Empat Film India Sedih Terbaik Wajib Nonton

Apa yang dipikirkan saat mendengar kalimat “film India”? Kemungkinan yang langsung ada dalam benak adalah menari mengelilingi pohon yang diiringi lagu lagu khas India. Yekan? Haha… Memang ya film India seringkali menyuguhkan tarian unik dari para pemainnya yang diiringi dengan lagu yang mendayu-dayu.

Padahal film India tidak hanya menyajikan tarian saja, tetapi juga seringkali menyajikan cerita menyayat hati sehingga mampu membuat para penontonnya beruraian air mata. Berkat kekuatan karakter serta cerita yang dimilikinya, sehingga tidak heran jika film India mampu menarik perhatian para penggemarnya.

Adalah saat sekolah dan tinggal bersama nenek di Tasikmalaya, saat itu buming film India di stasiun televisi swasta pendidikan Indonesia dan saya sering melihat film India yang diputar setiap hari di sana. Bukan karena saya maniak, tapi emang ga ada lagi pilihan channel lain. Secara yang tertangkap di kampung saat itu hanya stasiun televisi tersebut.

Saat itu, tidak semua orang memiliki televisi. Saya pun melihat televisi kalau di rumah paman saja. Itu juga hanya televisi hitam putih, merek Toshiba. Coba tebak tahun berapa itu?

Tapi dunia perfilman tidak lekang dimakan waktu, ya. Jika saat ini ingin nonton film India sedih yang bikin baper, dapat menguras air mata, maka berikut dibawah ini rekomendasi beberapa film terbaiknya yang wajib ditonton diantaranya:

1. Kal Ho Na Ho (2003)

Kal Ho Na Ho menceritakan tentang kisah cinta segitiga antara Aman (Shahrukh Khan), Naina (Preity Zinta), dan Rohit (Saif Ali Khan) yang berakhir bahagia tetapi cukup tragis. Aman yang seringkali menggoda Naina hingga membuatnya rishi, justru akhirnya menimbulkan benih benih cinta diantara keduanya.

Saat itu Aman yang sedang mengidap penyakit parah justru menolak cinta Naina lalu mencoba mendekatkannya dengan Rohit sahabat Aman yang juga mencintai Naina. Hingga suatu hari setelah Naina dan Rohit menikah, Naina baru menyadari alasan Aman menolak cintanya.

2. My Name Is Khan (2010)

Film India bikin sedih ini dibintangi oleh bintang India populer Shahrukh Khan dan Kajol. Film berjudul My Name Is Khan ini menceritakan tentang kisah Rizwan Khan (Shahrukh Khan) yang berperan sebagai seorang pria muslim pengidap Asperger Syndrome. Setelah sang ibunda meninggal dunia, Rizwan tinggal bersama Zakir (Jimmy Sherill) kakanya yang berada di San Fransisco.

Kisah sesungguhnya dimulai disini, dimana Rizwan mengenal seorang janda bernama Mandira (Kajol) yang telah memiliki satu anak. Hingga akhirnya Rizwan memutuskan untuk menikah dengan janda beragam hindu tersebut. Lantaran mereka menikah beda agama, hingga akhirnya membuat anak tiri Rizwan Khan mendapat perlakuan yang tidak manusiawi dari lingkungan sekitaranya hingga menyebabkanya tewas.

Mereka menuduh Rizwan sebagai seorang teroris. Karena hal itulah Rizwan bertekad untuk bertemu dengan presiden Barrack Obama untuk membuktikan bahwa tidak semua muslim itu teroris.

3. Fanna (2006)

Film yang akan membuat para penontonnya berlinang air mata ini mengisahkan tentang Zooni Ali Beg (Kajol) seorang gadis buta asal Khasmir yang jatuh cinta pada Rehan seorang tour guide yang sedang melakukan perjalanan ke New Delhi

Mereka berencana akan menikah, tetapi sayang terjadinya sebuah ledakan hebat yang menyebabkan banyak orang terluka, termasuk Rehan salah satunya yang saat itu sedang berada di stasiun untuk menjemput kedua orang tua Zooni.

Rehan yang disangka telah meninggal dalam ledakan tersebut, 7 tahun kemudian dipertemukan kembali dengan Zooni tanpa sengaja saat dirinya sedang terluka mengunjungi sebuah rumah untuk meminta pertolongan yang ternyata adalah rumah Zooni.

4. Ghajini (2008)

Film bergenre action dengan judul Ghajini ini menceritakan tentang Sanjay Singhania (Amir Khan) yang menderita hilang ingatan saat dia hendak menyelamatkan kekasihnya Kalpana (Asin Ttomtukal) yang akan dibunuh Ghajini Dramatma (Pradeep Rawat). Kondisi tersebut membuat ingatan Sanjay hanya mampu bertahan selama 15 menit saja, sehingga mengharuskan dia untuk selalu menulis apa yang yang dialami dan ditemuinya dengan cara membuat tato di tubuhnya.

Selanjutnya bagaimana, saya lupa … Tuing! Hahaha… Penasaran? Coba deh, search dan lihat filmnya.

Gak biasanya nulis soal film, iya, ini sebuah tantangan, gara-gara ngobrolin soal menulis film di wag one day one post bersama teman dan komunitas blogger.

 

Comments

  1. Film2 lumayan lama ini, ya. Masih seangkatanlah kita tontonannya berarti.

  2. Tisu mana tisu. Mpo kalau nonton film sedih harus ada tisu dan cemilan. Film India biarpun sudah lawas akan tetapi memikat hati penggemar

  3. Cuma my name is Khan yang saya tonton
    Sugan teh bakal ada kuch kuch hotahai

    Saya ngga banyak nonton film India, jadi lalupa

  4. Ghajini tuh sedih banget, ga nyangka filmnya super deep, awalnya kaya dangkal gitu.. baper berat habis nonton itu huhu

  5. Fenni Bungsu says

    Baghban juga sedih Teh, kisah orangtua yang …. sama anak/cucu kandungnya sendiri, malah yang.. Hingga jadi penulis terkenal… Nonton sendiri aja dah hehe, soalnya maknanya mendalam banget itu film

  6. Aku ud nton no 1 dan no 2 , sedih sih. Lebih ke nilai yg qt ambil dlm film itu. Film bollywood dan drakor hmpir sama sedihnya haha

  7. Sedih banget sih My Name Is Khan, terus geram banget aja sama isu rasisnya juga, plus kalo aku juga tuh paling suka film Bollywood jadul, Kabhi Kushi Kabhi Gam. Itu bagus juga tuh Teh

  8. Topik yang out-of-the-box banget nih Mbak. Sedih tapi wajib nonton. Etapi bener banget loh. Saya udah nonton yang My Name Is Khan. Bener-bener highly recommended. Banyak makna kehidupan yang bisa kita pelajari dari kisah hidup seorang lelaki yang berkebutuhan khusus.

  9. Mengukir ingatan dengan membuat tatto! Jadi teringat pengakuan seseorang (aku lupa siapa) tentang kenapa dia ditato. “Supaya kalau aku mati tidak wajar di suatu tempat, jasadku masih bisa dikenali.”

  10. My Name is Khan sudah,,yang lain belum, pas weekend ada list tontonan nih, siapin tisu tapi…film wajib tonton meski sedih ceritanya tetap menghibur juga

  11. DUh, sudah berapa purnama saya tidak menonton film India….
    Yang My Name is Khan, saya menonton dengan linangan air mata.
    Kayaknya harus menonton kembali, nih

  12. Nurhilmiyah says

    Gajhini aku belom nonton Teh… Yg 3 udah. Btw Kuch Kuch Hota Hae ga dimasukin? Aku sesenggukan lho pas Kajol hrs memendam cintanya sekian lama demi kebahagiaan sahabatnya.

  13. Film india no 1 dan 2 emang legend banget sih menurutku. Zaman dulu nonton penuh drama banget. Sedihnya

  14. Gara-gara nonton My Name Is Khan pemikiranku soal film India cuma tarian aja isinya akhirnya hilang teh hehe. Banyak juga yang berfaedah dan mengandung pesan moral ya.

  15. Dan ajaibnya aku kudet sama film India, huhuhu, mamahku kalo nonton film atau serial India pasti fokus banget deh, sampai larut terbawa suasana alur film

  16. Nomer 3 dan 4 kayaknya aku belum nonton nih kak. Udah lamaaaa banget nggak nonton film India. Ada perubahan yang menarik nggak ya kira-kira? FIlmnya Amir Khan sih emang Ok ya

  17. Aku tau kal Ho na Ho sm my name is khan aja hhi waktu jaman masih skolah suka banget nnton India, skrng udh lama banget deh kayaknya ga nnton lagi

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: