Yuk Cari Tahu Prosedur Pengiriman Kargo

Bagaimana Prosedur Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo merupakan hal yang sudah lumrah saat ini, apalagi dengan makin berkembangnya jasa jual beli lewat internet.

Kargo biasanya dilakukan untuk mengirim barang dalam jumlah yang banyak dan dengan berat yang besar pula.

Ada banyak perusahaan jasa kiriman kargo di Indonesia. Hampir semua perusahaan menerapkan prosedur yang sama saat melakukan pengiriman untuk kargo. Berikut ini penjelasannya.

Langkah dalam Prosedur Pengiriman Kargo

Mengirim barang dengan jasa kargo membutuhkan prosedur yang terbilang lebih rumit dibandingkan dengan jasa pengiriman barang pada umumnya. Hal ini biasanya terkait dengan banyaknya dan beratnya barang yang lebih besar.

Berikut ini adalah langkah-langkah pengiriman kargo yang diterapkan oleh perusahaan jasa penyedia kiriman kargo di Indonesia.

1. Mempersiapkan Barang

Jika perusahaan tidak menyediakan layanan packing, barang harus dipersiapkan terlebih dahulu di rumah. Catat dengan pasti jenis barang yang dikirim dan ukuran barang.

Gunakan tempat yang aman untuk membungkus barang, seperti dus, peti, atau karung. Jika perusahaan layanan pengiriman logistik menyediakan jasa packing, serahkan pada perusahaan saja karena pasti lebih terjamin keamanan packing-nya.

2. Menghubungi Customer Service

Jika barang sudah siap, hubungi layanan customer service atau layanan pelanggan dari perusahaan jasa pengiriman logistik yang digunakan.

Jika bisa dilakukan penjemputan, pesanlah layanan penjemputan agar kita tidak perlu lagi repot mengantar barang kiriman ke agen logistik.

Selain itu, tanyakan juga jadwal keberangkatan kargo, baik via kapal maupun pesawat. Sesuaikan dengan keperluan dan cari waktu yang tepat untuk mengirim barang.

3. Melakukan Konfirmasi

Pada hari pengiriman barang, hubungi kembali layanan pelanggan dan konfirmasikan jika kita akan melakukan pengiriman pada hari itu, baik itu dengan menggunakan jasa penjemputan barang atau barang diantar ke alamat agen logistik.

Jika barang yang akan dikirim memang sangat besar kuantitasnya, lebih baik mintalah jasa penjemputan dari perusahaan pengiriman kargo agar barang tetap terjamin keamanannya dan tidak beresiko rusak di perjalanan.

4. Melakukan Pengiriman

Biasanya sebelum ini pihak pengirim diwajibkan untuk mengisi data-data yang terkait tentang detail barang yang dikirimkan, termasuk jenis barang, berat barang, bahan barang (mudah pecah atau tidak), dan lain sebagainya.

Selain itu, pengirim juga akan diberi tahu tentang biaya pengiriman barang. Jika barang diambil oleh petugas ke rumah pengirim, biasanya pembayaran bisa dilakukan langsung ke petugas.

Jika barang diantar ke alamat agen terdekat, biaya bisa dibayarkan pada petugas yang ada di sana.

5. Meminta Tanda Terima

Setelah pembayaran selesai, pengirim berhak meminta tanda terima atau resi. Resi ini biasanya mengandung nomor yang bisa digunakan untuk melacak atau melakukan tracking.

Dengan nomor ini, pengirim bisa memantau proses pengiriman barang. Selain itu, tanda terima dari perusahaan pengiriman kargo ini bisa digunakan sebagai bukti valid untuk melakukan klaim atau tuntutan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada barang yang dikirim, seperti kerusakan karena pengiriman, barang hilang, barang tertukar, dan lain sebagainya.

_____000_____

Demikian penjelasan tentang prosedur untuk mengirim barang lewat kargo.

Oya, supaya tidak kecewa, pilihlah perusahaan penyedia layanan kargo yang mumpuni dan terpercaya, seperti Sera Astra. Sera Astra menyediakan jasa pengiriman melalui kargo dengan layanan terbaik. Barang dengan kuantitas besar akan lebih aman jika dikirim lewat SERA Astra karena keamanan barang terjamin 100%, status pengiriman mudah dipantau, dan proses penjemputan hingga penerimaan barang dilakukan oleh tenaga professional di perusahaan pengiriman kargo ini.

 

Comments

  1. Dulu sering terima kargo dalam ukuran dan berat yang lumayan dengan beragam isi (maklum dari yang kerja di Arab), sampai kesini banyak barang yang rusak mungkin karena kelakuan para petugas cargonya yang sembarangan.
    Sekarang jarang terima cargo, tapi Astra sepertinya reccomended kalau nanti harus ada kirim-kirim barang lagi…
    Haturnuhun infonya

  2. Beberapa kali pake kargo emang lebih murah seh. Sampainya juga cepet

  3. Waah jadi gitu ya. Jadi tahu nih gimana proses di kargo. Sepertinya lumayan nih kalau buat kirim2 barang banyak dan besar ke berbagai daerah. Bisa dicoba

  4. Aku banyak kali pengen kirim barang lewat kargo tapi gak tahu prosedurnya. Btw gimana dengan hargannya ya?

  5. Wah kalau begini bisa estimasi waktu lebih detil lagi… terimakasih banyak ilmunya teh!

    Oh iya, salam kenal ya, saya Hotlas Mora dari tim Lagi-Lagi Media – Media Nyentrik, Minim Intrik, Sedikit Menggelitik

  6. Wah… ternyata proses nya cukup panjang dan kita harus benar benar paham. Jadi kita mesti tahu benar apa yang dilakukan terhadap barang kita. yang penting ada tanda terima agar kita bisa mengecek terus barang

  7. Aku punya teman bisnis Cargo kok duitnya banyaj ya hahaha. Asyik ya info step by stepnya.

  8. Saya blm punya pengalaman kirim kargo, info ini sangat bermanfaat sbg pencerahan,siapa tahu besok2 mau kirim2 kargo sdh namun tahu..

  9. selama ini saya cuma terima barang saja, tidak pernah tau mekanisme dibalik pengiriman barang, apalagi kalo pengiriman kargo

  10. Terima kasih untuk tipsnya. Berguna kalau ingin mengirim dengan jasa kargo Betul banget, perusahaan penyedia layanan kargo yang mumpuni dan terpercaya biasanya yang aku pilih untuk meminimalkan ketidaknyamanan dalam pengiriman.

Leave a Reply to Hotlas Mora Cancel reply

*