Gadgetku Tulang Punggungku

Ya Tuhan, baterainya ternyata hamil! Pantesan pelindung silikon pecah dan penutup ponsel tidak bisa menutup rapi…

Termenung memikirkannya. Ini kan baterai tanam. Saya tidak pernah kepikiran kalau baterai bawaan pada hape Asus Zenfone Max Pro M2 ini bisa menggelembung begitu. Hamil, istilah nyeleneh kami untuk baterai yang menggelembung.

Cari gadget di carisinyal.com

Apakah ada dijual baterai cadangannya? Yah, paling tidak untuk memperpanjang usia ponsel ini. Supaya tetap bisa dipakai dengan nyaman. Soalnya hape ini kan satu-satunya gadget sebagai alat kerja. Saya masih membutuhkan kinerjanya sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan, secara untuk membeli hape baru, belum tahu dari mana uangnya.

Meski kesulitan memegang hape karena bagian belakangnya tidak tertutup rapat, saya segera mengetik carisinyal.com di kolom pencarian. Saya perlu mencari berbagai informasi terkait gadget dan sparepart-nya ini. Selama ini kalau ada masalah dengan gadget, saya menjadikan carisinyal.com sebagai rujukan dalam mendapatkan informasi hape maupun laptop.

Jadi dulu saya juga sempat punya laptop, dua buah malah. Satu Asus tipe X81S saya beli saat menjadi TKW di Taiwan, satu lagi Asus ZenBook UX433, hadiah lomba blog yang diselenggarakan Asus dan blog travelerien.com miliknya Mbak Katerina.

Saya ini gagap teknologi. Jadi ada hal tidak dimengerti berkaitan dengan ponsel atau laptop selalu cari informasi dari situs resmi seperti carisinyal.com ini.

Carisinyal.com menyediakan berbagai informasi terkait gadget dan teknologi

 

Dulu memiliki laptop bukan karena saya memerlukan, tapi kebetulan majikan di Taiwan baik, melihat saya suka membaca dan menulis (di rumah majikan ada perpustakaan, dan saya pakai waktu istirahat untuk baca dan menulis di sana) ia menyarankan saya belajar nulis di internet. Memang saat itu teman-teman di Hongkong udah pada punya akun blog di Multiply. Saya pun mencoba dan ternyata ketagihan.

Dunia seakan terbuka. Bisa kenalan jumpa dengan blogger kawakan tanah air, yang masih sama-sama punya rumah maya di Multiply –sebelum akhirnya hangus kena gusur– lalu muncul Facebook dan media lainnya. Karena tidak enak menggunakan komputer majikan terus, saya pun membeli laptop Asus tipe X81S. Rezeki tidak terduga, setelah membeli komputer, di kamar muncul WiFi yang tidak menggunakan password alias gratis. Subhanallah bahagianya. Sayapun lebih giat belajar berlatih terkait dunia tulis menulis –yang memang sejak sekolah sudah saya sukai– tanpa harus menunggu libur untuk ke perpustakaan kota demi mendapatkan sinyal internet cuma-cuma.

 

Baca ya #10YearsChallenge: Asus Jadulku dan Asus hadiahku

 

Kegiatan tulis menulis ini mengantarkan saya jadi kontributor media cetak Bahasa Indonesia di Taiwan dan Hongkong. Sampai saya finish contrack, pulang kampung dan menikah, saya masih menulis. Sambil menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi internet dan media online yang mulai masuk ke pedesaan pastinya.

Sepuluh tahun bersama laptop Asus X81S banyak fitur yang sudah tidak kompatibel lagi dengan kondisi kekinian. Sepertinya laptop jadul ini sudah harus diistirahatkan. Tapi karena belum ada penggantinya ya tetap dipaksakan.

Tetap menulis di berbagai platform, blog keroyokan maupun beli domain sendiri meski masih belum bisa maksimal dalam memonetisasi blog. Pemasukan hanya dari ikut lomba blog, itupun kalau jadi juara. Seperti lomba blog berhadiah Asus ZenBook UX433 tahun 2019. Akhirnya laptop dari Taiwan pun bisa beristirahat.

Review laptop di carisinyal.com

 

Tapi belum lama sayang-sayangan dengan laptop baru ini, sekitar enam bulan kemudian saat suami kecelakaan patah tangan dan melakukan perawatan rutin ke ahli tulang di Sukabumi selama sebulan lebih, rumah kami di Cianjur dibobol maling. Semua isi rumah raib, termasuk laptop jadul dan laptop hadiah itu. Jangankan alat elektronik, pakaian dan perabot dapur pun semua diangkut! Sampai mainan anak juga ikut dibawanya. Itu maling percis orang pindahan saja. Semua isi rumah digasaknya. Hikz!

