My Sophisticated 2021 Resolution: Asus ZenBook Flip S (UX371)

My Sophisticated 2021 Resolution

Resolusi mutakhir tahun lalu ini berhasil mengantarkan saya dan keluarga keluar dari musibah kekalutan tidak berujung. Bagaimana tidak, akhir 2019 memberikan pelajaran pada saya supaya bisa beradaptasi dengan kondisi terburuk. Suami kecelakaan dan lengan kirinya patah, ditambah rumah kemasukan pencuri, saat saya menemani suami menjalani terapi dan pengobatan di luar kota, hingga semua isi rumah habis, mulai barang berharga, pakaian, perabot dapur sampai mainan anak semua raib tidak bersisa.

Sungguh tidak mudah buat saya dan keluarga bisa bertahan dan sampai di tahun 2020 yang mengajarkan banyak arti kesabaran. Sabar dan tetap semangat mengais rezeki dalam kondisi pandemi demi bisa tetap makan nasi. Sabar menghadapi emosi dan keputusasaan suami yang kerap menyalahkan dirinya sebagai penyebab semua musibah yang menimpa. Sabar tetap berusaha belajar berpijak di atas kaki sendiri meski tidak jarang kami terseok dan nyaris ambruk. Saya percaya kekuatan selalu datang jika dalam hati masih menaruh harapan. Bersandar pada resolusi jetset itu…

Resolusi saat pandemi

Tahun 2020 sungguh adalah kesempatan terbaik untuk saya bisa belajar legowo dalam menghadapi semua ujian. Hidup seadanya dengan harta yang masih tersisa. Tetap optimis meski segala usaha berujung tekor karena adanya pemberlakuan PSBB dan daya beli menurun drastis.

Tidak akan lupa ketika mendekap anak yang menangis ingin jajan sampai tertidurnya, sementara pikiran saya sangat kacau mengingat kebutuhan hidup sangat banyak, saya menuliskan resolusi yang mana kesemuanya mencerminkan bagaimana hancurnya kondisi keuangan saya dan keluarga saat itu. Resolusi itu saya kejar semaksimal mungkin walau belum goal semuanya.

Resolusi 2021

1. Belajar manajemen konflik dengan pasangan

2. Menyisihkan uang untuk keperluan mendesak/ keluarga

3. Tidak meminjamkan uang

4. Tidak tergiur pinjaman online

5. Memaksimalkan modal minim 

Resolusi nomor satu sampai empat sudah berhasil saya kerjakan. Hasilnya mungkin relatif, tapi bagi ukuran saya apa yang sudah saya upayakan itu sudah jauh lebih baik. Resolution completed.

Untuk resolusi nomor lima –memaksimalkan pencapaian meski modal pas-pasan– harus saya akui ini tidak semudah yang dikira. Jatuh bangun hingga berdarah-darah saya melakukannya demi bisa mendapatkan penghasilan yang halal.

Galau boleh, tapi resolusi tetap gaskeun

Pandemi entah kapan berakhir, tapi kehidupan terus berlangsung. Barang di rumah yang sudah raib digondol maling tidak mungkin secepatnya bisa tergantikan. Perhiasan, gadget dan peralatan elektronik memang incaran utama para pencuri. Tapi bukan lantas setelah kehilangan semua itu jadi alasan saya tidak bisa mencari penghasilan tambahan. Meski hanya bermodalkan smartphone jika diseriusi dan tidak malu bertanya, hasilnya toh not bad juga.

Masih ada rezeki yang bisa saya dapat dari modal menulis menggunakan hp. Ikut webinar blogger gathering, content placement, sponsor post, dan masih banyak lagi. Recehan memang, tapi setelah saya tukar dengan beras, lebih dari lima liter setiap kali fee ditransfer, itu bisa memperpanjang “usia” kami beberapa hari ke depan…

Modal untuk mencari penghasilan tambahan saya sekembalinya dari usaha ripuh alias kuli di luar negeri asalnya adalah laptop Asus tipe X81S yang sudah menemani saya menulis sepuluh tahun lebih sejak saya membelinya tahun 2009 di Taiwan. Setelah dicuri beserta barang lainnya, saya memang belum mampu mendapatkan gantinya.

Asus yang saya beli di Taipei, tinggal kenangan karena hilang

Ini laptop Asus jadul yang sangat berjasa. Sepuluh tahun lebih bersama, bahkan kisahnya #10YearsChallenge sempat memenangkan lomba Asus juga, akhirnya harus berpisah karena hilang dicuri.

