Tips Menabung DP Rumah, Bisa Terwujud Dalam Waktu Setahun

Tips menabung untuk DP Rumah
Sumber foto freepik.com

Generasi milenial sulit beli rumah, apakah benar? Pernyataan yang sedang ramai diperbincangkan beberapa waktu belakangan ini cukup menyentil para generasi milenial yang saat ini sudah menikah maupun masih single. Mungkin statement tersebut ada benarnya apabila kita tidak mengelola keuangan secara bijak dan cerdas. 

Keinginan membeli rumah bisa terwujud apabila punya strategi keuangan yang tepat. Untuk bisa memiliki hunian impian, kita harus menabung secara konsisten dan menghindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting. Supaya lebih mudah dalam mengatur keuangan, kita perlu membuka tabungan online khusus untuk mengumpulkan dana membeli rumah. 

Saat ini ada banyak penawaran properti dengan sistem pembayaran dicicil atau diangsur. Kita harus punya prioritas menabung untuk DP rumah jika ingin segera memiliki hunian dalam waktu 1 tahun. Ada beberapa tips menabung untuk bayar DP rumah yang perlu diterapkan. 

Tips Menabung untuk DP Rumah

Memiliki rumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan setiap orang, terlebih bagi kita yang sudah berkeluarga. Cara paling mudah memiliki hunian adalah dengan membeli rumah secara angsuran atau dicicil. Manteman tinggal menyiapkan dana untuk membayar uang muka atau DP rumah terlebih dahulu. 

Berikut ini tips menabung untuk DP rumah supaya keinginan memiliki hunian bisa cepat terwujud. 

  1. Mencatat Spesifikasi Rumah yang Diinginkan
Tips Menabung untuk DP Rumah, Bisa Terwujud dalam Waktu 1 Tahun
Sumber foto freepik.com

Saat ingin membeli rumah, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melihat spesifikasi rumah. Kita bisa survei terlebih dahulu untuk mencari rumah yang sesuai keinginan keluarga dan kemampuan finansial. Saat membeli mobil, gadget, maupun tas incaran saja kita akan memperhatikan spesifikasinya secara detail, bukan? Nah, manteman juga harus menerapkannya saat akan membeli rumah. 

Catat atau tulis spesifikasi rumah pilihan secara detail. Jangan hanya menuliskan informasi umum seperti ‘rumah besar’, ‘2 tingkat’, ‘harga mahal’. Tapi kita juga perlu menuliskan keterangannya secara lengkap, mulai dari lokasi rumah, biaya DP, harga total rumah, material yang digunakan, ketersediaan ruangan, dan lainnya. Dengan mengetahui spesifikasi rumah, khususnya harga, kita bisa merencanakan target tabungan untuk DP rumah dan cicilannya. 

Untuk memastikan kriteria rumah sesuai dengan yang dibutuhkan keluarga, sebaiknya manteman melakukan survei. Kita bisa mendatangi lokasi properti yang ditawarkan, mengunjungi kantor agen properti, atau menghadiri acara pameran properti. Manteman juga bisa membandingkan harga dan spesifikasi rumah yang ditawarkan oleh beberapa developer. 

  1. Menghitung Inflasinya

Setiap tahun terjadi inflasi yang turut mempengaruhi harga rumah. Calon pembeli rumah juga perlu memperhatikan perkiraan inflasi. Kita harus menentukan terlebih dahulu kapan akan membeli rumah untuk bisa menghitung besaran tingkat inflasi. Jadi saat menyiapkan dana untuk DP atau meminang rumah, jangan hanya berpatokan pada harga saat ini. 

Misalnya, ambil contoh manteman mengincar rumah yang ditawarkan suatu developer dengan harga Rp500 juta saat ini. Manteman ingin membeli rumah tersebut dalam waktu satu tahun ke depan. Diasumsikan inflasi kenaikan harga rumah per tahunnya 10 persen. Jika dihitung dengan adanya inflasi, maka harga rumah tersebut di tahun depan adalah sebesar Rp550 juta. 