 

Baca: Hancurnya Ketika Seisi Rumah Dicuri Maling

 

Barang berharga yang tersisa hanya hape Asus Zenfone Max Pro M2 ini dan hape suami karena kami membawanya ke tempat pengobatan. Sampai sekarang ponsel inilah yang jadi tulang punggung sekaligus belahan jiwa saya, karena belum bisa mendapatkan laptop pengganti. Kalau pun ada rezeki saya mendahulukan membeli keperluan anak dan perabot rumah yang sangat dibutuhkan.

 

Hape Asus Zenfone Max Pro M2 ini pun kembali saya forsir untuk bekerja. Siang malam dipacu untuk melahirkan tulisan, mengeksplorasi blog dan sosmed, bikin konten foto dan video, sampai sering nge-hang karena setiap pagi siang sampai malam selalu dipakai.

Tidak pernah kehabisan baterai karena sebelum habis saya sudah mencharge-nya. Ya, ngecash sambil dipakai, gitu. Soalnya nunggu baterai penuh kelamaan, tidak keburu mengejar deadline. Apalagi kalau ada acara webinar zoom, paling sedikit dua jam ponsel harus siap standby. Akhirnya nonstop hape ini dipakai menulis, campaign, konten foto dan video sampai nge-draf berbagai artikel.

Itulah sebabnya mungkin baterainya cepat aus karena ngambek sekaligus kelelahan. Makanya jadi hamil, eh baterainya menggelembung dan kinerjanya jadi tidak maksimal. Duh, kalau hape ini rusak, bagaimana bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan tambahan?

Suami saya seorang guru di sekolah yang lokasinya berada di perbatasan Bandung Cianjur bagian selatan. Tahu sendiri gaji seorang guru honorer seberapa… Untuk biaya makan kami saja kurang. Saya membantu mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi freelancer, blogger, buzzer, influencer. Apapun pokoknya halal dan bisa saya lakukan dari rumah disambil mengurus anak dan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Alhamdulillah sedikit demi sedikit penghasilan dari ngeblog dan influencer bisa membantu kebutuhan kami. Bayar internet, listrik, PAM, dan sesekali beli makanan enak permintaan anak bisa saya penuhi manakala fee sudah cair.

Buat yang lain ngeblog itu mungkin cuma hobi. Ambil job pastinya diseleksi. Ngapain ambil job receh-receh sementara punya pekerjaan mapan gajinya ribuan kali lipat dari fee yang ditawarkan. Ngapain susah ngejar page view atau insight gede, toh uang bulanan dari gaji suami juga lebih dari mencukupi. Tapi bagi saya, fee 50K saja itu sudah luar biasa. Bisa memperpanjang kuota, melunasi tagihan listrik, bahkan nabung cadangan dana darurat.

Makanya kalau hape ini rusak, ibaratnya kehilangan tulang punggung perekonomian keluarga. Bagaimana saya bisa tetap lanjut kerja?

Saya pun gerak cepat mencari informasi tentang baterai hape kembali di carisinyal.com. Dengan cermat membaca detail jenis baterai hape dalam artikel yang disuguhkan. Ternyata ada kok dijual terpisah baterai untuk Asus Zenfone Max Pro M2 ini. Ada yang asli seharga ratusan ribu, ada yang kawe harganya cuma puluhan ribu termasuk ongkir.

Merasa tidak akan maksimal kalau cuma pakai sparepart kawe, sementara beli baterai orisinil harganya hampir setengah dari harga smartphone kekinian merek lain, kemungkinan saya coba bersabar diri untuk mengumpulkan uang, paling tidak sampai sejutaan rupiah. Mungkin beli ponsel baru saja, soalnya banyak rekomendasi informasi smartphone dari carisinyal.com yang bisa dijadikan alat kerja dengan harga sekitar satu jutaan.

Smartphone sejutaan emang ada? Yakin? Ya yakin, di carisinyal.com sebagai informasi untuk mencari rekomendasi gadget banyak diulas detail dan update. Ada banyak review mulai smartphone, laptop, aplikasi, game dan artikel lainnya. Semuanya diinformasikan secara rinci dan bahkan disertakan link menuju e-commerce terpercaya kalau mau membelinya langsung.