Namun ide di kepala ini, tidak bisa diabaikan begitu saja. Meski yang tersisa di tangan saya hanya Smartphone Asus Zenfone Max M2, gadget yang meski sering ngeload karena memori selalu hampir penuh tapi bisa saya andalkan sebagai partner kerja yang sabarnya luar biasa ini, jasanya tidak kalah hebat.

Berpikir di tahun 2021 ini kami mulai bisa berbenah. 2021 adalah tahun pembuktian bahwa saya sudah terlatih menghadapi segala kesulitan. Tahun ini dengan tidak bermaksud menyombongkan diri, goal demi goal terus saya kumpulkan. Resolusi jetset saya yang belum maksimal di 2021 ini mungkin hanya soal finansial.

Jangan pesimis, terus saja berusaha

Sejak kemalingan di tahun 2019 menulis menggunakan hp jadi pelarian dari semua keluh kesah saya sebagai seorang ibu, istri, tukang jualan jajanan anak dan seorang blogger ala-ala. Ditambah aktivitas di tahun 2020 saat anak mendapat sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), hp saya mulai banyak ngambek mungkin karena memori yang hampir habis.

Tapi saya tidak menyerah. Bukankah sejak tahun 2019 saya sudah belajar banyak menghadapi hal yang lebih dalam dari sebuah musibah? Selagi masih bisa dipergunakan, cukup dengan sabar dan syukur, hp ini tetap bisa menyumbangkan penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kendala boleh datang dan pergi, tapi niat dan kesungguhan untuk terus meningkatkan ilmu dan kemampuan tetap tumbuh. Apalagi setiap saat selalu muncul informasi kedatangan gadget keluaran terbaru yang selalu dibarengi dengan kelebihannya. Bikin saya ngiler untuk bisa memiliki salah satunya.

Moodbuster kreativitas

Seperti Asus yang awal tahun 2021 ini mengeluarkan ZenBook Flip S dengan ciri tersendiri gabungan antara kecanggihan dan desain yang membuatnya lebih diminati. ZenBook Flip S sangat ringkas ditambah engsel layar bisa diputar 360°. Makin serbaguna dibarengi prosesor Intel® Core™ Generasi ke-11 dan grafis Intel® Iris® Xe yang membuat kinerja pemiliknya makin produktivitas saat sedang bepergian sekalipun.

Kecanggihan dan kemewahan laptop convertible sumber asus.com

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

PC modern juga dilengkapi dengan pena digital yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan khas tercipta saat Anda membuat sketsa atau coretan pada dokumen dengan pena digital. Penelitian juga menemukan adanya peningkatan kinerja hingga 38% pada pelajar ketika mereka menggunakan pena digital untuk mengerjakan soal-soal sains. Tidak semua ide berupa kalimat, kini saatnya untuk tuangkan inspirasi segera dalam sketsa atau coretan pena digital di PC modern.

Tiga laptop series ZenBook terbaru milik Asus yang diperkenalkan saat peluncuran “Built For Brilliance”, adalah ZenBook Flip S (UX371), ZenBook Flip 13 (UX363), dan ZenBook S (UX393). Ketiganya itu laptop premium yang dirancang supaya penggunanya lebih produktif dan tetap sehat.

Kalau boleh menghayal nih, sophisticated resolution saya di tahun 2021 ini akan goal maksimal jika dibarengi salah satu ZenBook series. Bahasa mudahnya, cari duit bisa lebih mudah kalau punya salah satu series dari Asus ZenBook Flip S ini buat mendukung pekerjaan. Modal dengan hp doang, saya bisa cari uang, apalagi kalau didukung dengan gadget mumpuni? Meski saya bukan pekerja kreatif kelas expert, tapi siapa yang tidak tergoda dengan berbagai kelebihan dari produk Asus? Saya sih kesengsrem sama ZenBook Flip S (UX371) karena saya ingin semakin produktif dan semakin sehat juga.

Asus ZenBook Flip S (UX371)

Saat pandemi laptop banyak diperlukan demi kelancaran pekerjaan komputasi. Laptop standar saja untuk tuntutan kebutuhan jaman now jelas tidak cukup. Sekarang jamannya menggunakan perangkat yang lebih intuitif misalnya pen tablet. Solusinya ada pada laptop convertible yang layarnya bisa diputar 360°.

Layar ZenBook Flip S (UX371) bisa dipakai bolak balik! Layarnya bisa diputar 360°. Sumber gambar review @picelmediagroup

Sumber asus.com

Asus sebagai produsen laptop paling inovatif tahun 2020 menurut PCMag memiliki ZenBook Flip S sebagai jawabannya. Makanya di tahun 2021 ini Asus mengeluarkan ZenBook Flip S (UX371).

Apa kelebihan ZenBook Flip S (UX371)?