  1. Membuka Rekening Tabungan Khusus

Menabung untuk DP rumah harus dilakukan secara konsisten agar bisa membeli rumah sesuai waktu yang ditargetkan. Jangan sampai tergoda untuk memakai uang tabungan dan hindari menunda aktivitas menabung. Supaya kegiatan menabung berjalan efektif, manteman perlu membuka rekening baru. 

Buatlah rekening khusus untuk menabung biaya DP rumah. Saat ini perbankan sudah menyediakan layanan tabungan online yang disesuaikan dengan kebutuhan di era digital. Dengan memakai tabungan online, kita bisa mengelola dan memantau dana simpanan secara lebih mudah.  

  1. Menghemat Pengeluaran

Salah satu penyebab orang-orang sulit menabung adalah karena adanya pengeluaran yang berlebihan. Untuk memudahkan kegiatan menabung, kita perlu menyusun anggaran keuangan. Hitunglah semua pemasukan dan pengeluaran secara rutin tiap bulannya. Dalam anggaran keuangan, masukkan alokasi atau post tabungan khusus untuk DP rumah. 

Hindari pengeluaran-pengeluaran yang tidak perlu supaya kita bisa menyisihkan uang lebih banyak. Sebaiknya gunakan uang hanya untuk kebutuhan-kebutuhan pokok keluarga. Ingat, manteman harus mengelola keuangan secara bijak dan menghilangkan sikap FOMO, pembelian impulsif, hingga self reward yang berlebihan. Kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut bisa menghambat keinginan untuk cepat memiliki hunian loh ya…

Ada sejumlah strategi yang bisa kita terapkan dalam menyusun anggaran keuangan. Misalnya dengan mengaplikasikan rumus 10-20-30-50. Sebanyak 50% untuk tabungan DP rumah, 30% untuk kebutuhan pokok, 20% untuk dana darurat dan investasi, 10% untuk pengeluaran lain. Semakin banyak uang yang kita tabung, maka rumah bisa lebih cepat terbeli. 

  1. Mencari Penghasilan Tambahan

Pastinya setiap orang ingin bisa menabung dalam jumlah besar. Namun seringkali ada banyaknya kebutuhan membuat kita harus meminimalkan alokasi tabungan. Jika kondisi keuangan cukup berat untuk membeli rumah dalam waktu cepat, maka kita perlu meningkatkan pendapatan. 

Manteman bisa mencari penghasilan tambahan untuk mengumpulkan pundi-pundi uang lebih banyak. Di luar pekerjaan utama, kita bisa mengambil side job sebagai sumber pemasukkan lainnya.

Di era digital sekarang ini semakin mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kita bisa bekerja sebagai freelance sesuai dengan keterampilan atau bidang yang kita sukai. Misalnya menjadi fotografer, SEO writer, penerjemah, digital marketer, konsultan, web developer, dan lainnya. 

Itulah beberapa tips menabung yang bisa kita terapkan untuk mengumpulkan uang DP rumah. Cara-cara di atas mungkin terkesan mudah, namun banyak orang sulit menjalaninya. Memang butuh komitmen dan disiplin keuangan agar target tabungan DP rumah kita bisa terwujud. 

Menggunakan Rekening Online untuk Menabung di Era Digital

Setelah mengetahui tips di atas, seharusnya kita semakin optimis bisa memiliki hunian dalam waktu cepat. Semakin rutin menabung dan mengumpulkan banyak uang, maka keinginan membeli rumah bisa tercapai lebih cepat. Mulai sekarang biasakan untuk mengelola keuangan dengan bijak. Untuk memudahkan dalam mengatur keuangan, manteman perlu membuka tabungan online

Salah satu tabungan online terbaik yang bisa kita pilih adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank. Syarat buka rekening online PermataME cukup sederhana, kok.

Sejumlah keunggulan tabungan online PermataME bisa manteman baca di laman: https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame ya…

Semoga bermanfaat dan tercapai memiliki hunian secepatnya

41 thoughts on “Tips Menabung DP Rumah, Bisa Terwujud Dalam Waktu Setahun”

  1. aku baca judulnya langsung ngos-ngosan hehe satu tahun….
    emang butuh perencanaan yang matang untuk bisa membeli rumah. termasuk konsisten menabung dan nggak FOMO hihi aku sendiri yang susah adalah kalo lagi pengen sesuat untuk self reward sering lupa diri haha

    Reply
  2. Baru ini ngobrolin soal rumah sama temen di WA yang mana menjadi kekhawatiran banyak orang termasuk aku sendiri juga. Kepikiran, “apakah mampu ya beli rumah?” dsb. Dan, tulisan ini memberikan pencerahan jika ada berbagai macam cara dilakukan untuk memiliki rumah yakni dengan mempersiapkan down paymentnya lebih dulu. Aha bener juga, dengan kesiapan DP maka akan lebih besar kesempatan untuk memiliki rumah apalagi dengan sokongan pihak perbankan dan kita dapat membayar dengan menyicil asalkan ya itu DPnya sudah siap.

    Reply
  3. Saya juga pakai PERMATA nih teh, tapi untuk akun lainnya. Keren banget ya tipsnya cocok nih untuk yang mengidamkan punya rumah dalam waktu dekat.

    Reply
  4. Memiliki hunian memang harus disegerakan ya, Mbak. karena semakin tahun, akan semakin naik harganya. Misalnya daripada mengontrak rumah, lebih baik mencicil rumah tiap bulan seharga rumah kontrakan. Dan salah satu cara dengan menabung, terutama DP dulu. Dan sekarang dimudahkan dengan adanya tabungan online.

    Reply
  5. Memiliki dana tabungan sangat penting sekali untuk meningkatkan kualitas hidup. Sehingga kita bisa menjadi insan yang terus mengukur keuangan dengan benar seperti yang dijelaskan pada artikel di atas, rumus 10-20-30-50 penting diterapin nih…

    Reply
  6. Sebagai bagian dari kaum mendang mending, saya juga memilih beli rumah daripada sewa
    Walau rumah yang dibeli terletak di luar kota, tapi lebih baik dibanding menyewa

    dan langkah pertama yang harus dilakukan pastinya menabung untuk DP rumah ya?

    Reply
  7. Memang sih, biar terukur dan seberapa banyak perlu menabung, berhemat, sampai mencari penghasilan tambahan tuh, seperti yang Teteh sampaikan, sebagai calon pembeli alias yang punya keinginan, perlu paham dulu seberapa spesifik sih rumah yang kita inginkan. Tentu dengan begitu, kita jadi bisa mengukur juga jangka waktu yang diperlukan untuk mengumpulkan dana DP ya Teh.

    Reply
  8. Membuka rekening/tabungan khusus. Ini bener banget. Gak boleh tercampur-campur dengan rekening operasional sehari-hari, termasuk dana khusus untuk keperluan mendadak. Dan itu harus diniatkan. Tekadnya harus bulat dan kokoh.

    Saya juga dulu gitu Teh Okti. Suami dan saya sepakat, bertekad kuat, agar dana ini tidak diganggu gugat, supaya setidaknya mencapai angka tertentu, yaitu DP rumah yang sudah kami incar-incar. Gapapa meski harus makan dan menikmati hidup sederhana saja. Yang penting rumah sendiri meski tidak besar ukurannya.

    Reply
  9. Setuju, menabung untuk mewujudkan impian bisa dilakukan termasuk untuk DP rumah. Seperti konsisten nabung di tabungan online terbaik PermataME dari PermataBank yang enggak cuma syarat buka rekening nya mudah tapi juga banyak keunggulannya.

    Reply
    • Setuju mbak, konsisten menabung jadi memudahkan buat mewujudkan impian. Karena kalau gak rutin, bakalan lama deh harapan yang diinginkan tercapai ya

      Reply
  10. Setuju Teh,
    Kalau mau bangun rumah memang sebaiknya punya tabungan alias pos khusus ya. Sehingga gak bakal kecolek buat yang lain² dan bisa lebih fokus sih

    Reply
  11. Nah nah kadang-kadang pengen beli rumah tapi gak menghitung infasi teh hehe. Noted banget nih. Ah sekarang udah bisa bikin tabungan online buat beli rumah ya. Sat set pake PermataME aja

    Reply
  12. Tak ada yang tak mungkin jika direncanakan dengan baik ya, termasuk menabung DP rumah dalam setahun, apalagi jika didukung dengan tabungan online untuk beli rumah di PermataME. Semoga yang sedang merencanakan rumah idaman dimudahkan.