Informasi harga smartphone di Carisinyal.com

Tidak ragu dengan informasi review yang disampaikan carisinyal.com sebagai media informasi terkait gadget dan teknologi. Apalagi sekarang informasi gadget beneran dalam genggaman karena carisinyal sudah ada dalam bentuk aplikasinya.

Tidak takut lagi dibilang kurang update kalau sudah install carisinyal di ponsel. Tinggal klik saja berbagai macam informasi terbaik dari dunia teknologi, mulai dari smartphone, laptop, aplikasi, hingga game PC dan mobile sudah bisa kita akses.

Senangnya carisinyal menyuguhkan spesifikasi lengkap dari berbagai produk smartphone. Terdapat juga daftar harga smartphone yang selalu diperbaharui setiap bulannya jadi saya bisa menentukan target ponsel baru serta berapa tabungan yang harus dikumpulkan.

Doakan saya segera mendapatkan pengganti ponsel yang hamil eh baterainya menggelembung ini ya, wan-kawan…

 

 

Catatan: Sumber gambar screenshot dari carisinyal.com, aplikasi carisinyal dan dokumen pribadi dengan olahan aplikasi Canva

Comments

  1. Anakku juga pakai MaxPro ini Teh. Tepatnya lungsuran dari aku, saat aku akhirnya dapat ROG phone 2. Dan beberapa saat setelah dipakai anakku pun, baterai yg bermasalah. Tapi syukur masih teratasi sih. Jadi gak perlu beli baru lagi.

  2. Teh, meni kaget saya… auto baca ulang, ini baterai yang hamil atau teh Okti yang hamil, hehe…
    Aku baru tau jadi sekarang masih usum ya baterai yang melendung? Kirain kalau era-nya baterai buit in mah udah engga lagi…

    Ahh, ada Carisinyal mudah lah ya kalau mau liat2 spesifikasi dan informasi ttg gadget.

  3. Duh, mesti nyesek banget ya Teh saat laptop yang dibuat kerja malah di rampok orang, ikutan jengkel nih bacanya. Biar kena karma deh itu rampok. Semoga Teh Okti diberikan kemudahan dan kelapangan untuk membeli gadget yang lebih mumpuni, amin.

  4. Ya Allah teh, semoga segera dapat gantinya yaa teh yang lebih-lebih lagi, karena memang gadget itu berguna banget ya teh untuk dioptimalkan dan menjadi sumber penghasilan di masa pandemi gini

  5. Batere saya barusan diganti. Hanya sekitar 9 jam lebih saja, sudah ada informasi yang saya lewatkan, Teh, Memang berasa banget ya kalau HP kita sakit.
    Semoga segera ada gantinya ya.

  6. di Carisinyal lengkap baanget ya Teh info soal gadget, bisa cari mana saja dan sesuaikan dengan budget kita yaa.
    moga baterai HPnya cepat lahiran ya Teh (ada anaknya dari hasil lomba blog lagi) 🙂

  7. Wah saya juga selalu buka carisinyal.com untuk cari data, karena lengkap banget

    Kebetulan Hilman, salah satu editor nya teman Kompasianer, jadi makin betah deh

  8. Aamiin.. Itu biasanya karena sering ngecas kelamaan ya? Atau alasan kerja keras bagai quda lebih dominan?

    • Service bilang sih selalu dipakai saat dicas. Seharusnya katanya kalau ngecash hp dimatikan. Lah saya malah sambil dipakai. Ikut zoom dan buka sosmed
      Jadi panas dan rusak baterainya

  9. Nah kalo di carisinyal ada solusinya buat hape, aku jadi mau main ke situ juga ah. Kebetulan hp-ku yg udah pensiun krn matot pas kulihat batrenya hamil, pdhl sebelumnya karena mator trus kan kuservis tuh. Gak lama diservis, gak nyampe sebulan eh matot lagi.

  10. Sapti nurul hidayati says

    Gadget dan blogger memang tidak bisa dipisahkan ya mbak… Bikin hari-hari produktif. Saya juga tipe gaptek. Kalau ada apa-apa dengan HP auto panik. Untuk ada penyedia informasi tentang gadget seperti carisinyal.com ini. Bisa jadi rujukan

  11. Aku kenal teh Okti sejak masih sama-sama ngeblog di Multiply. Ya Allah udah lama banget sejak saat itu ya teh. Salut dengan laptop Asus tipe X81S yang mampu bertahan 10 tahun menemani teh Okti beraktivitas dan berkarya. Alhamdulillah berkat karya teh Okti jualah akhirnya bisa menggandeng ZenBook UX433 , walau akhirnya hilang digasak maling. Semoga Allah berikan rejeki yang luas dan lapang supaya perangkat kerja, baik laptop maupun HP bisa didapat lagi dengan cara yang indah tak terduga.

    Saya kagum dengan perjuangan teh Okti memaksimalkan perangkat yang ada untuk terus berkarya lewat tulisan yang menjadi penghasilan.. Semoga keberuntungan berpihak padamu teh. Bismillah.

    • Terimakasih Mbak Rien,
      Awalnya saya seperti orang gila karena isi rumah tinggal sampahnya. Rak piring dan piringnya aja semua diambil. Kompor dengan gas nya dibawa juga Itu alat elektronik yg dapat dari kunjungan ke pabrik susu di Jaktim, semua diambil Mbak.
      Yang lebih menyedihkan mainan anak pakaian anak dan sendal gunung anak juga dicurinya… Anak saya semingguan cuma pakai baju yg tersisa di dapur karena waktu itu kotor belum dicuci.
      Sedih Mbak, tapi saya harus bisa ikhlas. Seperti rela kehilangan semua foto dan video anak kenangan mulai hamil sampai jalan² ke Jember sebelum pandemi datang.

  12. Baru tahu saya kalo carisinyal.com juga ada jualan hapenya mulai dari harga 1 jutaan. Keren banget ya dan saya pastinya bisa dengan mudah mencari hape di situs tersebut jika sewaktu2 membutuhkan. Makasih infonya kak.

  13. Alhamdulillah ala kulli haal, kreatifitas melalui ngeblog terbantu sangat dengan Asus Zen

  14. Aku pernah hp nya gembung mulu. Tapi itu masih baterai lepasan jadi solusinya dgn beli baterai baru
    Tapi gadget sekarang rata2 baterai tanam utk perbaikannya harus dibawa ke tempat service
    Smartphoneku juga jadi andalan bgt utk mengais rejeki

  15. kalau gadget bermasalah emang bikin kita uring2 ya teh. majikan di taiwan baik banget sih. lihat cerita teh okti bikin sedih juga ya, masak maling nguras isi rumah. semoga dapat ganti berlipat2 yang teh. ikut seneng kalau teh okti bisa dapatkan kembali itu semua. Allah pasti berikan kalau kita ikhlas dan berusaha.

  16. Fenni Bungsu says

    Menjadi blogger memang perlu gadget yang mumpuni, dan cepet kalau di cas. Soalnya kadang deadline-nya berdekatan hehe
    In syaAllah ada rezeki luar biasa yang didapatkan ya Teh, aamiin.

  17. Ngilu rasanya ngebayangin rumah dirampok orang sampe ludes begitu. Apalagi banyak barang-barang berharga yg dibawa kabur. Ya Allah pasti nyesek banget itu ya.

    Semoga dimudahkan dan dimurahkan rejekinya ya biar segera dapat HP pengganti. Lihat dari link CARSINYAL itu ternyata banyak mobilephone yg ramah di kantong ya.

  18. Donasaurus says

    Keren ceritanya,semoga sudah mendapatkan ganti semua yang hilang dan kembali menulis tanpa halangan.

  19. Semoga segera dapat hp pengganti yang spesifikasinya lebih tinggi ya mbak, tapi harganya jangan tinggi-tinggi. Mesti cek update di carisinyal biar nggak ketinggalan info.

    Btw, itu malingnya rakus amat ya, menguras seiri rumah, bahkan sampai mainan anak-anak pun di bawa juga

  20. wah carisinyal ini ternyata update banget yaa.. jadi bisa buat bahan rujukan. btw turut berduka atas kehilangan2nya mbaa.. duh nyesek banget kok semua diangkut gituu

  21. Semoga segera dapat gadget pengganti yang mumpuni yaa mbak, gadget yang bisa mendukung aktivitas kerja sehari-hari. Supaya bisa lebih produktif lagu dalam berkarya dan bekerja.

  22. Masuk akal sih gadget sekarang bisa menjadi tulang punggung. Bagi orang yag bisa memanfaatkannya dengan benar, gadget bisa menjadi alat untuk mendatangkan cuan yang lebih mudah daripada saat bekerja secara fisik. So, manfaatkanlah gadget dengan optimal ya.

  23. Teh Oktiii, perjuangan dirimu memang luar biasaaaa
    Ya Allah, semogaaaaa ini semua terbayarkan dgn rezeki yg berkah berlimpah yaaa.
    semangat semangaatt

  24. Tak ada rotan akar pun jadi ya teh, eh maksudnya meskipun udah gak ada laptop gitu tapi bisa lanjut blogging dengan hp. Saya pun hanya mengandalkan hp untuk aktivitas blogging. Baca postingan ini jadi ingat hp saya yang lama, yang kondisinya juga kurleb sama dengan hp teteh, baterainya juga sudah hamil dan gak bisa dilepas dari cas alias cepat lowbet. Alhamdulillaah berkah ngeblog jadi ada rejeki buat beli hp sendiri. Semoga teteh juga ya bisa segera punya gawai canggih yg bisa menunjang aktivitas blogging. Untungnya sekarang udah ada carisinyal ya jadi gak pusing lagi kalau mau cari informasi gawai yang recommended

  25. Kesulitan cari gadget juga Mpo alami apalagi suka ngeblank. Kalau Mpo harus merk terkenal, ram 4 64 memori. Itu minimal. Cari tempat hp juga gak boleh sembarangan. Carisinyal boleh nih di coba

  26. wah gadget nya bener2 sampai maksimal ya digunakannya, mantab. aku juga beberapa waktu lalu sempat mampir ke carisinyal mbak, cari rekomendasi smartphone. enak juga ya di sana, selain diberi wawasan mengenai kekurangan kelebihan, ada referensi harga juga ke marketplace lazada dan shopee ^^

  27. Masyaallah, semangat ya teh… semoga rejeki dari ngeblog semakin deras mengalir agar bisa membeli gadget baru pengganti yang hilang dicuri maling….

  28. Dyah ummu AuRa says

    Serem bener ya teh. Hpku juga pernah baterenya nggelembung seperti itu. tapi langsung cepat-cepat saya ganti karena emang bahaya. Semoga rezekinya lancar, supaya bisa dapet hp baru ya teh.

  29. gadget mulai dari handphone sampai laptop udah kaya alat perang bagi kita ya teh? semoga rezeki berkah berlimpah buat mengganti hapenya yang gelembung itu teh. dikira tadinya teh okti yang hamil tau teh.

  30. Turut prihatin Teh. I am sorry baru dengar kabar itu. Semoga diganti sama Allah dengan yang lebih baik.

  31. Teh Okti keren banget.
    Bisa menulis dengan produktif menggunakan HP. Semoga Allah gantikan dengan yang lebih baik yaa, teh..
    Dan refrensi terbaik untuk gadget memang carisinyal. Semoga Allah mudahkan dan sehatkan selalu, teh Okti dan keluarga.

  32. Tadinya saya mikir dulu, baterai hamil emangnya kenapa? Haha … Tenyata baterai menggelembung ya.

    Salut saya ama perjuangannya Teh Okti ini. Betapa kegiatan menulis ini jadi berkah, ya. Bisa jadi tulang punggung dengan nulis. Kece banget sih dapat hadiah laptop Asus, ini keren banget emang

  33. Duh malingnya kebangetan banget ya teh, semua isi rumah digasak, aku bayanginnya sedih banget apalagi yang hilang itu data-data kita, semoga referensi dari Carisinyal bantu teteh dapat gadget sesuai keinginan, aku juga lagi cari rekomendasi hp nih buar anakku, kayaknya lebih hemat waktu ya kalau cari referensinya di carisinyal.

  34. semoga nanti bisa dapat rezeki buat hape baru ya, mbak. memang kalau mau beli gadget itu bagusnya cari info dulu terkait spesifikasinya biar bisa ketemu yang benar-benar pas di hati dan sesuai isi kantong

  35. Asus mmg brand yg kece badai. laptopku jg ASUS Zenbook mba. Awet n nyaman dipakai

  36. HP ku juga zenfone max teh
    emang klo bekerja sebagai konten kreator, gadget adalah alat yg sangat membantu kita dalam bekerja ya teh

  37. Ya Alloh,itu maling parah banget, ya Teh.
    Tetap semangat Teh Okti.
    Saya juga kepikiran mau ganti Hp anak,mau coba bebrapa fitur di carisinyal.com dulu,
    siapa tahu ada yang cocok.

  38. Hendra Suhendra says

    Kenapa ya, hape ASUS Max Pro M1 punya saya juga tiba-tiba mati total. Tapi sekarang udah bisa lagi sih. Cuma heran aja sih, padahal belum tua-tua amat umurnya. Jauh dibandingkan Sony Xperia punya saya sebelumnya yang tahan banting. Wah website carisinyal oke juga nih buat nyari gadget baru. Makasih infonya euy….

Speak Your Mind

*

%d bloggers like this: