Tips Menyimpan Butter dan Kisaran Harga

Tips Menyimpan dan Kisaran Harga Butter Berkualitas di Pasaran

Butter atau mentega banyak sekali dimanfaatkan dalam pembuatan berbagai macam hidangan penggugah selera. Apalagi jelang hari raya, butter banyak dipakai sebagai campuran pembuatan kue atau digunakan sebagai bahan untuk icing finishing makanan. Karena memang pada dasarnya bahan dasar butter ini sendiri adalah campuran antara lemak susu, sehingga menghasilkan rasa yang gurih nikmat. Di pasaran harga butter terbilang bervariatif menyesuaikan dengan jenisnya.

Perlu diketahui kalau butter ini sendiri tidak sama dengan margarin, ya. Meski sekilas dari segi tampilan mirip.

Karena bahan dasarnya dari lemak susu sapi, butter akan jauh lebih mudah leleh dibandingkan dengan margarin. Itulah mengapa butter tidak boleh sembarangan disimpan, karena akan mudah rusak. Biasanya harga butter jauh lebih mahal.

Berikut ini ada beberapa tips menyimpan butter agar lebih awet, yaitu:

1. Tutup secara rapat.

Hal ini ditujukan agar nantinya tidak ada kemungkinan bakteri atau spora jamur yang hinggap dan mengkontaminasi butter tersebut. Jadi ingat, sebaiknya tempatkan di dalam sebuah wadah yang rapat, ya.

2. Masukkan kedalam lemari es.

Suhu ruangan memang terbilang paling rentan menyebabkan butter meleleh, sehingga lebih dianjurkan untuk menyimpannya di dalam lemari es. Sehingga nantinya butter bisa tahan lebih lama. Simpan butter di dalam kulkas yang suhunya rendah. Ketika akan digunakan, biarkan terlebih dahulu beberapa waktu dalam suhu ruangan.

3. Gunakan tempat kedap udara.

Butter bisa juga disimpan di ruangan dengan suhu biasa, caranya adalah dengan lebih dulu memasukkan butter ke dalam wadah yang kedap udara. Kemudian masukkan ke dalam lemari yang bersih, jangan sampai terkena sinar matahari secara langsung. Dengan melakukan tahapan itu akan membuat butter tahan selama beberapa minggu. Namun tentu saja sebaiknya jika penyimpanan butter dalam suhu ruangan biasa, lebih baik secepatnya langsung digunakan.

=====

Ternyata cara menyimpan butter itu cukup mudah, bukan? Dengan demikian tak masalah jika kita menyetok butter dalam jumlah yang banyak sekaligus. Toh bukankah butter ini dapat menyulap cita rasa makanan akan jadi semakin enak?

Untuk memenuhi kebutuhan jelang hari raya yang biasanya semua bahan naik drastis, kita bisa segera mulai hunting bahan pembuat kue yang bisa disimpan dan tahan lama seperti butter.

Tidak perlu keluar rumah atau antri berdesakan, sekarang kita sudah bisa dengan mudah belanja bahan-bahan pembuat kue seperti butter ini cukup melalui gadget. Untuk mengecek harga unsalted butter dari berbagai merk bisa dengan klik di Tokowahab.com.

Happy shopping!

Comments

  1. HHHAHAHA aku pernah simpen butter biasa aja ga disimpen baik baik

    eh beneran leleh

  2. Jadi ingat dulu waktu masih jualan kue saya punya butter banyak banget trus saya gak suka baunya, padahal butter mahal.
    Akhirnya berbulan2 nangkring di lemari, sampai akhirnya saya buatin kue dikit2 dan habis juga.
    Emang kudu disimpan di tempat kedap sih, dan juga masukan kulkas lebih baik 🙂

  3. Aku gunakan butter untuk campuran kopi hitam tiap pagi, Mbak

  4. Tips yang pas jelang bikin kie Lebaran ini
    Memang mesti ati-ati nyimpen butter..jangan sampai dah lumayan harganya nyimpennya sembarangan aja..nyeseg deh di dada kalau rusak butter nya

  5. Saya ga pernah bikin kue-kue, jadi ga pernah nyimpen butter 🙂

  6. kalau aku biasanya ku geletakin aja di lemari es, hehehe..

  7. Anak saya lumayan sering pakai butter. Butter memang bagusnya disimpan di kulkas. Selain lebih tahan lama juga gak mudah meleleh. Tetapi, memang harus tertutup rapat.

  8. Butter lebih enak dibanding margarine, apalagi kalau buat kue jadi enak dan wangi. Wah butter bisa beli via online ya, sudah lama saya gak pakai butter 😀

  9. Mba, aku jarang simpan Butter di Lemari Es. Soalnya aku suka bikin kue-kue kecil yang simple ala ala aku sih di sore hari untuk buat cemilan anak-anak. Soalnya kalau di Lemari es suka lama cair nya ehehe. Tapi memang benar sih kalau butter itu lebih baik memang di simpan di lemari es agar tahan lama kadaluarsa nya. Btw aku baru tahu Toko Wahab mba. Bisa nih menjadi referensi aku untuk beli butter disana secara online.

  10. Kalau dirumahku butter ini cepat habisnya karena selain untuk roti kadang manggang atau goreng pakai butter. Apalagi kalau bikin nasi goreng untuk sarapan seringnya pakai butter. Aku pun biasanya menyimpan selalu dalam lemari es untuk butter ini dan nanti kalau mau pakai tinggal ambil secukupnya.

  11. Beneeer, saya dulu ga ngerti soal butter dan margarin, kirain sama aja, setelah suka masak2 jadi bisa membedakan. Enak ya teh sekarang mau pesan tinggal klik aja ke tokowahab

  12. Aku biasanya emang simpen di lemari es teh biar awet sayang soalnya kalau ga simpen di luar. Udah lama ga stock butter nih udah males bikin kue wkwk

  13. Waduh, sebagai emak-emak newbie aku baru tahu mba kalau butter dan margarin itu ternyata beda. Tak kira sama aja hehee. Btw, so tar aku sendiri emang selalu nyimpen mentega (bahasa aku) di kulkas mba, biar lebih awet. Ternyata ada alasan ilmiahnya ya mba supaya terhindar dari spora atau jamur. Nice info mba

  14. Teh Okti, kalo dulu pas masih aktif bisnis kue, aku selalu simpan better di Freezer. Itu tepat ga yah?

  15. kalao ruamh kutuh luamyan lembap teh, jadi aku biasnaya beli sedikit makanan yang gak awet lama termasuk bahan makanan macam butter ini. mudah jamuran jadinya.

  16. Aku biasanya suka simpen di kulkas teh. Soalnya butter itu termasuk yang gampang banget encer, jadi harus ditempat yang dingin.

  17. Yes bener tuh tipsnya mbak. Aku biasanya tak masukkan kedalam kotak dan memang paling aman dimasukkan kedalam lemari es. Mau pakai tinggal ambil dan insyaallah awet kok walaupun 2 minggu…

  18. Aku suka butter dioles begitu saja ke roti gandum, terutama butter yang unsalt. Rasanya gurih natural, duh jadi lapar deh busui hahaha

  19. Inka Amaliawati says

    Iya teh okti aku kalau beli butter langsung ke supermarket trus nyimpennya pun cooler bag karena mudah cair sekali ya

  20. Wah ternyata harus di tempat kedap udara ya? Terima kasih banyak mbak infonya hehe.

Speak Your Mind

*