Tempat Buka Puasa Favorit di Cianjur

Tempat Buka Puasa Favorit di Cianjur

Tempat buka puasa favorit di Cianjur cukup banyak dan beragam. Khsusunya bagi masyarakat Cianjur yang tinggal di sekitar Utara Cianjur alias daerah kota.

Sebagaimana kota-kota lain, saat ini Cianjur juga memiliki alun-alun yang sangat fenomenal. Bahkan Pak Presiden Jokowi sendiri mengatakan saat meresmikan alun-alun ini pada awal tahun 2019 lalu jika Alun-alun Cianjur akan jadi percontohan bagi seluruh kota kabupaten di seluruh Indonesia.

Alun-alun Cianjur Tempat buka puasa favorit di Cianjur

Tentunya selain Alun-alun Cianjur, masih ada banyak beberapa lokasi yang jadi tempat buka puasa favorite di Cianjur, seperti Taman Prawatasari, Taman Kreatif Joglo, dan wana wisata lainnya.

Selain itu ada juga tempat buka puasa favorit masyarakat di Cianjur berupa lokasi penjual kuliner cepat saji. Kebetulan di Cianjur baru saja dibuka tahun lalu restoran makanan khas Italia dan goreng ayam fenomena dari negara Amerika. Bagi urang Cianjur khususnya saya dan keluarga, adanya restaurant itu jadi lokasi wisata kuliner tersendiri. Soalnya selama ini urang Cianjur kalau mau nyicipin menu fast food yang gaya sedikit harus ke luar kota.

Itu bagi urang Cianjur kota. Apalagi bagi warga Cianjur yang tinggal di bagian selatan. Yang sama sekali tidak ada mall, tidak ada restaurant cepat saji macam gerai franchise. Yah boro-boro sarana prasarana buat hiburan, kantor cabang bank saja sebagai salah satu sarana vital, tidak semua ada. Kecuali bank milik Pemerintah sih iya ada di setiap wilayah kecamatan. Di tempat kami ini kalaupun ada cukup toko serba ada dan minimarket.

Jadi jangan salah kalau di Cianjur Selatan, khususnya di tempat saya tinggal, toko serba ada dan minimerket selalu penuh oleh pengunjung. Yang mana bukan hanya mau berbelanja, tapi sekedar nongkrong dan keluar masuk menikmati AC jika dinyalakan.

Tempat buka puasa favorit di Cianjur Selatan buat anak adalah minimarket. Telur-telur itu salah satu daya tariknya…

Selebihnya bagi masyarakat jauh di pelosok lagi. Saya ini termasuk tinggal di pelosok kalau dilihat dari Cianjur kota. Tapi mereka masih banyak yang tinggal jauuuh lebih pelosok lagi dari saya loh. Ada yang ke kota kecamatan saja kendaraan 2 jam perjalanan dikarenakan jalan teramat rusak. Bagi mereka tempat buka puasa favorite cukup di rumah masing-masing saja.

Alias tidak ada tempat buka puasa favorite di Cianjur bagian selatan ini. Kalaupun ada, paling yang jadi tempat buka puasa favorite sekitar halaman masjid, atau halaman pabrik penggilingan beras yang halamannya cukup luas. Itu pun kalau cuaca bagus. Kalau hujan ya mending diam di rumah masing-masing, ya kan?

Kalaupun cuaca bagus, masyarakat Cianjur Selatan tetap lebih banyak yang berbuka puasa di rumah masing-masing. Kecuali bagi para pengurus masjid dan atau para musafir ada yang berbuka puasa di masjid. Tapi itu pun cuma untuk membatalkan. Dengan menu sederhana air teh dan goreng-gorengan. Kalau ada dermawan mungkin baru bisa mencicipi kolak atau sirup buah. Setelah batal puasa lalu solat berjamaah dan langsung pulang. Makannya tetap di rumah masing-masing.

Hujan turun, anak-anak ngabuburit sekaligus buka puasa di rumah saja.

Beda lagi dengan anak saya, juga beberapa anak di sekitar kampung ini, tempat buka puasa favoritnya tiada lain adalah minimarket. Hahaha. Ya, di sana mereka merasa senang dan karena itu anak-anak mau puasa sehari full asal sorenya jalan-jalan dan beli telur bukan sembarang telur yang biasanya ditaruh di depan kasir. Telur yang bisa bikin bangkrut para orang tua kalau belinya sekaligus sekilo

Begitulah, lain tempat lain pula kebiasaannya. Lain di kota lain pula di desa saya. Jangan merasa aneh kalau tempat buka puasa favorit di Cianjur ini sungguh bikin ngakak tertawa.

Comments

  1. Jadi kapan kita bukber di Cianjur atulaaah, cuus ke alun-alun ajaa biar bisa cemal cemiiiil…

  2. Kalau di tempatku sih ada tempat untuk nyari menu buka puasa. Khusus di bulan Ramadan, banyak banget yang jualan di kanan kiri jalan. Ada di daerah Kalitutup & Trate Kab. Gresik, dekat pasar Gresik.

  3. Wkwkwk kayanya tau telur di dekat kasir itu haha … itu foto alun-alunnya cakep banget siih, aku krn kbiasaan di kota pengen juga ngerasain kehidupan desa kaya gitu, adem, segar, dan sejuk ya.

  4. Rachmanita says

    Makasi ya sharingnya jadi kalau nanti ke cianjur bisa mampir main kesana

  5. Mesjid di cianjur bagus banget dan bersih. Kepengen juga main kesana nih kak okti

  6. membaca tulisan ini, membuat saya ingin ke cianjur. penasaran sama alun-alunnya yang menjadi alun-alun percontohan

  7. Sering baca cerita Mbak Okti tentang Cianjur jadi pengin ke sana saya. Semoga kapan waktu saya bisa ajak keluarga. Penasaran dengan alun-alunnya dan semuaaa:)

  8. Daku juga kalau buka puasa favoritnya mah di rumah, apa pun suasana dan cuacanya tenang karena berada di rumah

  9. Hehe itu telur2 harus disingkirkan akupun bbrp Kali k indorm.. dan Alfam.. Ibu suka berantem itu ama anak2 nya .. emang plng enak buka dirumah brsama kluarga

  10. Tempatnya Teh Okti sebenernya enak gak enak ya. Enaknya, masih alami dan bikin gak boros nih. Kita dan anak-anak jadi gak konsumtif karena gak banyak tempat makan dan mall. Tapi gak enaknya, kalo perlu sesuatu yang khusus, kudu ke kota dulu dan jauh. Aku suka deh di desa gitu. Di sini udah bisiiiing. 😀

    • tetehokti says

      Iya Téh. Ini mah mau cari skippy sampai sekarang aja blm dapat2. Harus ke kota Cjr nya hikz!

  11. hehe telor depan kasir kesukaan bocah 😀 pankapan pengen ke cianjur ah buat refreshing 😀

  12. Aku salfok sama foto kinderjoy, hehehehheeee… Btw ini Alun-alun Cianjur bagus sekali ya, aku pun kalau disana pasti piliha Alun-alun Cianjur.

  13. Alun-alun Cianjur cakep banget ya mbak… Ya betah banget lah pastinya. Dulu sebelum ada anak sukanya ngabuburit ke alun-alun kota kalau saya tapi semenjak ada anak pilih dirumah saja …hehehe

  14. Aku save ah tempat-tempat ini. Sebagai bahan referensi nanti kalau aku ke Cianjur ehehe. Alun-alun nya bagus ya mba..rame pastinya tuh sore sama hari libur. Apalagi bulan luasa gini ya mba..

  15. Ditempat sy banyak tempat buat buka puasa, seperti mall, rumah makan, tapi tetep faforitnya buka puasa dirumah teh 🙂 setiap daerah ada kekhasan masing2 ya 🙂

Speak Your Mind

*