Padepokan SAFEnet: Cara Belajar Hak Digital Gratis

Sebagai generasi yang lahir di tahun delapan puluhan, saya merasa sangat beruntung. Bagaimana tidak, saya bisa merasakan kehidupan jadul sebelum ada internet, hingga sekarang yang apa-apa justru tidak bisa lepas daripada internet. Tidak semua orang berkesempatan bisa mengalami semua itu, bukan?

Sekarang ini kita malah sudah memasuki era digital, semua kegiatan bisa dilakukan dengan cara yang lebih canggih. Perkembangan era digital membuat segala sesuatu menjadi lebih praktis dan efisien.

Namun tentu ada beberapa dampak digitalisasi yang akan kita terima dari era digital tersebut. Dengan semakin banyaknya teknologi baru yang dikenalkan kepada masyarakat, seperti bidang komunikasi, salah satu bagian yang paling utama adalah fungsi internet yang menjadi jauh lebih maksimal dan dimanfaatkan untuk komunikasi agar terhubung dengan orang lain.

 

 

Perkembangan lain yang mulai masif adalah penggunaan aplikasi untuk berbisnis. Dampaknya bagi pengusaha yang tidak siap dengan era digital, maka otomatis akan mulai ketinggalan zaman. Mau tidak mau semua lini bisnis pun harus beralih ke teknologi digital.

Perkembangan sektor keuangan juga terlihat dalam beberapa tahun terakhir, ketika semakin banyaknya penyedia dompet digital. Aplikasi fintech pun berlomba memberikan pelayanan kepada para pengguna tanpa harus keluar rumah.

Perkembangan lain yang sangat mendongkrak perekonomian adalah kehadiran E-Commerce. Layanan penyedia produk dengan cara online lewat sebuah aplikasi atau website secara digital untuk  jual beli.

Hingga pendidikan anak dan sistem bekerja semua saat ini tidak terlepas dari akses digital, menggunakan internet.

Maraknya dunia digital di tengah masyarakat itu secara sadar atau tidak sebetulnya telah memunculkan masalah baru. Dulu, sekitar dua puluh tahun lalu, internet hadir kita gunakan untuk bersenang-senang. Mencari informasi dan sebagainya. Tapi sekarang ketika dunia digital semakin terbuka justru banyak memunculkan permasalahan.

Adanya banyak kesempatan akses gratis untuk membuat akun secara tidak disadari kita telah “menyerahkan” data diri pada pihak lain. Tanpa kita tahu kepastiannya apakah data kita itu akan aman dan berada di pihak yang tepat? Padahal, sebagai pengguna akses digital, kita pun memiliki hak dan perlindungan sebagaimana hak azasi manusia seutuhnya.

 

Apa saja hak-hak digital yang harus kita ketahui?

Menurut SAFEnet (South East Asia Freedom of Expression Network) ada beberapa hak digital yang harus dilindungi. Secara garis besar hak-hak digital tersebut:

  • Hak untuk mengakses hak internet termasuk di dalamnya penyediaan infrastruktur dan konten
  • Hak untuk bebas berekspresi di ranah digital termasuk menyatakan opini dan pendapat di ranah digital
  • Hak atas rasa aman di ranah digital, termasuk perlindungan privasi dan data pribadi pengguna digital.

 

Tiga hak dasar digital tersebut harus kita ketahui. Jangan sampai ada lagi kasus-kasus pelanggaran hak-hak digital hanya karena kita tidak memahami.

Tertarik dengan bahasan hak-hak dan pelanggaran kita di ranah digital, ditambah masih banyaknya hal yang belum saya ketahui jika setiap pengguna internet memiliki hak-hak digital, maka niat saya untuk belajar hak digital pun semakin tinggi.

Karena itu ketika tahu akan ada peluncuran Padepokan SAFEnet, saya pun ikut hadir di acara peluncuran Padepokan Hak Digital Safenet Indonesia tersebut.

Selasa (24/5/2022) saya sangat antusias menyimak perbincangan mengenai hak-hak digital yang digelar oleh Padepokan SAFEnet. Pada acara webinar ini sekaligus juga diperkenalkan platform Padepokan SAFEnet yang bisa kita akses secara gratis.

Hampir semua hal saat ini sudah terdigitalisasi, itulah alasan SAFEnet membangun Padepokan SAFEnet ini untuk membela hak-hak digital kita.

Di Padepokan SAFEnet, kita bisa saling belajar. Tidak saling merasa sudah pintar tapi terus saling berbagi dan memberikan pelajaran bersama. Saling belajar dalam arti bukan hanya untuk pembelajaran satu arah saja.

Apakah hanya saya saja yang belum paham mengenai apa saja hak-hak digital yang harus kita ketahui? Memang sih berdasarkan perbincangan para narasumber, selama ini, definisi hak-hak digital ini belumlah seragam.

Tapi secara umum, konsensus hak digital ini mencakup akses pada komputer, perangkat elektronik lain, jaringan telekomunikasi dan internet, serta berkaitan dengan kemampuan tiap orang untuk mengakses, membuat, menggunakan, menerbitkan, dan menyebarluaskan media digital secara setara dan bertanggung jawab.

Belajar hak digital di Padepokan SAFEnet ternyata sangat mudah. Ada sepuluh jurus yang bisa kita pelajari dan satu sama lain saling berkaitan. Kita tidak bisa mempelajari jurus selanjutnya sebelum menyelesaikan jurus yang terlebih dahulu.

 

Dalam Kitab Pengantar Hak-Hak Digital di Padepokan SAFEnet, calon pendekar diharapkan mampu menguasai sepuluh jurus untuk mendapatkan status pendekar dan mendapatkan sertifikat pendekar hak digital.

Dalam rangka itu, setelah menyelesaikan 10 jurus, maka terdapat 10 pertanyaan yang harus dijawab benar semua. Calon pendekar berkesempatan untuk mengulang pertanyaan apabila belum dapat menjawab benar seluruh pertanyaan.

Setelah selesai, selain diganjar sertifikat, pendekar juga dipersembahkan Paket Kitab komplit berisi 10 Jurus yang dapat dijadikan bekal dan materi yang bermanfaat dalam rangka turun gunung menerapkan ilmu padepokan SAFEnet.

 

Bagaimana langkah belajar hak digital di Padepokan SAFEnet?

  • Pertama kunjungi dulu laman padepokan.safenet.or.id
  • Lalu buat akun untuk jadi seorang pendekar di sana dengan mengisikan data-data yang diminta

  • Setelah verifikasi email, maka akun kita sudah aktif dan setelah diakui pendekar pemula kita bisa belajar jurus-jurus hak digital kapan saja dan dimana saja

  • Secara keseluruhan terdiri dari sepuluh jurus digital right yang satu sama lain saling berkaitan. Kita tidak bisa meloncat ambil jurus kedua sebelum menyelesaikan jurus pertama.
  • Jurus-jurus yang diajarkan di Padepokan SAFEnet terdiri dari tiga tipe, pertama infografis, kedua video dan tutorial dan yang ketiga berupa buku panduan atau modul.

  • Di akhir jurus yang kita pelajari, kita akan menyelesaikan ujian berupa menjawab pertanyaan seputar pelajaran dari jurus pertama hingga terakhir. Pertanyaan cukup mudah kok kalau kita fokus dan menyimak setiap materi.
  • Jika ujian berhasil kita selesaikan maka kita berhak mendapatkan sertifikat.

 

Dengan belajar banyak tentang hak digital di Padepokan SAFEnet diharapkan kita tidak lagi buta akan hak-hak digital pribadi. Kita pun tidak lagi mudah terpengaruh dengan beragam opini publik. Bukan pula berarti sedikit-sedikit lalu buat pengaduan mengatasnamakan UU ITE.

Jadikan hak-hak digital kita menjadi bekal dalam mengarungi dunia persilatan digitalisasi yang semakin membutuhkan kecakapan digital.

Pengembangan padepokan hak-hak digital di Padepokan SAFEnet ini mendapatkan dukungan dari Digital Access Programme British Embassy Jakarta dengan UK Aid dari masyarakat Inggris melalui program Digital Rights Education oleh SAFEnet.

Sekilas Mengenai SAFEnet

SAFEnet adalah lembaga nonprofit yang mengadvokasi hak-hak digital di Indonesia, khususnya dan Asia Tenggara pada umumnya.

SAFEnet meluncurkan website platform pendidikan hak digital yang bisa diakses gratis oleh siapa saja. Diharapkan melalui platform ini, publik bisa belajar banyak mengenai hak-hak digital.

Untuk info lebih lengkap, bisa akses di www.safenet.or.id atau melalui media sosial @safenetvoice

 

73 thoughts on “Padepokan SAFEnet: Cara Belajar Hak Digital Gratis”

  1. Kalau membaca dari jurus-jurusnya ini sangat bermanfaat untuk blogger ya, karena kita berada di ranah digital juga, sehingga biar makin paham lagi Boleh juga jurusnya dipelajari

    Reply
  2. iyaa bener sih teh, internet seperti pisau bermata dua. Ada dampak positif ada juga dampak negatifnya, tergantung sekarang cara menyikapinya saja.

    Reply
  3. Wah, aku baru tau tentang hak digital ini
    Baru beberapa hari yang lalu ngomongin tentang privacy policy blogger, kayaknya berkaitan erat dengan hak digital ini
    Apa lagi blogger juga banyak yang sebagai content creator, jadi harus paham hak digital ini ya

    Reply
  4. Saya kenal internet sejak 1998 saat ngerjain skripsi kuliah..dan makin ke sini ternyata hak digital kita makin rawan untuk dijaga. Menarik sekali ada padepokan SAFEnet ini, jadi pendekar untuk lindungi hak digital pribadi juga ternyata mudah sekali, gratis lagi!

    Reply
  5. Yeayy, senangnya ada SAFENet jadi makin ngerti dan paham urgensi melindungi hak digital pribadi ya Teh.
    Karena kita ngeh kan, makin ke sini penyalahgunaan data digital pribadi tuh makin ngeriiiiii

    Reply
  6. Sebagai generasi yang sama dengan Teh Okti, which is lahir 80an, merasakan betul percepatan digitalisasi sampai bisa menikmati internet sampai saat ini. sepertinya kita memang akan sangat gelagapan dengan internet tanpa tahu hak dan aturan apa saja di dalamnya. Salut dengan padepokan safenet yang bisa mewadahi kita untuk belajar dan memahami hak-hak digital

    Reply
  7. Sebagai generasi yang sama dengan Teh Okti, which is lahir 80an, merasakan betul percepatan digitalisasi sampai bisa menikmati internet sampai saat ini. sepertinya kita memang akan sangat gelagapan dengan internet tanpa tahu hak dan aturan apa saja di dalamnya. Salut dengan padepokan safenet yang bisa mewadahi kita untuk belajar dan memahami hak-hak digital agar tidak gaptek dengan dunia internet

    Reply
  8. Ada Daeng Ipul … teman blogger Makassar.
    Penting banget nih acara seperti ini. Teh. Kita perlu berulang2 mencari tahu hak-hak dasar digital kita supaya tidak mudah dibodohi orang lain.

    Reply
  9. Bener banget mbak aku juga merasakan perbedaan di era sebelum banyak banget yang gunakan internet. Bahkan dulu kalau mau cari berita ya dengan kipling atau nyari di koran.
    Taunya aku cuman main game lewat disket hahaha. Itu ja udah seneng
    Sekarang semua muanya serba digital dan internet. Nggak ada internet kayak ada yg hampa

    Reply
  10. Wuih ide yang briliant, aku baru tau ada padepokan digital. Keren dan saya sangat support, biar qt maju bersama ya!

    Reply
  11. Eh masyaAllah keren banget ini mbaa, saya jadi gelooo pengen ikutan juga. Kalau ada hak2 digital yang terampas bisa ke SAFENet ini yaa. asyik deh kayaknya kalau bisa jadi volunteersnya jg ya

    Reply
  12. wah bagus banget nih infonya Teh, apalagi terkait hak2 digital dan kasus2 serangan digital tuh memang lagi marak banget, aku save ah postingannya terutama info ttg bantuan safenet untuk lapor kalo-kalo butuh suatu saat nanti

    Reply
  13. Lucu juga teh, namanya pendekar dan 10 jurus.
    Ada ujian pula supaya kita lebih hafal dengan hak digital yang kita miliki.
    Kesel donk pastinya kalo sebagai blogger kita kena serangan digital. Makanya belajar deh di SAFEnet

    Reply
  14. Wah menarik banget ya bahasannya teh. Karena dengan belajar banyak tentang hak digital di Padepokan SAFEnet, kita tidak lagi buta akan hak-hak digital pribadi. Jadi paham gitu…tengkiu ya teh

    Reply
  15. Konsepnya Indonesia banget yaa..
    Bersama padepokan SAFEnet, kita bisa mempelajari dan memahami hak-hak digital yang harus kita ketahui. Belajar yang seru dan asik karena pembelajaran 2 arah.

    Reply
  16. SAFEnet ini aku sering lihat di twitter. mereka aktif memberikan bantuan hukum untuk korban serangan digital. dengan adanya program ini kita jadi bisa belajar hak-hak digital bersama SAFEnet

    Reply
  17. judul jurus-jurusnya bikin penasaran ingin tahu lebih dalam deh biar sekalian bisa belajar hak-hak digital ini apalagi ini bisa diakses gratis ya, keren deh SAFEnet ini.
    semoga semakin banyak orang tahu tentang hak-hak digital itu sendiri.

    Reply
  18. Jadi pengen mencari tahu lebih lanjut soal padepokan safenet. Soalnya dunia digital ini seperti 2 mata pisau yang kalau bisa digunakan dengan bijaksana dan tetap memerhatikan norma-norma bisa banget membantu aspek kehidupan. Semoga dengan adanya acara seperti ini, jadi lebih banyak orang tahu, hak dan kewajiban dalam menggunakan dunia digital

    Reply
  19. Program SAFEnet bagus sekali kakak, sejujurnya banyak netijen dilanggar hak nya tanpa kita tahu ya kak.. Semoga internet semakin banyak memberi manfaat kedepannya.. Amin..

    Reply
  20. Program SAFEnet bagus sekali kakak, sejujurnya banyak netizen dilanggar hak nya tanpa kita tahu ya kak.. Semoga internet semakin banyak memberi manfaat kedepannya.. Amin..

    Reply
  21. Kita yang lahir di tahun 80-an serasa hidup di dunia yang berbeda ya, Teh, karena kemajuan teknologi. Tapi semakin canggih, makin kita juga harus lebih bijak menyikapinya. Ternyata ada hak-hak digital yang belum semua orang memahami. Semoga dengan SAFEnet netizen bisa teredukasi tentang hak-hak ini, ya.

    Reply
    • Betul sekali..
      Tantangan di setiap zaman ini tentunya beragam. Kini, eranya digital dengan luasnya informasi bisa menyebar.
      Semoga dengan adanya edukasi SAFEnet, semua bisa menikmati kemudahan informasi yang diperoleh dari internet.

      Reply
  22. Emang ya sekarang nih apa-apa nggak bisa dilepaskan dari internet, bahkan di kota besar belanja sayur pun menggunakan aplikasi yang tentunya diakses menggunakan jaringan internet.

    Saya juga sudah belajar 10 jurus dari kitab hak digital di padepokan safenet mbak, siap jadi pendekar hak digital hehehe…

    Reply
  23. Seneng banget bisa ikutan webinarnya jadi tahu kalau kita punya hak digital di dunia maya. Bagus juga ya padepokan SAFEnet jadi kita bisa belajar tentag dunia digital di dalamnya termasuk mengenai hak digital tersebut. Unik ya materinya pakai nama jurus gitu

    Reply
  24. Baru tahu nih ternyata ada juga yg namanya hak2 digital ya tapi tidak heran sih karena sekarang kita berada di era digital jadi kehidupan di dunia nyata dan dunia maya juga sudah seperti tak terpisahkan

    Reply
  25. Perlu banget memperhatikan hal-hal yang fundamental seperti yang diajarkan SAFEnet.
    Dengan begini, kita bisa saling menjaga dan memanfaatkan informasi untuk hal baik.

    Reply
  26. Selama ini orang-orang banyak menggunakan internet tapi banyak pula yang nggak tau apa saja hak-hak sebagai pengguna internet ya teh. Salut dengan kehadiran SafeNet

    Reply
  27. Ini nih ilmu baru yang baru aku tahu juga. Bener banget apa kata Mas Damar, aku juga selama ini merasa masuk dunia internet ini sebatas avatar aja. Padahal enggak deh. Ya sama aja kita utuh jadi diri kita yang punya hak dan kewajiban digital. Orang-orang harus tahu nih Padepokan ini. Biar lebih melek tentang semuanya. Gak hanya kewajiban digital tapi juga semua haknya.

    Reply
  28. Wuahh unik juga nih idenya, sampai namanya Padepokan segala. Hihihi. Style pembicaranya pun matching tuh. Ada Daeng Ipul yaa..Masya Allah lama sekali rasanya gak bertemu beliau, terakhir tuh di Lombok tapi entah tahun berapa

    Reply
  29. Keren nih hadirnya Padepokan Hak Digital Safenet Indonesia dengan hak2 digitalnya semoga saja makin menyenangkan berada di ruag dgital. Dan bisa belajar disini , nambah wawssan dan berbagi pengalaman seputar digital ya. Aku baru tahu nih, mau kepoin ahhh

    Reply
  30. Lucu ya namanya padepokan SAFENet. Kita itu memang harus paham betul hak-hal digital, khususnya untuk diri sendiri. Semakin melek digital, maka kita akan paham dengan baik apa saja yang harus dilakukan.

    Reply
  31. SAFEnet bisa direkomendasikan buat siapa saja yang ingin lebih mengetahui apa saja rambu-rambu dalam berinteraksi di dunia digital. Sebagai pengguna lama pun banyak juga yang belum paham apa hak yang perlu dilindungi di dunia digital. Jadi siapapun yg berinteraksi di dunia maya sepertinya butuh berguru di padepokan ini.

    Reply
  32. Padepokan SAFENET bagus untuk mengetahui hak hak kifa sebagai pengguna dunia digital terutama data pribadi kita.

    Makasih sharingnya jadi tau akan Padepokan safeNET ini.

    Reply
  33. Masyarakat Indonesia kudu belajar tentang etika dunia digital nih jadi nggak asal punya ponsel main medsos padahal nggak paham sama sekali bermedsos yang baik akhirnya jadi barbar dan hujat sana-sini di dunia maya

    Reply
  34. Masyarakat Indonesia kudu belajar tentang etika dan hak-hak kita di dunia digital nih jadi nggak asal punya ponsel main medsos padahal nggak paham sama sekali bermedsos yang baik akhirnya jadi barbar dan hujat sana-sini di dunia maya

    Reply
  35. Saya baru ngeh tentang Safenet ini sejak baca ulasan teman-teman, dan baru sadar ada organisasi sekeren ini membela hak-hak digital masyarakat, apalagi gratis ya

    Reply
  36. Sepertinya safenet bisa juga diakses remaja ya Mbak? Karena remaja kan kadang main sosmed. Dengan mengetahui hak digital, remaja tidak menjadi korban, dan tidak menjadi pelaku di kemudian hari.

    Reply
  37. Ternyata penting juga ya untuk kita mengetahui hak-hak digital.. Dengan menggunakan SAFEnet kita menjadi mengerti apa saja hak nya secara gratis pula ya.. Mkasih infonya ya teh..

    Reply
  38. Iya sih rada serem ketika info pribadi kita digunakan orang lain tanpa kita tahu. Info penting banget nih untuk keamanan diri kita juga

    Reply
  39. Iya sih rada serem ketika info pribadi kita digunakan orang lain tanpa kita tahu. Info penting banget nih untuk keamanan diri kita juga. Buat daftar akun bank saja sekarang mudah banget via hp aja

    Reply
  40. Wah, saya baru tahu kalau edukasi dari SAFEnet tentang hak digital ini gratis dan bisa diakses siapa saja. Bermanfaat sekali. Masyarakan pun bisa menjadi lebih paham tentang hak-hak digital ya Teh. Agar terhindar dari aneka macam pelanggaran baik di medsos maupun belahan dunia maya lainnya.

    Reply
  41. Dikau tidak sendiri kok teh…
    Saya juga orang yang baru tau hak-hak digital setelah membaca tulisanmu.
    Kreatif juga ya, istilah-istilah padepokannya… jurus gitu lhooo

    Reply

Leave a Comment