Tips Wujudkan Cita-cita Anak Tinggi Tangguh Tanggap

Tidak ada yang tidak melongo ketika Fahmi, putra saya sebagai peserta termuda pendaki Gunung Kerinci pada upacara HUT RI ke 74 ditanya apa cita-citanya oleh Opung, peserta tertua pada acara yang sama, setelah kami melakukan upacara bendera Merah Putih dan pembacaan proklamasi kemerdekaan RI di Puncak Gunung Kerinci. Jawaban Fahmi: “Cita-cita Ami mah mau tinggi kaya ayah…”

Wkwkwk!

“Oh, bukan jadi pilot atau dokter ya?” Lanjut Opung sambil tetap menggendong Fahmi. Tuh anak menggeleng. Para pendaki semua tertawa.

“Mudah kali itu Mi, gak perlu sekolah tinggi pun jadi kau…” Kami semakin tergelak tertawa mendengar Opung bicara dalam dialeknya. “Gendong terus lah kau di atas pundak ayah, kau kan selalu lebih tinggi darinya…”

Tinggi, tangguh, tanggap

Fahmi bersama Opung

Cita-citap tinggi tangguh tanggap

Cita-cita Fahmi tinggi seperti ayahnya. Supaya lebih tinggi ia senang kalau digendong di pundak

Fahmi putra kami, memang banyak memiliki perbedaan dibandingkan anak seusianya pada umumnya. Fahmi tidak suka keramaian, sehingga ia lebih memilih suasana hening, dan menghindar banyak kerumunan. Itu kenapa banyak yang menyebutnya anak pemalu.

Fahmi memilih mau sekolah asal langsung masuk SD, tidak mau lebih dahulu duduk di bangku PAUD/TK dan kami memasukkannya ke sekolah dasar pada usia lima tahun, sebagai anak bawang. Siapa kira ia bisa masuk rangking tiga, bersaing dengan teman sekelasnya yang usianya hampir delapan tahun bahkan ada yang sudah sembilan tahun di semester ke dua di kelas satu SD.

Dan perbedaan lainnya ketika ditanya mengenai cita-cita itu tadi, dengan polosnya ia bilang keukeuh cita-citanya mau tinggi seperti ayah.

Baca juga: New Normal Versi Pendaki 

Ibu mana yang tidak menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Meski ocehan anak bisa diartikan tidak serius, tapi bila berdampak baik, tidak salahnya kita aminkan. Sebagai orang tua, saya dan suami mendukung apa yang diinginkan Fahmi.

Saya mulai mengarahkannya sejak dini, bagaimana supaya ia bisa tumbuh tinggi. Secara genetik dari ayahnya, yang memiliki tinggi badan 175 cm, mungkin termasuk cukup. Tapi bagaimana kalau anak dapat gen tumbuh tinggi mengikuti saya, yang tak lebih dari semeter setengah ini, oh jangan sampai dong ya. Anak lelaki sebaiknya tumbuh tinggi seperti ayahnya.

Meski ada informasi tinggi tumbuh kembang anak tidak seratus persen mengikuti gen orang tua, saya tidak ingin jika Fahmi pendek seperti saya. Karena itu saya lakukan berbagai upaya supaya tinggi anak bisa maksimal. Berikut tipsnya…

Tips tiga hal yang saya lakukan supaya anak bisa tumbuh tinggi seoptimal mungkin:

 

1. Ciptakan pola tidur anak yang baik dan berkualitas

Saat anak tidur lelap dan cukup waktu, hormon pertumbuhan anak akan bekerja secara maksimal. Karena itu sejak masih bayi sampai sekarang saya selalu memaksimalkan waktu tidurnya. Mempersiapkan segala sesuatunya sehingga saat ikut pendakian pun, tidurnya di tenda dengan segala keterbatasan tetap berkualitas.

Indomilk susu bubuk kesukaan anak

Indomilk susu bubuk untuk anak tangguh

Mengupayakan tidur yang optimal meski kondisinya kurang memungkinkan

2. Tanamkan kebiasaan berolah raga

Saat anak beraktivitas fisik, produksi hormon pertumbuhannya dapat terus bekerja secara maksimal. Stretching, lari dan lompat dipercaya para ahli dapat memperpanjang tulang belakang. Kegiatan yang banyak melakukan peregangan sendi-sendi seluruh otot ini dapat merangsang pertumbuhan tulang.

Karena Fahmi termasuk anak pemalu, untuk berolahraga saja harus pilih-pilih. Fahmi agak susah kalau harus berolahraga bergabung dengan teman sebayanya. Perlu adaptasi cukup lama. Akhirnya saya menemukan kegiatan outdoor yang cukup bikin Fahmi nyaman, yaitu mendaki gunung. Cukup jarang memang ada anak kecil ikut melakukan pendakian. Kalaupun ada, belum tentu bareng dan jumpa dengannya.

Cerita seru: Pahlawan Gunung Pecinta Alam 

Fahmi saya ajak mendaki memang sudah sejak dalam kandungan. Usia tiga bulan kehamilan, saya ngidam naik Gunung Rinjani. Dan menginjak usia kehamilan enam bulan, saya ngidam pula menjejakkan kaki di Gunung Semeru. Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar dan ngidam saya terpenuhi.

Anak tinggi tangguh tanggap dengan susu Indomilk

Fahmi sendiri pertama kali ikut pendakian beneran pada usia 3,5 tahun. Ia berhasil mengalahkan tante dan oomnya untuk lebih dulu sampai di Gunung Slamet. Senang banget ia ketika digendong ayah di atas pundak.

Sejak itu Fahmi sering meminta untuk digendong ayahnya di pundak, kenapa? Alasannya ia ingin lebih tinggi daripada ayah. Dan jadilah lebih tinggi dari ayah itu sebagai cita-citanya. Seperti jawabannya saat ditanya Opung, pendaki usia senior yang merasa takjub ketika bersama Fahmi berhasil menaklukkan gunung api tertinggi di Indonesia Agustus tahun lalu.

Lanjutan dari: Rahasia Keseruan Mendaki Gunung

3. Memberikan anak nutrisi yang tepat

Nutrisi sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Tidak hanya melalui makanan pada menu sehari-hari yang bisa merangsang pertumbuhan tinggi anak yang saya berikan di rumah, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sumber protein lain, tapi juga nutrisi dari susu.

Manfaat susu bubuk

Karena itu saya mengupayakan membawa bekal yang memenuhi kebutuhan nutrisi anak sekalipun sedang dalam pendakian. Kami memilih repot membawa logistik cukup untuk anak, daripada dicap anak pendaki makanannya pasti mi instan. Hehehe pendakian yang identik dengan bekal minimalis dan praktis, hal itu jadi pengecualian buat kami.

Susu bubuk untuk anak yang baik

 

Indomilk Susu Bubuk untuk anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap

Perkenalan saya dengan Indomilk Susu Bubuk dimulai ketika mendapat informasi dari teman yang menceritakan pengalamannya terkait pertumbuhan tinggi anaknya yang maksimal setelah mengonsumsi susu tersebut.

Saya yang sejak dulu mendukung cita-cita anak supaya bisa tinggi seperti ayahnya, tentu saja senang mendapat kabar baik ini. Kebetulan Fahmi juga suka minum Indomilk Susu Bubuk terutama yang rasa cokelat.

Indomilk Susu Bubuk

Dimasa pertumbuhannya, Fahmi memang membutuhkan nutrisi yang baik agar ia tumbuh tinggi, tangguh, tanggap. Dan semua itu terpenuhi dalam susu Indomilk yang memiliki kandungan optinutri berupa kalsium, protein, serta Omega3.

Optinutri Indomilk Susu Bubuk

Indomilk Susu Bubuk dilengkapi dengan optinutri yang bisa membantu anak tumbuh tinggi, tangguh, tanggap. Dibuat dari susu segar yang mengandung kalsium tinggi, dengan tambahan kandungan Protein dan Omega3 yang mengandung DHA dan EPA, Vitamin dan Mineral untuk mendukung pertumbuhan anak.

Kandungan kalsiumnya yang tinggi sangat berguna untuk bantu pertumbuhan tulang dan perkembangan tinggi anak. Sedangkan proteinnya membantu untuk mengoptimalkan pertumbuhan tangguh anak dan Omega3 dapat membantu perkembangan otak anak sehingga anak menjadi tanggap saat belajar.

Indomilk Susu Bubuk varian cokelat 800 gram

Rasa Indomilk Susu Bubuk

Indomilk Susu Bubuk ini tersedia dalam 3 varian rasa yaitu instant cokelat, instant plain (bebas gula) dan full cream (bebas gula).

Indomilk Susu Bubuk untuk usia berapa?

