Folder Galeri di Ponsel Hilang, Jangan Panik! Lakukan hal berikut untuk Mengembalikannya

Folder Galeri di Ponsel Hilang, Jangan Panik! Lakukan hal berikut untuk Mengembalikannya

Bagaimana tidak panik, kalau tiba-tiba foto-foto dan video semua di folder galeri ponsel saya hilang! Berkali-kali dibuka, dicari tetap blank alias kosong. Aduh, mana banyak foto yang mau diupload ke blog sesegera mungkin. Mules deh rasanya.

Tidak hanya itu, fitur kamera dan screenshot juga tidak berfungsi sama sekali. Beberapa kali mencoba tetap tidak bisa. Selalu muncul notifikasi kalau katanya ruang terbatas/tidak diizinkan aplikasi/organisasi anda.

Nah loh, apapula itu? Saya yang gaptek jelas makin bingung saja. Padahal jelas kemarin saya cek memori internal masih banyak. Bahkan memori card tambahan sebanyak 8Gb juga tidak dipakai.

Tapi kenapa kamera tidak bisa berfungsi dan folder galeri di ponsel tiba-tiba hilang? Itu tidak tau terhapus atau kenapa. Makin mules deh pokoknya.

“Mohon info cara balikin galerinya gimana ya? Ponsel saya ASUS Zenfone Max 3 ZC550KL”

Saking panik dan bingung saya bertanya kepada beberapa teman sekaligus di group media sosial dan whatsapp.

“Pakai microSD?” tanya teman.

“Virus?” tanya teman lainnya.

Aduh, saya tidak tahu deh. Tapi semua aplikasi di ponsel tetap bisa jalan. Cuma lihat galeri ilang semua. Ga bisa screenshot sama tidak bisa ambil foto juga.

“Coba dilepas microsd-nya,” saran teman.

“Restart.” Saran teman yang kain lagi.

“Coba dipindahkan dulu file di dalam HP ke dalam laptop, Ceu. Biasanya galerinya bukan ilang, tapi nggak bisa dibaca di HP aja.”

Senang rasanya banyak saran dan masukan. Bahagia disaat panik dan bingung, banyak teman yang meski entah lagi apa, entah lagi dimana, tapi tetap perhatian dan mau membantu. Itulah manfaat silaturahmi dan berjejaring.

“Waktu itu Samsung A5-ku juga gitu, Teh. Setelah itu kena mode aman sampai sekarang. Ke servis center katanya tombolnya kena, harus ganti akibat kena benturan.” Blogger dari Jakarta cerita terkait permasalahan yang sama. Wah, ternyata bukan saya saja yang pernah mengalami hal serupa.

“Awalnya sama tidak bisa screenshot, terus kena mode aman, semua aplikasi yang didownload tidak tampil. Tombol volumenya gak fungsi dan itu yang harus diganti. Sementara sparepart belum ada.” Wah masalah ponsel teman blogger dari Jakarta ternyata malah lebih kompleks ya.

Saya berusaha untuk tenang. Membaca ulang komentar teman-teman dalam group yang memberi saran

Pelan-pelan, saya ikuti step by step saran-saran yang disampaikan teman di atas. Memori card saya lepas. Tapi ternyata tidak berpengaruh. Karena sebelumnya juga memory card memang tidak digunakan. Saya masih pakai memori internal hape. Galeri masih blank kosong, dan kamera tetap tidak bisa berfungsi dengan notifikasi yang sama: Kamera tidak dapat digunakan karena ruang terbatas/tidak diizinkan aplikasi/organisasi anda.

Oke, opsi selanjutnya dari teman adalah restart. Saya lihat baterai masih setengahnya. Lebih dari cukup untuk restart ponsel.

Saya pun restart ponsel. Ponsel kembali siaga beberapa menit kemudian. Tampilan layar tetap seperti biasa. Saya klik galeri. Dan… Alhamdulillah, semua foto dan video dalam folder galeri kembali… #sujudsyukur

Saya senang tidak terkira. Sangat berterimakasih banyak kepada teman-teman yang sudah memberikan saran dan informasi terkait masalah ponsel saya yang tiba-tiba tidak bisa diakses galeri dan tidak berfungsi kameranya.

Nuhun sekali buat semua info dan saran. Semoga jadi kebaikan yang pahalanya berlipat. Amin. Tadi saya teramat sangat panik. Langsung ingat blogpost yang harus segera publish sementara foto-foto terkait kok malah tidak ada. Sekarang saya sudah tenang. Bahagia betapa tidak terkira. Ini yang dinamakan tidak perlu nunggu kaya untuk bisa bahagia, kali ya? Hehehe…

“Alhamdulillah, case closed!” lapor saya di group yang sama. Tidak lupa berterimakasih kepada semuanya.

