Prospek Bisnis Penginapan: Sewa dan Jual Apartemen Murah

Prospek Bisnis Penginapan: Sewa dan Jual Apartemen Murah

Malam pertama kedatangan di Jember kami habiskan di daerah Kaliwates, di rumahnya blogger sekaligus anggota Generasi Pesona Indonesia Jember, Izal. Wah tempatnya nyaman banget. Pihak keluarga menyambut kami pun super ramah. Senang banget deh karena pastinya kami tidak harus masuk penginapan, buking hotel atau apalagi sewa apartemen murah.

Sambil makan malam kemarin kami isi sambil ngobrol seputar kondisi Jember dan kegiatan Izal sendiri. Anak muda jaman now yang akan melanjutkan pasca sarjana nya tapi masih sangat memegang sopan santun, tata krama dan adat istiadat keluarga. Izal salah satu calon mantu idaman deh buat orang tua yang punya anak gadis. Lah kok jadi promosi?

Melihat rumahnya yang besar sementara Izal hanya memiliki satu orang Kakak yang kini berkeluarga dan tinggal di Bekasi, jadi rumahnya sepi karena sehari-hari ibunya masih aktif menjadi abdi negara di sebuah sekolah dasar. Sementara Ayahnya yang seorang pensiunan dari perusahaan perkebunan yang tinggal di rumah lengang dan besar itu. Kami jadi nyerempet ngobrol terkait usaha dan bisnis home stay, penginapan, dan jasa sewa atau jual apartemen murah.

Ternyata Izal dan kakaknya sudah lebih dulu kepikiran soal itu. Pantas mereka kan lebih tahu soal potensi lokal serta kemampuan mereka dalam usaha jasa ini ya.

Saya, Bunda Elisa, Izal dan Fahmi

Jember sebagai kota wisata yang masih asri dan perawan memang pantas dijadikan lokasi tujuan kita untuk berwisata. Cocok untuk kita berpetualang, membawa keluarga, dan melakukan banyak kegiatan menyenangkan yang tak dapat dijumpai di kota tempat tinggal kita saat ini.

Jember kota yang sangat ramah. Daerah asal musisi Anang dan pedangdut Dewi Persik ini cocok juga dijadikan lokasi investasi. Bikin tempat tinggal sementara, semacam sewa apartemen harian, misalnya. Karena untuk acara keluarga dan rombongan seperti kami ini sepertinya sewa apartemen murah bisa menjadi solusi yang lebih baik daripada menyewa sebuah kamar hotel.

Bikin usaha di bidang jasa penginapan ini memang tidak semudah membalikkan telapak tangan memang. Harus banyak yang dipertimbangkan seperti lokasi lahan, harga yang kompetitif, kondisi lingkungan sekitar, keamanan, kelengkapan serta fasilitas.

Iyalah kita saja sudah bisa membayangkan kan ya kalau mengunjungi suatu daerah dan mau menginap itu pasti kepikiran nya maunya lokasinya yang strategis, memudahkan untuk melakukan berbagai aktivitas. Lebih bagus kalau mudah menjangkau pusat perbelanjaan, pusat kesehatan, angkutan umum, obyek wisata dan sebagainya.

Perbedaan harga sewa dengan kompetitor bisa jadi sebuah trik untuk menarik pengunjung. Meski selisih sedikit tapi kalau pengunjungnya terus stabil apalagi mengalami kenaikan yang signifikan itu sudah bisa menutupi kekurangan harga itu sendiri kan ya… Murah tapi tidak murahan, begitu pendapat Izal.

Jika semalam kami menginap di rumah Izal, maka malam nanti kami akan menginap di daerah Papuma. Pantai yang terkenal dengan pasir putih malikan nya. Sebuah pantai terkenal dengan pasir putihnya di Jember, Jawa Timur. Banyak penginapan berada di wilayah Papuma ini. Mulai dari kelas biasa, menengah sampai eksklusif.

Pantai Papuma
Sumber travel.kompas.com

Melihat pemandangan Papuma yang sangat luar biasa semakin menguatkan kalau bisnis jasa wisata seperti mengelola tempat penginapan di Jember memang tidak akan ada matinya. Apartemen cocok ya jadi tempat hunian sementara para pengunjung.

Tapi untuk menyesuaikan dengan kondisi serta kemajuan jaman yang semakin pesat tentu saja bisnis jasa penginapannya harus dikelola sedemikian rupa supaya kekinian dan modern. Membuat konsep penginapan seperti sewa apartemen murah itu bisa jadi salah satu pilihan. Supaya tidak sekadar menjalankan bisnis, tetapi juga menyuguhkan kenyamanan serta daya tarik tersendiri bagi pelancong yang berkunjung ke Jember.

Sewa apartemen biasanya sudah termasuk fasilitas dapur, ruang santai dan balkon. Dengan semua itu dijamin liburan akan senyaman dan sebebas seperti aktivitas di rumah. Selain itu sewa apartemen juga dapat menikmati fasilitas umum seluruh penghuni seperti kolam renang, tempat olahraga, taman, area bermain, spa, laundry dan lainnya.

“Ngomong-ngomong bicara soal bisnis tempat menginap begini risiko merugi antisipasi nya bagaimana?” Tiba-tiba suami saya nyeletuk.

Yah namanya usaha atau bisnis resiko merugi pasti ada ya. Hanya sejak awal mungkin kita sebagai pengusaha yang terjun ke bisnis penyedia jasa penginapan ini harus sudah bisa menyiapkan solusi. Seperti jika pengunjung sepi, bisa membuat semacam promosi di sosial media dengan berbagai voucher, gift, dan lainnya.

Saya sendiri merasa terjun bisnis ke dunia jasa penyedia penginapan resikonya tidak akan terlalu tinggi kalaupun dikatakan sepi. Karena aset berupa bangunan atau lahan masih tetap bisa kita jual. Sudah banyak iklan yang menawarkan jual apartemen apabila pemilik memang ingin menjual apartemen yang dirasa sudah tidak cocok lagi untuk dijalankan. Pakai iming-iming jual apartemen murah juga bisa jadi trik supaya aset kita bisa cepat laku.

 

Comments

  1. Bisnis apartemen yang paling menjanjikan adalah yang terletak di lokasi strategis, biasanya ada di dekat pintu keluar tol. Karena apartemen diperuntukkan kaum urban yang biasanya bekerja di kota2 tertentu.

  2. Wah, teh okti udah nyampe jember aja eui, sama bunda elisa juga ya?

    Aku juga pernah ke jember, jawa timur tuh kotanya rata-rata bersih dan rapi, termasuk jember. Maju juga, meski ada di bagian ujung jawa timur. Makanannya jangan ditanya, enak-enak banget. Hahaha

  3. Harus sabar dalam menjalankan bisnis, jangan setengah setengah terus berhenti gitu aja.. Tetap #SemangatCiee dengan bisnis properti

  4. Bisni properti emang sangat menjanjikan ya teh, apalag sewa dan jual apartemen.
    Keuntungannya begitu menggiurkan.
    Jadi berpikir ke arah sana deh, tapi belajar untuk marketing dulu lebih dalam 🙂
    btw keren banget udah ke Jember, saya aja tinggal di Jatim, tapi belum pernah ke Jember 🙂

  5. Jadi kepengen bisnis properti nih kak okti. Soalnya diMedan sedang sangat berkembang karena pembangunan apartement yang besar besaran

  6. Tulisan yang menarik mbaa, dan setuju banget emang mba daerah Jember itu masih terbilang asri. Termasuk seperti Lumajang di Jatim tempat suami lahir. One day, sempat kepikiran pengen beli tanah disana dan menghabiskan masa tua disana sama suami sambil menikmati udaranya yang begitu sejak. Duh, jadi mengkhayal kan hehe

  7. Iya nih, prospektif banget ya bisnis sewa dan jual apartemen ini. Saya juga nih salah satu yang tertarik banget untuk milih nyewa apartemen kalo nginep bareng keluarga, daripada nginep di hotel. Selain bisa lebih luas, juga biasanya karena akses apartment lebih gampang. Dan kalo dibandingin, juga banyak yang lebih murah juga. Berasa di rumah aja lagi.

  8. Bener banget nih. Apartemen itu investasi yang menguntungkan kalau disewakan. Apalagi kalo lokasinya strategis dan di tempat wisata.

  9. Belakangan ini aku kepikiran untuk investasi apatment, lebih cenderung dipakai sendiri sih. Banyak fasilitas yg seolah kita nginep di hotel tiap hari. Aku juga sempet kepikiran kalo masanya nanti bosen dan mau dijual gimana ya. Ternyata banyak alternatif ya salah satunya melalui pihak ketiga seperti ini.

Speak Your Mind

*