Mau Tinggal di Ruko Sekalian Usaha? Ini Tipsnya

Mau Tinggal di Ruko Sekalian Usaha? Ini Tipsnya

Membuka usaha adalah salah satu jalan rizki yang peluangnya selalu terbuka luas. Ada banyak hal yang bisa dijadikan usaha dan tentu saja sesuai dengan kemampuan dan keinginan. Bila ingin membuka usaha dengan menyewa ruko di Jakarta, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Apalagi bila melihat harga sewa ruko di Jakarta yang harganya relatif mahal dan sulit mencari yang pas sesuai keinginan.

Karena terkadang kita ingin harga yang terjangkau, mudah diakses padahal itu sesuatu yang cukup langka ditemukan di Jakarta. Kebanyakan tempat yang strategis pasti mematok harga yang mahal dan kita juga tidak mungkin memilih tempat usaha yang daerahnya sepi. Jadi, mau tidak mau kita harus mengeluarkan banyak dana untuk mendapatkan tempat usaha yang sesuai. Agar tidak merasa rugi telah membayar mahal, kita bisa menjadikan ruko jadi tempat yang multifungsi. Ruko yang kita sewa dapat digunakan sebagai tempat usaha sekaligus untuk tempat tinggal agar kita tidak merasa terbebani dengan biaya sewa ruko di Jakarta yang tinggi.


Tips memilih tempat usaha berupa ruko yang sekalian dijadikan sebagai tempat tinggal 


Tingginya biaya hidup dan biaya sewa tempat tinggal harus membuat kita berfikir kreatif, praktis dan juga fleksibel. Daripada merasa pusing karena banyaknya pengeluaran yang dikeluarkan, tidak ada salahnya bila ruko yang disewa dijadikan tempat tinggal. Namun sebelum memilihnya, simaklah beberapa tips berikut ini agar mendapatkan tempat yang terbaik.

  1. Lokasi yang strategis, mudah ditemukan dan dilihat


Saat kita akan membuka usaha, pilihlah tempat yang strategis, mudah ditemukan dan mudah dilihat. Ini akan sangat berperan penting dalam perkembangan usaha agar banyak orang yang mengunjunginya. Dengan letak yang strategis tentu saja orang akan lebih tertarik untuk mencoba mampir untuk membeli produk yang ditawarkan.

Selain itu letak yang mudah ditemukan akan membuat orang yang mencari tidak kebingungan. Bila letak tempatnya terlalu jauh dari jalan besar dan masuk ke dalam kemungkinan orang akan berpikir dua kali untuk mengunjungi. Lebih menguntungkan lagi bila tempatnya juga mudah dilihat dari jalan raya sehingga nama tempat dapat ditemukan dengan cukup mudah.

Dengan tempat yang mudah dilihat, kita akan lebih menghemat biaya promosi karena pasti orang sudah tertarik untuk mampir dan mencoba. Usahakan juga mencari tempat usaha yang cocok dengan produk atau jasa yang dijual. Misalnya saja bila ingin membuka usaha print, jilid dan fotocopy, bukalah di ruko yang dekat dengan lingkungan sekolah ataupun kampus agar omset dan keuntungannya besar.

2. Mempertimbangkan biaya membangun atau menyewa ruko


Apabila memiliki tabungan yang cukup dan berniat untuk membangun ruko di atas tanah sendiri, itu merupakan ide yang brilliant. Apalagi bila letak tanahnya berada di kawasan yang strategis dan menguntungkan. Ini merupakan investasi jangka panjang yang sangat bagus. Namun bila tidak, kita bisa menyewa ruko saja walaupun dengan harga yang relatif tinggi apalagi bila letaknya strategis.

Perhitungkan dengan detail keuntungan yang akan kita dapatkan dari usaha yang dijalani. Usahakan agar keuntungan usaha lebih besar daripada biaya sewanya agar tidak rugi dan dapat terus menjalankan usahanya. Ini hal yang sangat penting untuk dipikirkan secara matang agar semuanya berjalan secara seimbang dan lancar.

Biasanya penyewaan ruko menawarkan jangka waktu tertentu untuk menyewa. Bila belum merasa cukup yakin dengan prospek ke depannya, sewalah dahulu dengan mengambil jangka waktu yang paling pendek agar tidak rugi. Tetapi konsekuensinya adalah kenaikan harga yang harus kamu bayarkan saat akan memperpanjang masa sewa.

3. Lahan yang cukup nyaman untuk dijadikan tempat usaha


Selain letak yang strategis, kita juga harus memikirkan kenyamanan para customer. Misalnya saja bila akan membuka usaha kuliner seperti café, usahakan kita memiliki tempat parkir yang memadai untuk mobil dan motor. Jangan sampai hal ini tidak diperhitungkan dan dianggap tidak penting.

Karena biasanya customer juga akan berpikir dua kali bila harus mengunjungi suatu tempat usaha yang tidak ada lokasi parkirnya yang memadai ataupun terlalu padat. Mereka pasti juga ingin mendapatkan kemudahan akses serta keamanan dari kendaraannya saat berada di dalam tempat usaha kita. Kemudahan akses ini dapat memberikan dampak signifikan dalam usaha yang kamu jalankan.

4. Menjalin hubungan yang baik dengan para konsumen


Setelah mendapatkan tempat yang strategis untuk usaha, ada hal lain juga yang penting untuk terus dijaga. Hal tersebut adalah hubungan dengan konsumen. Karena konsumen memegang peranan penting dalam jalannya usaha kita nantinya. Kita pasti tidak mau bukan kehilangan banyak konsumen karena pelayanan yang kurang baik dan tidak memuaskan.

Oleh karena itu, bersikaplah yang baik dan berikan pelayanan yang maksimal untuk semua konsumen. Karena biasanya konsumen yang merasa puas akan menceritakan tempat usaha kita ke orang lain dan ini akan mebuka peluang yang lebih luas. Usaha kita akan semakin laris dan diminati banyak orang sehingga keuntungannya juga pasti akan lebih besar.

5. Hal perijinan bisnis dan usaha


Dalam menjalankan bisnis dan usaha tentu saja tidak terlepas dari beberapa ketentuan yang harus dilaksanakan. Hal ini menyangkut kelegalan usaha yang dijalankan karena semua usaha harus membayarkan pajaknya juga kepada negara. Yang paling utama adalah ijin untuk menjalankan usahanya terlebih dahulu. Dengan mendapatkan izin, berarti usaha yang dijalani sudah dianggap legal dan taat hukum.

Apabila kita mengabaikan hal ini karena menganggap belum penting, bisa jadi hal ini menjadi suatu masalah yang besar di kemudian hari. Jangan sampai hal ini terjadi dan usaha kita diminta untuk ditutup karena beroperasi tanpa ijin saat sudah mulai berkembang. Kita akan kehilangan peluang baik usaha yang sedang dijalankan dan juga merugi dengan biaya sewa yang sudah dikeluarkan.

6. Lingkungan tempat usaha


Karena yang kita pilih ini adalah ruko yang akan kita jadikan juga sebagai tempat tinggal, jadi kita juga harus selektif untuk memilih lingkungannya. Pilihlah lingkungan yang sekiranya aman dan juga terhindar dari bencana seperti banjir tahunan. Karena daerah Jakarta terkenal rawan banjir dan itu akan berdampak pada usaha yang akan lumpuh beberapa saat bila terkena dampak banjir.

Selain itu lingkungan yang dimaksud adalah lokasi sekitarnya. Jangan sampai salah pilih tempat usaha kuliner di dekat tempat pembuangan sampah atau tempat usaha lain yang memiliki aroma tidak enak. Hal ini akan membuat customer yang akan berkunjung berfikir lagi dan mungkin mengurungkan niatnya untuk membeli.

 oo00oo


Jadi, telitilah dan terapkan beberapa tips diatas agar usaha berjalan dengan lancar sekaligus mendapatkan tempat tinggal yang nyaman. Apabila ruko yang kita sewa memiliki dua lantai, ini akan lebih nyaman dan menguntungkan. Karena kita bisa tinggal di lantai atas dan lantai bawah difokuskan untuk menjalankan usaha. Selamat berburu ruko yang terbaik dan semoga usahamu diberi kelancaran ya…

Comments

  1. Wah cakep banget ni ya mbak rukonya. Bisa buat usaha plus tempat tinggal. Kerja usaha tapi gak sampai ditinggal deh rumah

  2. Memang sih, kalo sekalian untuk usaha/bisnis, praktisnya kita tinggal di satu tempat ya, Teh? Jadi ga buang waktu antara ke rumah dan ke tempat usaha. Ruko adalah solusi jitu utk keperluan ini. Dan, ini, ruko-rukonya kece badai, jadi mupeng. Mudah-mudahan suatu waktu bisa terwujud untuk tinggal di ruko sekalian berbisnis. Aamiin. Thanks untuk tipsnya, Teh.

  3. Wah..bener banget tempat kudu strategis..sewa ruko juga jadi pertiMbangan…, Apes kalo dagang tipis untung..n terkesan jualan cuma buat nyari uang sewa…doang..

    Nah ..lokasi dan biaya sewa kudu jadi pertimbangan…

  4. Seru juga ya tinggal di ruko. Jadi inget ada sepupunyang pernah tinggal di ruko, setiap lebaran gedor rumahnya susah. hahaha. Jaman dulu masih gak terlalu banyak HP dan telpon rumahnya ada di lantai 1 tokonya

  5. Dulu saya sempet teh kepikiran buat tinggal diruko, hihi. Bawahnya buat wedding galery atasnya buat rumah, tapi sieun haha karena adanya dipusat perbelanjaan kitu, jadi jarang dihuni. padahal enak yah sekalian tinggal di ruko.

  6. Bangunan ruko mesti dipastikan kokoh. Karena umumnya sih orang-orang itu tahunya ruko dibangun dengan bahan ala kadarnya. Jadi biasanya gampang kenapa-kenapa. Hujan dikit, bocor… Gampang retak dan lain sebagainya.

  7. Memang lebih praktis ya kalau tinggal satu gedung sama lokasi usaha, apalagi kalau di kota besar

  8. Selain praktis bisa hemat biaya juga ya mba, gak bolak balik ke rumah ke ruko 🙂

  9. Ini kok pas banget untukku, Mbak. Kebetulan usaha suami baru goyah karena tempatnya digusur nih. Pilihan lain yg paling pas saat ini memang harus menyewa ruko. Karena kami tidak punya tanah di tempat yg strategis.

  10. Aku sejak SMA tinggal di ruko Mba sama Papa Mama, enak jadinya, lantai bawah untuk usaha, lantai atas untuk tempat tinggal. Kalo capek, pulang ke rumau ga jauh karena tinggal naik ke atas. Kerja juga tanpa macet-macetan hihi

  11. cling…cling..cling… jadi dapat ide nih… kayaknya bisa juga di terapkan di kota Cianjur nih idenya Teh Okti..

Leave a Reply to andyhardiyanti Cancel reply

*