“Akhirnya diapain, Ceu?”

“Jadi sembuh setelah restart kah, Teh?”

“Ceritakan dong cara memperbaikinya. Biar kalau ada teman mengalami bisa meniru.” Seorang teman senior di group yang sama mengusulkan.

“Dibuat blogpost, saja.” Usul teman yang lain.

Saya sendiri memang kepikiran mau “mengabadikan” pengalaman “berharga” ini ke dalam sebuah tulisan. Agar apa yang saya alami bisa diambil pelajarannya untuk orang lain.

Masalah folder galeri di ponsel hilang, untuk mengembalikannya ternyata cukup mudah. Pertama jangan panik, kedua coba restart ponsel. Pada permasalahan saya, dengan merestart ponsel saja, ternyata galeri yang hilang sudah bisa ditemukan lagi, kamera yang sebelumnya tidak berfungsi kembali normal, begitu juga dengan ambil capture screenshot.

Namun jika sampai restart ponsel masalah masih belum terpecahkan, mungkin bisa dilanjutkan dengan opsi ketiga, yaitu memindahkan semua folder di memori ponsel ke tempat lain misalkan memory tambahan atau memori di komputer. Bisa jadi masalah galeri hilang dan kamera tidak berfungsi karena di ponsel tidak terbaca disebabkan memori internal sudah full terisi. Ponsel menjadi panas yang mengakibatkan nge-hang.

Jika sampai step ke tiga tersbeut masih juga tidak ditemukan solusi, saya sarankan ponsel segera dibawa ke gerai resmi untuk dicek dan diperbaiki.

Tapi semoga jika ada teman-teman yang mengalami permasalahan ponsel mirip dengan permasalahan ponsel saya itu tadi, semoga dengan restart ponsel saja masalah sudah clear. Karena itu berarti kita tidak harus buang banyak waktu apalagi biaya tambahan.

Orang yang gaptek seperi saya, kena masalah sepele ini saja sudah panik dan merasa mules di sana-sini. Masih mending kepikiran share dan minta info ke group. Penghuni group nya alhamdulillah baik hati dan tidak sombong lagi, hehehe! Coba kalau tidak berani bertanya, atau teman-temannya pada cuek gak mau share info atau pengalaman, entah kapan ponsel saya bisa normal lagi begini.

Jadi kalo ada masalah terkait ponsel, pertolongan pertama yang perlu dilakukan adalah restart saja dulu saja hapenya. Ingat itu ya…

Maaf untuk semua teman-teman tadi yang berjasa di group, tidak saya sebut namanya satu-per satu dalam blogpost ini, tapi percayalah kebaikan dan pertolongan informasi dari semuanya tercatat rapi di hati saya dan catatan Nya. Insyaallah.

Comments

  1. Alhamdulillah udah bener lagi ya, Teh. Saya juga kalau ada apa-apa ntah Hp atau Laptop suka direstart dulu..tapi ngga boleh sering-sering katanya

  2. Hahaha kebayang paniknya aku apalagi foto foto udah siap buat blog ya. Belum pernah ngalamin, pernah aja foto2 salah klik ilang semua. Huh! Makasih infonya ya

  3. Kok henpon kite sama merek Teh.. Hehehe…
    Kemungkinan itu nge-hang Teh, kebanyakan memori atawa aplikasi yang lagi saling, eeaa

    Alhamdulillah, daku berusaha nggak mau penuh memori internalnya, jadinya berbagi ama sd card dan usb.. Serta usahakan juga buat security master nya diupdate biar nggak gampang hang.

  4. Oooh begitu caranya ya Teh, cukup mudah juga untuk kembalikan folder foto yang hilang ternyata cukup dengan restart aja ya. Makasih Teh sharingnya 🙂

  5. Lepa memory, baru deh restart mudah kan. Dan saya juga seperti itu. Bisanya memory ekternalnya rusah.

  6. Syukurlah galeri bisa ditemukan kembali berkat restart. Thanks for sharing mba..

  7. H sama aku pun sering panik karena gaptek tapi untungnya sudah terselesaikan, aku pun kalau ada maalah dengan hape , hal pertama yang dilakukan adalah restart, mugkin dia lelah

  8. Pasti paniklah ya banyak harta karun di sana, tapi memang tenang harus selalu ya teh. Emang biasanya hal itu krn memory full, sy pernah ngeblnk semua…tp dihapusin file yg ga penting alhamdulillah normal lagi 🙂

Speak Your Mind

*