Sikat Gigi Bulan Puasa

Menyikat Gigi di Bulan Puasa

Menyikat gigi saat bulan puasa, salah satu yang saya hindari dan ajarkan kepada anak. Maksudnya kami selalu menyikat gigi hanya dalam rentang waktu setelah waktu berbuka puasa dan waktu sebelum imsak saja.

Kenapa begitu? Karena saya khawatir anak belum bisa membedakan. Sementara pasta gigi dia ada rasa mint dan wangi buah. Selain itu ya sebagai pembelajaran untuk disiplin saja bahwa segala sesuatu ada waktunya. Dengan demikian saya harap anak kelak dewasa bisa menahan diri dari hal-hal yang sebaiknya dihindari.

Tapi kemarin pagi, saya membiarkan Fahmi, anak saya menyikat gigi lewat dari waktu imsak. Itu karena saya pikir Fahmi tidak akan berpuasa secara sejak kemarin dan semalam ia kena demam. Lemas dan pucat sekali wajahnya.

Kemarin Minggu anak-anak libur sekolah dan tidak berolahraga lari keliling lapangan seperti biasa dikarenakan bulan puasa. Fahmi dan teman-temannya bermain di depan pabrik penggilingan pagi samping rumah. Padahal di situ panas. Iyalah wong itu tempat menjemur padi.

Setelah bosan bermain pulang dan kebetulan depan rumah lewat odong-odong yang ramai ditumpangi anak-anak. Tidak ingin tertinggal teman-teman yang sudah duduk di dalam, Fahmi memaksa ingin naik meski odong-odongnya sudah penuh. Tapi si bapaknya baik hati, Fahmi ditempatkannya di depan bersama dua anak lain. Fahmi senang. Leluasa bisa melihat ke depan tanpa terhalang teman.

Pulang dari naik odong-odong hampir duhur. Langsung setelah istirahat sebentar bersih-bersih dan ambil air wudhu. Lalu seperti biasa dengan ayahnya solat duhur di masjid.

Mba pulang dari masjid inilah saya merasa dahi Fahmi tidak seperti biasa. Demam. Saya segera menyuruhnya istirahat. Padahal saya sudah khawatir. Mana besok Senin nya kan mau ulangan semester akhir di sekolah.

Jangan-jangan Fahmi masuk angin, setelah panas-panasan di depan penggilingan pabrik tadi lalu naik odong-odong di depan pula.wah semoga tidak apa-apa. Doa saya.

Tapi benar saja, bangun tidur siang, Fahmi kena demam. Wajahnya pucat. Saya suruh berbuka saja, tapi ni anak tidak mau. Sayang katanya kalau harus batal. Akhirnya sampai waktu berbuka ia hanya gogoleran sambil keluar keringat dingin.

Antara sedih dan bangga saya tuh. Ni anak meski sakit tetap kuat tidak ingin membatalkan puasanya. Saya dan suami sepakat besok tidak puasa juga tidak apa-apa. Toh belum wajib bagi anak seusia Fahmi, 6 tahun lewat 2 bulan ini.

Makanya Senin tadi saat sahur, saya tidak membangunkan Fahmi. Tapi tu anak bangun sendiri karena tahu jam sahur ada film Ultraman kebanggaannya. Hehehe. Saat itu masih agak lemas. Tapi sudah tidak demam. Kami tidak memaksanya sahur, tapi ia minta roti dengan susu. Dimakan hanya beberapa gigitan di pinggirnya. Sebelah juga tidak pokoknya dikit banget.

Ini sisa roti yang digigit Fahmi saat sahur kemarin

Saat imsak saya tidak segera menyuruhnya nyikat gigi. Karena saya pikir Fahmi tidak usah puasa dulu. Lah itu anak minta sikat gigi ternyata. Dia sadar juga karena sudah terbiasa selalu saya bilangin menyikat gigi sebelum imsak itu lebih baik.

Selama ulangan di sekolah Fahmi tampak sehat. Saya sudah lebih tenang. Demam anak sudah hilang.

Saya pikir pulang sekolah ia akan minta berbuka secara ia tidak makan sahur. Tapi ternyata tidak. Meski tampak lemas dan pasti lapar Fahmi tetap bertahan berpuasa.

Duh anak ini teguh juga. Orang dewasa saja kalau sahur hanya makan pinggiran roti tawar pasti gemetaran. Bahkan tidak jarang ada yang jadikan alasan tidak kuat karena tidak (cukup) sahur lalu menjadikan alasan untuk berbuka. Lah ini Fahmi saya suruh (sarankan) berbuka malah geleng kepala. Sayang ah, katanya.

Semoga puasa serta ibadah lainnya saat kecil ini jadi landasan kuat kelak jika kamu sudah dewasa, ya Nak.

Comments

  1. Iya namanya juga anak-anak takutnya nanti ada yang tertelan ya ketika menyikat gigi. AKu juga gak nyaman kalau siang2 sikat gigi kalua lagi puasa, soalnya kan pasta giginya ada rasanya gitu

  2. Fahmi lekas sembuh, ya. Terus rajin sikat giginya. Puasanya juga tetap semangat, ya 🙂

  3. Fahmi hebat meski lemas puasa jalan terus. Semangat ya nak dan cepat pulih dari sakitnya. Selamat menjalankan ibadah buat mbak Okti dan keluarga.

  4. Masyaallah, sehat dan salih terus ya, Fahmi. Kayak anakku, nih. Kemarin juga sempat ga sahur tapi alhamdulillah bisa kuat puasa sampai magrib.

  5. Wah jempol buat Fahmi..sudah kuat puasa dan teguh pula! Semoga sehat selalu ya, nak…

  6. Subhanallah Fahmi….semoga terus Istiqomah dalam beribadah ya…aamiin….semoga pula Fahmi cepat sembuh ya mbak….. Memang ada pandangan yang berbeda bagi sebagian ulama tentang hukum menyikat gigi saat berpuasa. Boleh menyikat gigi tapi jangan sampai ada air atau pasta yang masuk ke mulut….akan lebih baik dihindari ya…karena sebenarnya bau mulut saat berpuasa tidak perlu dirisaukan, karena ini sudah menjadi pahala di hadapan Allah SWT.

  7. Wah, salut sekali sama Fahmi, Mbak…. Semoga Fahmi sehat selalu ya, sehingga ibadah puasanya lancar….

  8. Wahhh hebat nih, Fahmi, tetap puasa walau makannya “hanya” beberapa gigitan roti. Ramadhan ini juga anakku diajari berpuasa, tapi masih lebih banyak bolongnya nih karena masih jam 10 pagi udah teriak lapar, hehehe

  9. Kami sekeluarga punya kebiasaan untuk sikat gigi dan kumur-kumur segera setelah sahur nih mba. Jadi segeer

  10. Iya nih sikat gigi sebelum sholat subuh itu wajib bgt. Klo gak, gak kebayang klo gak.. Mana puasa lagi

  11. Hebat ya Fahmi, pendirian dan kemauannya kuat. Semoga jadi anak sholeh dan berbhakti pada orangtua ya:)

  12. Asal yakin bisa dijaga nggak ada air dan pasta gigi yang tertelan ternyata boleh sikat gigi
    Saya jarang sih sikat gigi pas puasa, kec saat kerja dulu sebelum ngajar siang, tp jgn banyak2 pasta giginya atau ga usah pakai, cm biar mengurangi aroma aja

  13. Hebatnya kakak Fahmi ya semoga bisa full puasanya sampai 30 hari. Untuk sikat gigi sih kami sekeluarga tetap sikat gigi entah seperti biasa asal yakin wee ga ada yang ketelan kedalam mulut hehe.

  14. Diah Woro says

    Semangat terus ya nak puasanya Dan jaga kesehatan selalu Jangan lupa, kebersihan gigi juga diutamakan ya, krn ga ada gantinya lagi klo giginya rusak hehe

  15. Sikat gigi saat puasa aku pakai 4 waktu
    Sudah saya kupas di blog juga
    Soalnya selalu ada yang tanya, bisa pa ga sikat gigi saat puasa.

  16. Wah Fahmi hebat ya puasanya ssh rajin begitu…iya kalau kebiasaan jd terbiasa minta sikat gigi jam segitu hehe..keren..

  17. Kebiasaan baik memang akan senantiasa dilakukan ya, apalagi bagi anak anak, jika sudah rutin melakukan hal-hal baik seperti rutin menyikat gigi, seperti sikat gigi selepas sahur, ramadan semakin damai dan nyaman ya.. jauh juga dari bau mulut yang mengganggu saat puasa

  18. Fahmi hebat ya puasanya..ponakan ku ada yang kayak Fahmi teh semangat untuk berpuasa dan nggak mau buka. Bangga banget punya anak yang dari kecil sudah mampu menjalankan ibadah puasa.

  19. Luar biasa nih Mas Fahmi, teguh sekali niat berpuasanya. Padahal masih kecil dan kondisi sedang sakit ya.
    Alhamdulillah ya mba punya anak sholeh gini. Semoga Mas Fahmi segera pulih kondisinya ya, jadi puasanya bisa maksimal dengan kondisi badan sehat.

  20. wah, keren kak fahmi.. udah kuat ya puasa seharian mesti kondisinya lagi gak fit.
    semangat yaa,.. semoga cepat sehat.. 🙂

  21. MashAllah~
    Sholihnya Fahmi..
    Semoga shaumnya lancar yaa, nak… Sukses untuk ujian akhirnya dan memperoleh hasil terbaik.
    Aamiin~

  22. Masya Allah Fahmi.
    Aku jadi ingat putriku Yasmin yang dulu seusia Fahmi juga sudah puasa full.
    Meski belum satu bulan penuh, namun aku cukup salut pada doi.
    Memang beda ya kalau dalam satu rumah itu puasa semua, aura untuk ikut puasa itu begitu dominan
    Malah sayang banget kalau tidak ikut puasa.
    Hal itu aku alami jika saat datang bulan.
    Rasanya sedih juga, tidak puasa sendirian, hahaha

  23. Duh kebayang sakit gigi tuh rasanya menyiksa, apapun tak enak. Bahkan tidur pun masih sakiiit, Fahmi soleh ya, hebat

  24. Wow keren Fahmi. Saya patut malu kepadamu, Nak. Kalo saya pasti dah berbuka tu di pagi harinya.

    Saya juga membiasakan diri sikat gigi di luar jam puasa, soalnya setiap selesai sikat gigi pasti aja butuh minum.

Leave a Reply to Arda Sitepu Cancel reply

*