Jika ditanya Indomilk Susu Bubuk untuk usia berapa, jawabannya adalah untuk anak usia prasekolah hingga usia praremaja (5-12 tahun). Manfaat susu bubuk pada usia ini sangat tepat dikonsumsi karena bisa membantu tumbuh kembang dalam diri anak, baik dari segi fisik, motorik, bahasa serta emosional yang memang pada usia ini sedang masa-masanya tumbuh dan berkembang.

Ada banyak susu untuk anak di luaran sana, namun belum tentu semuanya memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan anak. Untuk itu sebagai orang tua kita perlu memahami benar Indomilk Susu Bubuk untuk usia berapa supaya bisa maksimal dalam memberikan komponen nutrisi yang variatif dan seimbang sebagai asupan tambahan harian.

Susu Indomilk cokelat untuk anak tinggi tangguh tanggap

Cara penyajian Indomilk Susu Bubuk Cokelat

Untuk membuat satu gelas, cukup tambahkan empat sendok makan penuh (kurang lebih 40gram) dalam satu gelas air masak hangat (kurang lebih 180ml). Aduk hingga larut, Indomilk susu bubuk cokelat pun siap diminum.

Untuk mendapatkan manfaat susu bubuk secara maksimal dalam menyajikan susu bubuk untuk anak disarankan air dimasukkan terlebih dahulu, baru susu bubuk nya.

Saat membuat minuman susu bubuk untuk anak sebaiknya dilarutkan menggunakan air hangat. Penggunaan air panas dikhawatirkan dapat merusak kandungan vitamin dan mineral. Secara kita ketahui susu rentan terhadap suhu tinggi. Supaya manfaat susu bubuk terhadap tinggi, tangguh, tanggap anak semakin maksimal, disarankan konsumsi minum susu ini dua kali sehari.

Manfaat susu bubuk Indomilk cokelat

 

Begitulah…

Orang tua pendek itu bawaan tapi apakah anak juga akan pendek, itu adalah pilihan. Dengan kecanggihan teknologi, serta ilmu pengetahuan yang berkembang saat ini memiliki orang tua pendek, belum tentu akan memiliki anak yang pendek juga. Karena sekarang banyak hal yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk membuat anak tinggi.

Salah satunya cukupi nutrisi yang diperlukan anak dalam masa pertumbuhannya dengan memberikan Indomilk Susu Bubuk yang tinggi kalsium dengan tambahan kandungan Protein dan Omega3 yang mengandung DHA dan EPA, Vitamin dan Mineral untuk mendukung anak tinggi, tangguh, tanggap.

Indomilk Susu Bubuk bikin anak hebat

 

 

Comments

  1. Nutrisi buat anak nomor satu ya supaya mereka bisa tumbuh dengan maksimal. Zaman sekarang anak lebih tinggi dari orangtyua karena nutrisi juga salah satunya

  2. Aku kalah dong sama Fahmi yang udah naik gunung sejak di kandungan, hehehe. Apa pun cita-cita anak, sebagai orangtua ya kita dukung. Jangan lupa untuk mengarahkan biar mereka tahu. Kalaupun nanti pas besar mau punya mimpi lain, gak masalah juga

  3. Pilih susu selain rasanya enak harus memperhatikan kandungan nutrisi di dalamnya ya mbak. Btw keren ih Fahmi jalan-jalan naik gunung. Aku gak bisa bayangin capeknya kaya apa. Pengen bgt naik gunung tapi suka mikir takut gak kuat

  4. Dengan asupan gizi yang baik tentunya orang tua ingin anaknya lebih tinggi. Apalagi ditambah dengan tangguh dan tanggap. Wah, seneng banget deh itu

  5. Pinter nih, Fahmi kalau pilih cita2. Soalnya udah terbukti jadi anak tangguh dan tanggap, ya. Tinggal tingginya yang dikejar hehehe..

  6. Iya juga, sih. Cita2 kan harus tinggi, ya? Hahaha.. Semoga tercapai cita2nya anak hebat!

  7. Pemenuhan nutrisi untuk anak memang suatu keharusan ya.
    Apalagi anak zaman now, kudu di-support gizinya.
    Supaya tumbuh kembangnya berjalan dgn optimal.

  8. anaks aya sampe sekarang cita2nya berubah2 terus hahaa belum jelas mau jadi apa besar nanti 🙂 yang penting tumbuh sehat dan happy dulu aja lah ya mbak

  9. Sampai seusia sekarang anakku juga masih minum susu pertumbuhan.
    Selain dari nutrisi emang sebaiknya anak banyak bergerak ya? Kalau gak pandemi sih bisa berenang atau sepedaan dengan bebas, kalau skrng ya paling sepedaan bentar atau cuma senam2 kecil aja di rumah

  10. Susu bubuk Indomilk Cokelat ini rasanya memang enak ya Teh. Aih Dek Fahmi kalau sudah besar cita citanya jadi tinggi. Semoga dengan bobo teratur, olahraga, dan minum susu Indomilk nanti beneran tumbuh tinggi ya.

  11. Wow..keren Fahmi, sdh menaklukkan gunung tinggi di usia dini! Semoga cita2nya tercapai dan sukses selalu ya Nak..

  12. Alhamdulillah suka susu ya Fahmi. In syaa Allah akan tumbuh tinggi, tangguh, dan tanggap. Semangat terus belajarnya yaa.

  13. riawani elyta says

    Fahmi cita2nya unik. pingin tinggi hehe. Alhamdulillah ada susu indomilk yang dukung pertumbuhan anak ya mbak

  14. Receh ya mbak cita-citanya hihi.. Tipsnya bisa nih kupake buat anakku yang kebetulan bapak dan ibuknya gak tinggi tinggi amat :D. Sehat terus mas Fahmi

  15. Indomilk ini favorit banget deh. si kecilku juga suka yang UHT full cream dan coklat. Boleh juga nih cobain yang versi bubuk, supaya tumbuh kembangnya makin optimal

  16. Makasih infonya teh…buat catatan pribadi ini

  17. Fahmiiii! Ya ampyuuunn pinternyaaaa anak ini.
    Fahmi piawai bergaul dg semua kalangan ya Teh.
    Bisa naik gunung rame2 ama temen2 ortunya.
    Good job! InsyaALLAH dgn nutrisi yg tepat, Fahmi bisa tumbuh tinggi, tangguh dan tanggap!

  18. Halo Fahmi, semoga keinginannya terkabul ya. Smoga slalu sehat dan kuat. Makin tinggi dan makin pintar yaaa. Susu Indomilk mah dipercaya banget bisa memenuhi tumbuh kembang anak

  19. Halo, Mbak, hey Fahmi, lama nggak nongol kok sudah besar, eh makin tinggi. Hihihi. Anakku akhir-akhir ini juga sering bilang, Mbak, “Ummi-ummi, Kakak sudah mau sama kayak Ummi. Tambah tinggi.” HAHAHAHA.

    Soal tidur, kalau siang anakku harus tidur siang, Mbak. Kalau nggak, tandukku bisa keluar.

  20. Ayo Fahmi, banyak minum susu ya agar cita-citamu menjadi orang yang lebih tinggi daripada ayah tercapai.
    Ternyata selama ini aku salah lho Teh, melarutkan susu dengan air panas huhuu…jadi malah hilang ya kandungan gizinya.

  21. Fahmi seperti anakku yang pertama dia suka yang hening, ga ramai dan cenderung introvert sih dia. Semoga fahmi bisa jadi anak yang sholehah dan tercapai cita-citanya ya.

  22. Kandungan nutrisi di dalam Indomilk Susu Bubuk ini lengkap banget yaa mbak. Benar-benar mendukung anak untuk tumbuh tinggi, tangguh, dan tanggap yaa..

  23. kalo mau anak2 sehat dan tumbuh tinggi, terhindar dari stunting, memang penjagaannya kudu dimulai sejak dalam kandungan ya mbak. kalau sudah gede begini, asupan nutrisinya yang perlu diperhatikan, dari makannan dan minumannya 😀

  24. Senangnyaa…
    Cita-cita Fahmi ingin menjadi orang tinggi.
    In syaa Allah tinggi badannya, ilmunya, kebaikannya…aamiin~

  25. Mbak Okti,
    Aku sampai ga bisa menuliskan kata-kata.

    Saat hamil mengidam naik gunung. MashaaAllah. Sungguh Allah memudahkan semua ya, Mbak.

    Saya sebagai yang pernah mendaki di masa muda (eh sekarang juga sih), semasa kuliah, membayangkan lelah dan beratnya medan yang ditempuh, pendaki harus punya persiapan yang matang.

    Fahmi, tentu sudah sangat dekat dengan alam terlebih lagi gunung ya.
    Semoga engkau menjadi sosok yang tangguh dan tak pantang menyerah ya, Nak.

  26. Wah keren sekali sejak kecil Fahmi sudah mendaki gunung. Tentunya dia bisa terus mendaki sampai usia sekarang karena gizi dari susu yang diminumnya juga ya. Anak yang hebat. Semoga jadi pecinta alam dan berkarya bagi lingkungan hidup.

  27. Wah… keren! Sekecil itu sudah jadi pendaki. Tapi menurut saya, jawaban anak mbak itu justru mengharukan, lho Mbak. Berarti ia menjadikan ayahnya role model, makanya pingin jadi tinggi kayak ayah. Masya Allah… so sweet banget itu 🙂

  28. Saya gagal fokus sama foto campingya mba. Jd pengen camping euyyy

  29. Aku kok senyum-senyum sendiri baca cerita ngidam Teh Okti. Begini ya ngidamnya pendaki. Perut buncit malah asyik naik gunung.

    Kalau aku lebih suka laut jadi dua kali hamil, dua kali pula snorkeling. Alhamdulillah sehat!

  30. Dengan nutrisi lengkap yang terpenuhi dan rutin berolahraga insyaallah tumbuh kembang anak terjaga ya mba. Dulu aku suka banget minum susu indomilk yang coklat, jadi kangen euy

  31. Iyes bener kalau seduh susu bubuk sebaiknya pakai air hangat dengan suhu tertentu soalnya msh banyak yang langsung masukin air mendidih yang malah berptensi merusak nutrisi susunya ya.

  32. Wah beruntungnya fahmi punya bunda yg pengertian, selain menjaga pola asuh, pola makan serta perku istirahat dan nutrissi yg tepat ya kak

  33. Wah salut sama fahmi yg udah bisa ngedaki mbaa, selain memerhatikan asupan gizi ternyata pola tidur juga harus diperhatikan. ^^

  34. Anakku juga paling demen minum susu yang rasa cokelat, biasanya dia yang selalu pilih sendiri susunya. Kalau aku memang mewajibakan anggota keluarga di rumah selalu minum susu setiap hari.

  35. Nutrisi pastinya jadi faktor yang sangat penting yaaa teh untuk kita mewujudkan minat/cita-cita anak tuh. Selain itu, pastinya mengenali minat/potensinya sejak dini juga bagus tuh, jadi kita bisa fokus di strengthnya dia. Anak jaman now memang harus tinggi, tangguh dan tanggap.

  36. Waah, Mas Fahmi sudah terbukti tangguh yaaa. Bener nih, kita maksimalkan upaya apa yang kita bisa, supaya tumbuh kembang anak juga maksimal, salah satunya lewat asupan gizi yang tepat.

  37. Tentunya menjadi pencapaian luarbiasa buat semua orangtua melihat tumbuh kembang anak yang optimal, tinggi, tangguh & tanggap

  38. Untuk mewujudkan anak yang tinggi tangguh dan tanggap memang dibutuhkan peran aktif orangtua untuk mencari dan memberikan asupan nutrisi yang sesuai dengan tumbuh kembang anak ya.. jadi bisa terpantau tumbuh kembang anaknya..

  39. Masya Allah tabarakallah Fahmi, anak tangguh hehe. Btw mendengar cerita Fahmi yang masuk SD usia 5 tahun mengingatkanku pada diriku teh. Akupun masuk SD usia 5 tahun, awalnya niatnya dititip eh ternyata naik kelas alhamdulillah 😀

    Sepakat, anak lelaki kalau bisa tinggi yah hehe. Harus didukung stimulasi dan nutrisi yang tepat.

  40. wah milih susu buat anak juga gak bisa sembarangan yaaa susu andalan nih dari jaman sekolah dulu hehehe

  41. Aku baru tahu kalo indomilk ada versi bubuk. Kayaknya aku harus coba deh, mengingat aku suka banget sama rasa indomilk. Yang coklat enak sih kayaknya

  42. Fenni Bungsu says

    Apapun cita-cita dede Fahmy, yang penting jadi anak baik yang membanggakan kedua orangtuanya, dan jangan lupa rajin belajar serta minum susu

  43. Nutrisi yang baik tentu akan mendukung tumbuh tegap tanggap anak. Beryukur susu bubuk indomilk siap menemani tumbuh kembangnya ya.

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: