

Golden Sunrise Sikunir. Begitulah wisatawan menyebut wisata alam di Wonosobo ini karena pemandangan matahari terbitnya yang begitu memikat.

Banyak yang mengatakan di sinilah spot terbaik melihat sunrise se-Asia Tenggara. Sebab kita bisa menyaksikan dan menikmati warna jingga keemasan matahari terbit yang juga menyinari gunung berselimut kabut.

Ingin menyaksikan keindahan Golden Sunrise, datanglah di Bulan Juli-Oktober. Pada waktu ini, mendung dan kabut tebal akan jarang terlihat.

Selain Golden Sunrise, kita juga bisa melihat kecantikan serta gagahnya deretan gunung menjulang tinggi, seperti Gunung Sindoro, Gunung Kembang, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Ungaran serta Gunung Slamet sekali pun kadang bisa terlihat jelas.

Tidak hanya sunrise dan panorama gunung, pemandangan rumah penduduk hingga Telaga Cebong pun bisa kita saksikan dari puncak Bukit Sikunir ini.

2. Batu Ratapan Angin

Apa sih yang akan kita dapatkan di wisata ketinggian Batu Ratapan Angin ini?

Selain panorama alam yang menawan, kecantikan Telaga Warna dan Pengilon yang punya perbedaan warna mencolok dijamin akan membuatmu terpikat dan betah berlama-lama untuk foto-foto schantiek

Selain menyaksikan keagungan lukisan alam, kita juga bisa mendapatkan spot foto keren. Ada dua batu yang bertumpuk di atas bukit, itu adalah ciri khas dari destinasi liburan di Batu Tatapan Angin ini.

Menariknya lagi, saat turun dari Batu Ratapan Angin, ada wahana seru yang bisa kita coba, yakni Flying Fox dan Jembatan Merah Putih. Kekinian banget deh kalau kita sudah foto di lokasi yang instagramable ini. Jangan heran kalau wahana ini cukup populer dan menjadi salah satu spot foto favorit. Meski lelah nanjak terus tapi rasa lelah itu beneran akan terbayar.

3. Bukit Sidengkeng

Selain Bukit Sikunir, masih ada lagi objek wisata di kawasan Dieng yang menyuguhkan keindahan alam yang memanjakan indera penglihatan. Bukit Sidengkeng namanya.

Bukit Sidengkeng yang juga disebut sebagai Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng menjadi spot favorit bagi penikmat alam dan pecinta fotografi.

Bukit Sidengkeng masuk dalam Kawasan Konservasi Telaga Warna. Pengumpulan dan pengembangbiakan tanaman Dataran Tinggi Dieng pun dilakukan di Bukit Sidengkeng ini. Menarik ya?

4. Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng merupakan salah satu lokasi strategis untuk melihat kecantikan sunrise di kawasan Dieng. Golden Sunrise Dieng pun bisa kita saksikan di gardu pandang ini.

Keindahan suasana Gunung Prau, Sindoro hingga Pakuwojo bisa kita saksikan saat berada di Gardu Pandang Tieng.

Fasilitas yang ada di gardu pandang ini: warung kecil yang menjual makanan hingga minuman, toilet, serta area parkir kendaraan yang nyaman.

5. Bukit Cinta Lembah Seroja

Bukit Cinta Lembah Seroja menyuguhkan panorama alam yang juga nggak kalah cantik. Lanskap Telaga Menjer berbentuk hati bisa kita saksikan dari atas bukit ini.

Di sini juga tersedia spot foto romantis berbentuk hati. Cocok untuk kamu yang lagi liburan bersama pasangan. Saat cuaca cerah, pemandangan Kota Wonosobo tampak jelas. Pesonanya pun kian memikat ketika matahari terbit maupun terbenam. Pokoknya romantis abis lah…

**

Nah beneran kan bukan hanya Bukit Sikunir saja yang menarik untuk kita kunjungi saat liburan ke Wonosobo ini? Tapi ada begitu banyak lokasi wisata yang jadi favorit para petualang, penikmat ketinggian dan alam.

Jelas kalau Dataran Tinggi Dieng ini cocok banget bagi pecinta keindahan dan fotografi. Jadi kapan nih kita liburan ke Wonosobo sambil menikmati wisata alamnya?

Comments

  1. Ini mah semuanya keren banget. Aku suka lihat gambar yang pertama bukit sikunir. Awannya kelihatan jadi pengen kesana

  2. keren-keren lokasi wisatanya. perlu dicoba ini. banyak banget rekomendasinya yang belum saya coba. noted dulu

  3. Sudah tiga kali ke Dieng tapi masih pengin ke sana lagi dan lagi….

  4. Ahh keren.. suka banget sama wisata alam

  5. Wisata kekinian nih, jadi pengen ke Wonosobo lagi..he
    Bukit cinta ini namanya sama seperti bukit cinta di klaten, hanya seja beda bentuknya. Yang jelas kalau kesitu disaat pagi lebih bagus ya πŸ™‚

  6. Ehhh baru tau ada bukit lembah seroja di Dieng. kok dieng tambah keren sih..
    duhh jadi pengen main ke Dieng lagi nih.

  7. Wah beberapa kali berencana ke sini gak jadi jadi malah jadinya ke tempat lain… someday harus ke sini ah, pasti asyik banget ya teh…

  8. Nama-nama lokasinya mengundang rasa ingin tahu untuk singgah ke sana. Kreatif nih DInas Pariwisatanya hehe..

  9. Wah spot wisata instagrammable nih keren euy.. Jadi kepengen ke sana.. Mahal gk ya teh?

    • tetehokti says:

      Info lengkap harga ada di link kupas.id dalam artikel yaaa…

      Dijamin masih terjangkau. Lebih mahalan tiket2 wisata di Bandung!
      Serius!

  10. Makin banyak aja spot cantik di Dieng. Udah lama banget aku nggak ke sana, terakhir kalo nggak salah tuh 2015. Duh Batu Ratapan Angin sama Gardu Pandang Tieng. Kuingin ke sana lagi.

  11. Bukit Sikunir aku pernah dengar sebelumnya emang, yg lain belum. Ternyata emang banyak banget ya mbak lokasi wisata indah yang bisa kita kunjungi kalau pas ke Wonosobo πŸ˜€ TFS

  12. Baru pernah ke Sikunir. Tapi aku suka banget sama Wonosobo, adem. Keinget motoran malem malem dari Temanggung menahan dinnginnya angin malam cuma buat berendem ke pemandian air panas doang. Pengen lagi explore explore, makasi listnya btw hehehe

  13. Wah Dieng jda banyak tempat wisata keren ya, aku pernah kesana sekali waktu masih kecil, mungkin 20th yg lalu hahaha, udh lupa kaya apa rasanya

  14. Dari kesemuanya, aku pernah tuh menikmati golden sunrise di bukit sikunir. Ya Allah dingin bangett pagi-pagi buta harus bangun dan menuju lokasi demi mengejar sunrise tapi terbayar semuanya karena indah banget masyaAllah

  15. MasyaAllah ini tuh bagus banget, sayang aku belom punya kesempatan kesana, duh mana banyak spot fotonya pulak, duh maauuu. ^^

Speak Your Mind

*