Ibu Kota Indonesia Pindah, Ini Nasib Gedung Pemerintahan di Jakarta

Ibu Kota Indonesia Pindah, Ini Nasib Gedung Pemerintahan di Jakarta

Ibu kota baru Indonesia resmi (akan) pindah ke Kalimantan Timur, tepatnya di Panajam Paser Utara dan Kukar. Sehingga, nantinya kota Jakarta akan menjadi pusat ekonomi dan bukan pusat pemerintahan lagi. Namun, bagaimana dengan gedung-gedung bekas kantor pemerintahan yang ada di kota Jakarta?

Pasalnya, gedung-gedung, lembaga, kantor serta badan pemerintahan di Jakarta, jumlahnya tidak sedikit. Nah, dihimpun dari berbagai sumber, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf, mengatakan bahwa gedung-gedung pemerintahan di Jakarta akan digunakan sebagai tempat-tempat usaha.

Namun, hal ini pun masih dalam proses pembahasan. Dimana perubahan fungsi gedung masih dalam tahap pembuatan skema-skema, yang sedang dipikirkan pemerintah. Terlebih, pindahnya ibu kota Indonesia, juga akan menjadikan Jakarta mendapat kesempatan yang lebih luas untuk hal lainnya, seperti dibidang ekonomi.

Pemerintah akan siapkan RUU terkait pemindahan ibu kota baru Indonesia

Pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan Timur, tentunya tidak dilakukan sembarangan. UU yang akan dibuat tentunya terkait ibu kota baru beserta status Jakarta yang baru. Pasalnya, pemindahan sebuah ibu kota juga perlu payung hukum.

Tidak hanya masalah hukum yang akan dibuat dalam UU, pemerintah juga akan membentuk sebuah badan khusus untuk menangani pembangunan di wilayah Kalimantan Timur, sekaligus badan untuk pengurusan pemindahan ibu kota baru Indonesia.

Alasan Presiden Ibu Kota Baru Indonesia Harus Pindah

Salah satu alasan ibu kota baru Indonesia harus pindah ke Panajam Paser Utara, Kalimantan Timur adalah karena beban Jakarta, yang sudah sangat padat. Dihimpun dari berbagai sumber, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Jakarta sudah sangat berat untuk menjadi pusat pemerintahan sekaligus bisnis.

Bahkan, beratnya beban itu, sampai menyebabkan masalah perkotaan, seperti kemacetan, polusi udara, dan banjir. Tidak hanya itu, Jokowi juga membeberkan beberapa alasan mengapa ibu kota baru Indonesia pindah ke Kalimantan Timur. Karena, di Kalimantan Timur merupakan wilayah yang risiko bencananya rendah, seperti gempa bumi, banjir, tsunami, gunung berapi, longsor dan lain-lain.

Selain itu, Kalimantan Timur juga merupakan tempat yang strategis. Karena berada di tengah-tengah Indonesia, dan dekat denan wilayah kota yang berkembang, yakni Balikpapan dan Samarinda.

Indrastruktur serta lahan untuk pemerintan yang luas yakni tersedia 158 ribu hektare , juga merupakan salah satu dari alasan ibu kota baru Indonesia pindah ke Kalimantan Timur.

Tidak hanya Indonesia, Beberapa Negara Ini juga Pindahkan Ibukotanya

1. Kazakhstan

Tahun 1997 Kazakhstan memindahkan ibu kotanya dari Almaty ke Astana, yang kemudian ibu kota baru tersebut berubah menjadi Nur-Sultan. Alasan negara ini pindahkan ibu kotanya adalah karena strategis, keamanan, serta risiko bencana yang kecil.

2. Nigeria

Negara ini memindahkan ibu kota barunya pada tahun 1991, dari Lagos ke Abudja. Hal tersebut dilakukan karena, kepadatan penduduk di ibu kota lama, keamanan konflik etnis, serta letak geografis yang strategis.

3. Belize

Masih sama, Belize juga memindahkan ibu kotanya dari kota Belize ke Belmopan pada tahun 1970, karena kota Belize sering terjadi bencana. Salah satunya becanda Badai Hattie yang merusak kota tersebut pada tahun 1961.

4. Tanzania

Negara tersebut pindahkan ibu kota dari Dar es Salaam ke Dodoma pada tahun 1974. Tidak murah, negara ini mengahibskan biaya perpindahan ibu kota pada saat itu hingga mencapai 186 juta poundsterling, setelah dilakukannya referendum partai nasional. Ibu kota baru di Dodoma, dinilai lebih memiliki iklim yang baik ketimbang ibu kota lama.

 

Nah, itu dia beberapa alasan ibu kota baru Indonesia pindah ke Kalimantan Timur yang letak geografisnya lebih aman ketimbang Jakarta. Namun, apakah kamu tahun fakta-fakta pindanya ibu kota baru Indonesia selain alasan geografis?

Kita bisa ketahui informasi selengkapnya terkait fakta-fakta pindahnya ibu kota baru Indonesia berikut ini: https://www.cekaja.com/info/ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur-ini-fakta-faktanya/

Comments

  1. Bakalan seperti apa ya nantinya Jakarta, padahal baru dua kali kesana dan belum kesampaian buat melihat monumen yang menjadi icon ibukota Jakarta.

  2. Pemindahan ibu kota pasti ada pro dan kontra, ada sisi positif dan negatif. Tapi, tentunya pemerintah sudah memikirkan semua itu. Kalau gedung-gedung pemerintahan mungkin bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang bernilai positif,

  3. Ibu kota Jakarta akan pindah ke Kalimantan, mungkin Pemerintah punya kebijakan lain terhadap kota Jakarta yang akan datang, kita lihat saja perkembangan selanjutnya

    • Sebagai orang kalimantan sebenarnya agak gimana gitu ibukota dipindah ke sini. Apakah nanti cuma pemerintahannya aja yang dipindah atau semua-mua urusan di jakarta yang dipindah ke kalimantan. Pastinya bakal memakan banyak biaya dan waktu yang tidak sebentar. Ngomong-ngomong saya baru tahu nih ada negara Beleza. Heu

  4. Wiwin | pratiwanggini.net says

    Kalaupun itu sebuah keputusan, semoga adalah keputusan yang baik dan sudah dipikirkan masak-masak demi rakyat Indonesia.

  5. Umm, aku jadi merasa lebih banyak lagi tugas pemerintah yang harus dikerjakan ketika Ibukota pindah.
    Jangankan scope yang besar, pindahan rumah aja menatanya butuh beberapa bulan hingga tahun.

  6. Butuh waktu dan proses ya teteh untuuk memindahkan pemerintahan ya. Dan semoga apapun yang ada bisa berjalan lancar ya

  7. Saya pribadi mendukung ibukota dipindahkan. Biarkan Jakarta jadi kota bisnis, terpisah dari ibu kota. Negara maju banyak yang seperti ini. Harapan saya, apapun alasannya, semoga hutan Kalimantan bisa tetap terjaga sebagai paru-paru dunia. Malah harusnya semakin terjaga karena jadi semakin dekat dengan ibukota bila jadi dipindahkan

  8. Alhamdulillah ibukota ngga pindah ke Bogor teh 🙂

  9. Agatha Revindra Widori says

    Semoga segala sesuatu yang akan dilaksanakan Pemerintah berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi seluruh Rakyat Indonesia ya Mba.

  10. Gedung-gedung pemerintahan yang besar-besar itu bakalan jadi modal bisnis kali ya mbak. Tapi lagi berpikir, kalau Ibu Kota pindah bisa jadi bisnis juga pindah kali ya hehe #dilema

  11. Kira-kira realisasinya jadi kapan yaa pindahnya

    Klo kata gub dki, nanti gedung2 tsb dimanfaatkan u/ ruang publik

  12. Aku setuju aja kalo ibukota pindah dan Jakarta jadi Kota bisnis. Soalnya emang udah padat banget penduduknya. Jadi macet dan polusi.

  13. Nuhun teh sharing info nya berkaitan dengan kepindahan ibukota ini k Kaltim. Sesungguhnya karena suami d salah satu yg kemungkinan akan terkena dampak perpindahan, aku bismillah aja deh

  14. Aku mau bikin blog ttg Jakarta pindah ibu kota belum kesampaian, kece bgt mba

  15. Semua butuh proses yah kalo ibukota pindah dan semoga berjalan lancar dengan baik

  16. aku pribadi mendukung ibukota pindah ke kalimantan karena memang biar lebih efektif dan mengurangi kepadatan di Jakarta

  17. Mungkin ada baiknya ya pindah ibukota, sehingga Jakarta menjadi tidak terlalu padat

  18. aku termasuk setuju aja ibukota pindah, soalnya jakarta terlalu padat. pro kontra pastinya, apapun itu semoga lebih baik kedepannya

Speak Your Mind

*