Layarnya sempurna

Dilengkapi panel layar OLED dengan resolusi mencapai 4K cocok untuk insan kreatif seperti ilustrator, komikus, dan atau fotografer karena OLED memberikan kualitas dan akurasi warna lebih baik. Layar yang bisa diputar 360° bisa digunakan fleksibel baik mode laptop maupun mode tablet.

Layar sentuh ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi dengan stylus pen 4096 pressure level yang didukung Windows Ink, membuat laptop ini bisa dioperasikan seperti kanvas digital saja. Pena digital ini akan mempermudah para insan kreatif untuk mencurat-coret secara langsung di atas layar laptop, menuangkan ide dan pemikiran dengan lebih cepat. Ilustrator mana yang tidak tergiur untuk mencobanya?

Lihat, laptop ini sudah seperti kanvas saja. Dengan styluspen ini insan kreatif diharapkan makin moncer berkaryanya. Sumber review @picelmediagroup

Selain tampilan layar dibuat maksimal, pengguna tetap aman tidak khawatir dengan kesehatan mata sebab Asus ZenBook Flip S (UX371) ini sudah mendapat sertifikasi dari TÜV Rheinland yang menyatakan minim emisi gelombang cahaya biru. Tidak ada efek flicker sehingga pengguna tidak akan merasakan pedih mata atau mata lelah meski sekian lama mengoperasikannya.

 

Designnya mewah

Bentuk sudut dari ZenBook Flip S (UX731) dibuat unik menyerupai potongan bentuk berlian atau yang disebut diamond cut design. Mewah, bukan? Masih ada, untuk menambah kesan wah, Asus menambahkan juga design premium dengan garis warna tembaga yang mengelilingi body laptop. Garis yang disebut red copper itu bisa jadi pembeda ZenBook Flip S (UX731) dengan perangkat lainnya ketika terlihat dari jauh.

Perhatikan sudut laptop yang dibuat mewah bak potongan berlian. Itu namanya diamond cut design. Garis berwarna tembaga yang mengelilingi itu istilahnya red copper. Membuat tampilan ZenBook Flip S (UX371) makin mewah, ya? Sumber asus.com

Sesuai dengan namanya, ZenBook Flip S (UX371) – huruf S pada ZenBook Flip S (UX371) artinya slim dan sophisticated (tipis dan mewah)—ketebalan body ZenBook Flip S (UX371) hanya di kisaran 11,9mm dan berat 1,2kg saja.

Meski begitu, perlu diketahui kalau ZenBook Flip S (UX371) sebenarnya bukan laptop convertible paling tipis lho, ya. Karena Asus lebih mementingkan kenyamanan penggunanya, dimana kelengkapan port lebih diutamakan. Selain dibekali dua port USB type-C yang didukung koneksi thunderbolt 4, ZenBook Flip S (UX371) juga dilengkapi USB type-A 3.2 dan HDMI. Dua port terakhir itu tidak ditemukan dalam laptop sejenis karena mereka lebih mementingkan ketipisannya. Tanpa memikirkan pengguna yang kerepotan harus membeli lagi dongle.

 

Kenyamanan dan ergonomisnya

Teknologi 360 ErgoLift Hinge yang dimiliki ZenBook Flip S (UX371) membuat posisi mengetik makin ergonomis. Belum fitur tambahan lainnya seperti fitur Edge-to-edge keyboard. Dimana papan tik yang terbaru dari ZenBook Flip S (UX371) didesign lebih lebar, ukuran tombol pun lebih luas. Pengalaman kenyamanan mengetik yang tidak akan ditemukan di laptop lainnya.

Keypad tampak lebih luas. Tombol lebih lebar. Kenyamanan mengetik jadi pengalaman yang tidak ditemukan di perangkat sejenis lainnya. Sumber asus.com

Tampillan keypad, review dari @picelmediagroup

Masih ada touchpad fitur NomberPad 2.0 yang bisa mengubah fungsi touchpad jadi numpad dalam sekali sentuh saja.

 

Konektivitasnya lengkap

WiFi 6 yang dilengkapi fitur WiFi Stabilizer dan fitur WiFi Smart Connect. Jelasnya, dengan adanya fitur tersebut, pengguna ZenBook Flip S (UX371) bisa mendeteksi sinyal secara maksimal lalu menghubungkannya k sumber sinyal (router) dengan optimal. Konektivitas terbaik pun bisa didapatkan meski penggunaan pindah-pindah lokasi.

 

Menunjang WFH

Sudah jelas spesifikasi ZenBook Flip S (UX371) mumpuni dan mobilitas tinggi karena bodynya yang sangat ringkas. Ditambah fitur terbaru penunjang bekerja dari rumah seperti kamera dan mikrofon.