    Reply
  13. Dulu aku nyicil rumah harus iriiiit banget pengeluaran. 1/3 gaji suami habis buat nyicil rumah, mana aku belum kerja juga. Tapi engga setahun sih…
    Bertahun-tahun…hehe… Tapi memang sih harus punya perencanaan yang matang.

    Reply
  14. Setuju banget.
    Dengan pengaturan keuangan yang bijak seperti gak menaruh telur di satu basket yang sama, bisa ngebantu banget mewujudkan tujuan keuangan, seperti memiliki rumah pribadi yang sesuai dengan impian.

    Reply
  15. Semoga teman-teman yang sedang berjuang untuk memiliki rumah segera terkabul cita-cita mulianya, tak ada yang mustahil selama kita mau berikhtiar dengan maksimal, dan menabung adalah salah satu jalan ninja terbaik untuk menuju ke sana

    Reply
  16. Aku setuju banget nih sama tipsnya. Menabung DP rumah ini gampang-gampang susah ya teh, apalagi kalau gak bisa bedakan mana keinginan dan kebutuhan, self reward yang merasa harus dipenuhi dan FOMO, belum lagi pengeluaran banyak. Tapi, penting juga lihat spesifikasinya ya. Jangan sampai salah pilih rumah, karena konon katanya rumah yang baik adalah yang bisa membuat kita lebih berkarya dan produktif.

    Harus dipisah juga ya rekeningnya, biar gak kepakai terus, hihi. Era digital sekarang juga mempengaruhi cara membuat rekening ya, memudahkan sekali bisa melalui online. Gak harus panjang ngantri di bank, huhu.

    Reply
  17. Noted, terimakasih teh.. ini penting banget untuk diketahui buat temen2 yang berazzam untuk punya rumah, asli. karena kalo ngga segera nabung ngga segera OK yaa ngga bisaa kan..

    Reply
  18. Kemarin sempat ramai isu anak muda yang katanya akan sangat sulit untuk punya rumah sendiri karena ya itu, harganya yg mulai melambung tinggi. :”)

    Cuma membaca ini jadi optimis kalau enggak ada yang gak mungkin. Asal niat dan diiringi dengan usaha dan doa juga.

    Terus juga harus tau cara2nya ya, Teh Okti. Selama ini sebatas catat biaya rumah incaran dan fokus untuk menanggarkan dananya aja, tapi ternyata masalah inflansi juga gak kalah penting. Mungkin ini yg berkaitan isu kemarin. Yg katanya harga rumah bakalan makin mahal :”)
    Krn inflasi itu.

    Semangat berusaha nabung. Semoga bisa punya rumah sendiri juga.

    Reply
  19. Butuh kemauan kuat buat ngumpulin DP rumah tuh. Tp sbnrnya ya kayak nabung biasa aja. Cmn paling hrs lbh bnyk aja. Dan jgn lupa hrs menunda kesenangan2 sesaat.

    Smua tips di atas emg wajib bgt sih dilakuin. Baik yg msh sendiri/udh pny pasangan. Namun berbahagialah kalian kalo yg jd anak tunggal. Tinggal tggu warisan aja. Haha.

    Reply
  20. Memiliki rumah adalah plan pertama saat saya dan suami menikah, karena memiliki rumah itu wajib bagi kami biar tenang. Alhamdulillah, belum ada 6 bulan, kami bisa memiliki rumah. Memang harus cakap atur uang juga, sih.

    Reply
  21. Selain menghemat pengeluaran, aku setuju sama teh Okti buat bikin rekening tabungan khusus uang buat beli rumah. Biar enggak kepake yang lain-lain. Apalagi sekarang bikin aku tabungan gampang banget kayak bikin di PermataME

    Reply
  22. Kalau ada niat pasti ada jalan kak…itu pernah aku lakukan sblm.menikah dulu cita2ku besar sampai aku bikin list jadi hal2 yg bikin boros aq skipp….

    Rela hemat sana sini demi bisa punya rumah sblm menikah, kumpulin DP dari uang thr, gajian sama jual aset berupa motor…

    Kalau rumah baru diksh kemudahan DP.dicicil.nah itu bisa kd solusi

    Reply
  23. wah kok bs pas ya, saya memang lg nabung dan ngumpulin uang untuk beli rumah idaman nih teh, doain ya, mau cb praktekkin nih tips menabungnya

    Reply
  24. Kalau memperhitungkan dengan seksama antara kemampuan, DP rumah ini inginnya yang sekaligus besar ya.. Jadi cicilan per bulannya jatuhnya jadi lebih ringan. Tapi kudu singsetin badan banget, hihii.. istilah aja ini mah.. soalnya biasanya boros banget akutu.. Gak kuat kalo liat jajanan. Lebih hemat kalau bikin sendiri, gitu ya…

    Reply
  25. Setahun? Ya Allah, semoga disemogakan Allah untuk memiliki rumah dalam setahun ke depan. Aamiin ya Rabbal’alamiin

    Makasih sharing nya, mbaa

    Reply
  26. Bismillah bisa yaa menabung untuk DP rumah. Bener banget, kita harus tau dulu nih spesifikasi rumah yang diinginkan dan targetnya berapa banyak. Paling penting sih harus konsisten. Karena kadang mikir, ah setahun masih lama, jatah buat nabung dp rumah dipake dulu deh. Hehe. Nggak gitu yaa konsepnya 😀

    Reply
  27. Emang deh nabung DP rumah buat milenial kadang bikin maju mundur, bisa gak ya? Mulaid ari gaya hidup yang tinggi harus dipangkas dengan menghemat pengeluaran.

    Ya untung ada PermataME yang bantu mengatur keuangan dengan tabungan online. Bisa cepet beli rumah nih!

    Reply
  28. Sepakat nih mbak, untuk tabungan mending akunnya dipisah dengan tabungan untuk lalu lintas, apalagi untuk pedagang online seperti saya, khawatir uangnya bisa ikut kepakai modal atau hal lain

    Reply
  29. Masalah membeli rumah ibarat naik tangga, menurut saya. Sekarang saya baru belajar mengontrak rumah dulu, serta menghitung berapa biaya operasionalnya. Mudah-mudahan suatu hari nanti bisa belajar menghitung berapa biaya rumah sendiri. Amin.

    Reply
  30. Pernah baca, generasi milenial kedepannya akan sulit memiliki rumah terutama rumah tapak karena harga tanah akan terus membumbung tinggi. Selama tinggal di salah satu kawasan penyangga ibukota Jakarta, aku merasakan harga rumah makin mahal. Dulu aku beli rumah harganya 50 juta sekarang sudah ratusan juta. Jadi membeli rumah memang tidak bisa ditunda, karenanya menabung sejak dini bisa menjadi solusi, kalau bisa sih ngak hanya DP tapi juga menabung untuk membeli rumah meskipun jangka waktunya pasti lama.

    Reply
  31. Suka banget kalo baca blog tentang keuangan. Jadi ikut tersemangati juga untuk beli rumah atau aset lainnya, moga bisa terwujud di tahun ini, aamiin.. Ohiya sekarang bikin rekening online mudah banget ya, mempermudah nabung sesuai pos kebutuhan juga

    Reply
  32. Memisahkan rekening untuk tujuan jangka panjang ataupun yang sudah direncanakan seperti membeli rumah memang penting ya Teh. Mau gak mau kita pun harus disiplin dan berjuang memenuhi targetnya. Tanpa begitu, rasanya banyak banget godaan yang mungkin muncul di perjalanan dan akhirnya mengganggu rencana.

    Reply

Leave a Comment