Jadi kamera pada ZenBook Flip S (UX371) dilengkapi teknologi IR camera-tuning yaitu teknologi yang menghadirkan kamera infra merah sehingga menghasilkan gambar lebih baik, sekaligus memiliki kemampuan memindai wajah yang didukung oleh fitur Windows Hello.

Pengguna ZenBook Flip S (UX371) tidak harus menggunakan password yang jaman sekarang mudah sekali dicuri. Cukup menggunakan pemindai wajah secara presisi saja. Hasilnya baik meski kondisi kurang cahaya.

Fitur yang penting lainnya saat bekerja dari rumah adalah mikrofon untuk keperluan panggilan atau video conference. Array microphone yang didukung oleh teknologi al noice cancelling dapat meredam suara ribut-ribut di sekitar dan memperjelas suara kita.

Performanya terbaik

Tenaga Asus ZenBook Flip S (UX371) ditunjang oleh prosesor 11th Gen Intel Core. Lebih unggul dibandingkan generasi sebelumnya baik dari performa CPU-nya maupun dari performa grafisnya yang sudah didukung Intel Iris Xe Graphics terbaru.

ZenBook Flip S (UX371) dengan prosesor Intel Core -i7-116567 yang ditenagai oleh GPU makin gesit dan powerful untuk sebuah ultrabook convertible yang ringkas. Untuk insan kreatif, kombinasi performa CPU dan performa grafis sangat penting, karena insan kreatif yang menggunakan canvas digital ini membutuhkan keunggulan keduanya.

Stylus pen untuk laptop rasa tablet dari Asus ZenBook Flip S (UX371)

Dengan penyimpanan solid-state drive (SSD) sebesar 1TB ditambah kecanggihan teknologi M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD membuat kecepatan, keamanan dan ketahanan ZenBook Flip S (UX371) mampu bertahan lama.

Performa ZenBook Flip S (UX371) ini juga makin moncer manakala bisa bekerja secara responsif dengan kekuatan baterai yang bisa bertahan sampai 10 jam nonstop untuk menjalankan aplikasi pekerjaan kantor. Tidak takut kepanasan saat dipakai terus-menerus, sistem pendingin ZenBook Flip S (UX371) dipersiapkan untuk menjaga suhu laptop convertible ini stabil di kisaran 65°C.

Masih banyak lagi keunggulan dari ZenBook Flip S (UX371) ini yang tidak cukup disebutkan semuanya disini. Kita lihat keunggulan utamanya dalam tabel berikut ya:

 

 

Tidak berlebihan kalau ZenBook Flip S (UX371) saya harapkan juga jadi penunjang keberhasilan resolusi jetset 2021 saya. Ya… Meski saya bukan insan kreatif, hanya seorang kustomer Asus yang memiliki sophisticated resolusi di tahun ini saja.

Cara Saya Mencapai Sophisticated Resolusi 2021

Realistis

Resolusi yang saya tuliskan, bukan sekadar kata mutiara. Tapi saya perlu berusaha keras agar resolusi dapat terwujud. Membuat resolusi yang realistis dan bisa diusahakan, adalah cara saya memacu diri untuk bisa semaksimal mungkin meraihnya. Jangan buat target resolusi terlalu tinggi, buat apa kalau ujungnya hanya membebani dan saya malah jadi tidak bersemangat?

Pembagian waktu resolusi

Imbangi resolusi tahunan dengan resolusi jangka pendek. Dengan keberhasilan mencapai resolusi mingguan atau bulanan, semangat untuk mencapai resolusi jangka panjang tetap terjaga… Karena jika kita berhasil mencapai resolusi jangka pendek, motivasi dalam diri akan tetap terus muncul.

Arsip resolusi

Buat catatan khusus menyimpan berbagai macam resolusi. Bisa dibuku, blog, atau media sosial. Beri ilustrasi menarik, atau foto diri dan orang terdekat sebagai penyemangat sehingga semangat mencapai cita terus tumbuh. Seperti saya, mengabadikan sophisticated resolusi dalam artikel ini. Diharapkan, selain ada semangat diri yang terus terjaga manakala membacanya, juga ada dorongan doa dan support dari teman-teman semuanya…

 

“Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ZenBook Flip S (UX371) Blog Writing Competition bersama deddyhuang.com”.

 

Comments

  1. Terima kasih ya kak sudah ikut berpartisipasi dalam ASUS Blogging Competition bersama deddyhuang.com

    Good luck!

  2. salah satu laptop yg idaman selain macbook hehe
    jikalau tidak berencana beli macbook, mungkin laptop ini jadi salah satu pelarian wkwk

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: